Liburan sudah di depan mata! Apakah liburan kali ini moms akan traveling bersama si kecil ke luar negeri? Atau moms ingin pergi road trip sekeluarga?

Apapun rencana moms untuk liburan kali ini, satu hal yang harus moms utamakan adalah keamanan si kecil. Nggak ada yang bisa memprediksi hal-hal apa yang bisa terjadi nantinya. Karena itu moms harus selalu siap menjaga si kecil dari segala situasi.

Tenang, moms nggak perlu khawatir kok. Dengan mengikuti 8 tips ini, si kecil pasti akan selalu aman selama perjalanan road trip dan liburan pun pasti menyenangkan.

1. Selalu dudukkan dia di car seat

car-seat

Via Telegraph

Hal utama yang bisa moms lakukan untuk menjaga keamanan si kecil adalah dengan menaruhnya di car seat. Seatbelt yang ada di mobil nggak bisa menahan tubuhnya yang masih mungil. Jadi, si kecil harus selalu duduk di car seat agar moms bisa memakaikannya pengaman.

Yang penting disini adalah moms harus memilih car seat yang berkualitas bagus dan tahu cara menggunakannya dengan benar. Bila si kecil masih berusia di bawah 6-7 bulan, pasanglah car seat dengan mengarah ke belakang seperti yang ada di gambar. Posisi ini adalah posisi yang paling aman bagi si kecil karena ketika terjadi rem dadakan, si kecil nggak akan terpental ke depan.

Jika ia sudah berusia diatas 6-7 bulan namun masih ada ruang antara kaki dan jok bangku belakang (kakinya nggak mentok), sebaiknya moms tetap arahkan car seat ke arah belakang. Tapi kalau kakinya sudah mentok, moms harus mengarahkannya ke depan sehingga kakinya lebih nyaman.

Jangan terlalu cepat ataupun terlalu lambat ya moms dalam mengubah posisi ini. Ingatlah akan keselamatannya! Oh ya, jangan lupa untuk memeriksa apakah car seat benar-benar sudah terkunci dengan kuat pada seat mobil atau belum.

2. Posisikanlah si kecil di jarak jangkaubayi

Via Good Hands

Si kecil sangatlah membutuhkan moms untuk selalu berada di dekatnya dan bisa memegang tangannya. Karena itu, pastikanlah agar moms selalu memposisikan dia di tempat moms bisa menjangkaunya selalu.

Jika moms yang menyetir, moms bisa menaruh si kecil di belakang seat penumpang. Jika dads yang menyetir, usahakanlah moms berada di dekatnya. Dengan begitu moms bisa memberikan segala hal yang dibutuhkan si kecil dengan mudah.

Jangan pernah menaruhnya di kursi depan ya moms, terlebih lagi bila di dekat air bag. Si kecil akan jauh lebih aman bila ia berada di seat tengah (atau belakang bila mobil moms hanya 2 baris).

3. Jadilah contoh yang baikjadi-contoh-yang-baik

Via Help and Cope

Moms adalah contoh utama bagi si kecil dan ia akan selalu melakukan hal-hal yang moms lakukan. Jadi moms harus memastikan agar selalu menjadi contoh yang baik.

Selalu gunakan seat belt ketika masuk ke dalam mobil. Jangan pernah membiarkan mobil jalan bila moms dan juga si kecil belum menggunakannya. Dengan terus melakukan hal ini, si kecil nggak akan melepaskan pengaman yang digunakannya dan akan terbiasa untuk memakai seat belt hingga besar nanti.

4. Gunakanlah child proof door lock dan window lockchild-proof-door

Si kecil yang iseng dan ingin mencoba berbagai hal pasti akan mencoba membuka pintu dan juga kaca jendela mobil. Hal ini tentunya sangat berbahaya baginya. Bisa saja ia jatuh saat membuka mobil atau jendela. Bisa juga tangannya terjepit saat berusaha menutupnya.

Untuk menghindari hal seperti ini, moms harus memanfaatkan child proof door lock dan juga window lock. Tombol pengaturan child proof door lock biasanya bisa ditemukan di bagian bawah luar pintu yang hanya kelihatan kalau moms membuka pintu mobil. Kalau window lock terletak di antara tombol-tombol untuk mengatur jendela dekat seat pengemudi.

Child proof door lock akan membuat pintu hanya dapat dibuka dari luar dan window lock akan membuat kaca jendela nggak bisa bergerak. Ingatlah untuk mengaktifkan kedua fitur ini setiap kali berkendara dengan si kecil ya moms!

5. Berikanlah mainan yang nggak bisa dilepas dan ajak ia berbicaraberi-mainan

Via Baby

Perjalanan yang panjang seringkali membuat si kecil nggak betah untuk terus menerus memakai pengaman. Ia pun akan berusaha membukanya setiap kali ada kesempatan.

Nah, untuk menghindari hal ini, moms bisa memberikannya mainan yang bisa mengalihkan perhatiannya dari pengaman tersebut. Pastikan mainannya bukan mainan-mainan kecil yang mudah dilepas pasang sehingga nggak akan ada bagian dari mainan yang tertelan olehnya saat ia gigit.

Mainan yang nggak bisa dilepas juga membuatnya nggak meraih-raih ke bawah karena nggak ada bagian dari mainannya yang jatuh.

Jangan lupa untuk terus mengajaknya berbicara dan ajaklah ia main. Pujilah dia karena sudah menjadi anak baik yang selalu menggunakan pengaman. Dengan moms mengajaknya berbicara dan bermain bersamanya, si kecil akan lupa dengan pengaman tersebut.

6. Berhentilah setiap 2 jam sekaliberhenti

Via Blumhouse

Nggak hanya memberinya mainan dan mengajaknya berbicara, usahakanlah juga untuk berhenti sejenak setiap dua jam agar si kecil nggak merasa bosan karena perjalanan yang panjang. Berhentilah di rest area dan ajaklah ia keluar dari mobil.

Pada waktu tersebut, ajaklah ia jalan-jalan atau sekedar meregangkan tubuh. Dengan istirahat sejenak ini, si kecil nggak akan rewel lagi di jalan meskipun menggunakan pengaman.


BACA JUGAΒ 5 Cara Seru Agar Tak Bete Saat Berkendara di Tengah Kemacetan


7. Jangan pernah meninggalkannya sendirian di mobil!sendirian

Via Carrington

Mungkin saat di perjalanan moms ingin turun dari mobil sejenak untuk membeli minum atau pergi ke ATM. Karena moms berpikir hanya sebentar, moms pun malas untuk mengajak si kecil turun.

Padahal hal ini sangat berbahaya lho moms bagi si kecil. Ada banyak kejadian penculikan dilakukan saat anak kecil ditinggal sendirian saat di mobil. Selain itu, ada banyak juga kasus kematian anak kecil yang ditinggalkan di mobil karena kepanasan.

Suhu udara di mobil bisa berubah dengan sangat cepat. Saat mesin dimatikan, suhu di mobil bisa langsung berubah menjadi panas biarpun sebelumnya AC menyala dan mobil terasa sangat dingin. Terlebih lagi suhu tubuh si kecil memang lebih mudah memanas dibandingkan suhu tubuh orang dewasa.

Agar bahaya-bahaya ini nggak terjadi pada si kecil, ingatlah untuk nggak pernah meninggalkannya sendirian di mobil untuk alasan apapun.

8. Berhati-hatilah saat menyetirberhati-hati

Via Car & Driver

Hal terpenting yang harus moms dan dads lakukan untuk menjaga keamanan si kecil saat berkendara adalah dengan selalu berhati-hati saat menyetir. Janganlah mengebut selama di perjalanan meski jalanan kosong. Perhatikan setiap rambu lalu lintas yang ada dan patuhilah peraturan.

Simpanlah smartphone moms dan dads ketika sedang menyetir! Menggunakan smartphone di jalan hanya akan memecah konsentrasi moms. Bisa-bisa, moms nggak melihat mobil di depan yang tiba-tiba berhenti.

Perjalanan berkendara memang memiliki risiko untuk keamanan si kecil. Namun selama moms mengikuti 8 tips ini, dijamin si kecil akan selalu aman dan sehat sentosa.

Jangan lupa untuk memilih car seat yang berkualitas dan terjamin keamanannya ya moms! Barang tersebut adalah penjaga si kecil nomor satu selama di perjalanan.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY