me

6 Merk Kasur Spring Bed yang Bagus Ini Wajib Kamu Tahu!

Jul 25, 2023.By
Bagikan

goodbed.com
6 merek kasur spring bed yang bagus ini terjamin kualitasnya!

Cicilan 0% KAM

Spring bed adalah jenis kasur yang banyak dipilih karena tingkat kenyamanan dan masa pakainya yang panjang. Sudah tahu belum apa saja merk kasur spring bed yang bagus? Kalau belum, yuk, simak di bawah ini. Lengkap dengan jenis-jenisnya serta cara merawatnya yang tepat, lho! 

Baca juga: 5 Merek Kasur Vacuum Terbaik Ini Harganya Terjangkau!


Apa Itu Kasur Spring Bed?

Apa Itu Kasur Spring Bed
leithbedcentre.com

Spring bed adalah kasur yang di dalamnya terdiri dari banyak spring atau pegas untuk mendukung tubuh dan lapisan busa tipis. Saat ini, ukuran spring bed yang tersedia ada yang mulai dari Twin, twin XL, Full, Queen, King, hingga Cal King

Spring bed umumnya menggunakan bahan yang sirkulasi udaranya baik sehingga tidur di atasnya nggak mudah kepanasan. Harga spring bed beragam tergantung dari kualitasnya, mulai dari di bawah Rp1 juta hingga belasan juta. 

Jenis-jenis Kasur Spring Bed

Di pasaran sekarang tersedia jenis spring bed yang beragam. Material kasur berbeda-beda, mulai dari busa yang digunakan, jenis pegas, dan fitur yang ditawarkan. Tiap jenis kasur menawarkan kualitas pegas yang berbeda-beda. Makin baru teknologi yang digunakan, seharusnya lebih baik juga kualitasnya. Sebelum beli spring bed baru, yuk cari tahu jenis-jenisnya berikut ini.

1. Bonnell Spring Bed

Bonnell Spring Bed
aspirestore.co.uk

Bonnell spring bed adalah salah satu jenis spring bed yang paling lama, bahkan sering disebut old school, alias versi tradisionalnya spring bed. Saat ini jenis Bonnell spring bed masih banyak digunakan. Kamu bisa menemukannya di merk spring bed yang harganya sangat terjangkau. Biasanya, tingkat keempukan kasurnya cukup keras, tapi memang masih nyaman. 

Setiap pegas Bonnell terdiri dari kawat metal yang bentuknya spiral dari atas ke bawah. Kawat-kawat ini terkoneksi dan cenderung lebih sensitif terhadap getaran. Jadi, kalau ada getaran saat tidur berdua, pasti akan dirasakan oleh orang di sebelahnya. Merupakan salah satu tipe spring bed yang paling tua, tentu ini adalah hal yang wajar. 

2. Continuous Spring Bed

Continuous Spring Bed
xiquanfoam.en.made-in-china.com

Sesuai dengan namanya, continuous spring bed menggunakan pegas yang saling sambung-menyambung. Pegas disambungkan dengan semacam kawat yang kuat sehingga bisa menahan pegas satu sama lain. Sistem pegas semacam ini banyak digunakan di merk kasur spring bed terkenal dari Australia. 

Menggunakan desain gulungan pegas yang saling menyambung, sistem pegas ini menyebabkan gerakan jadi sangat terasa. Jadi untuk yang tidur berdua, gerakan orang lain akan sangat terasa dan bisa cukup mengganggu. Hanya saja, ada tipe yang dimodifikasi untuk mengurangi getarannya. 

Contoh sistem yang mampu meredam getaran adalah Sleepmaker Miracoil Spring System yang sudah terbukti. Gerakan dan getaran bisa ditahan dari kepala ke kaki. Sistem ini mampu menahan gerakan dan getaran ke bagian bawah kasur. 

3. Offset Spring Bed

Offset Spring Bed
sleepfoundation.org

Offset spring bed menggunakan gulungan pegas terbuat dari metal yang bagian atas dan bawahnya diratakan dan dipotong. Bagian pegas yang datar ini lalu disambungkan menggunakan kabel helical yang ada di sepanjang kasur. 

Tiap gulungan pegas di offset spring bed saling berhubungan satu dengan yang lain, jadi memang mudah terasa gerakan kalau kasur digunakan oleh 2 orang. Sedangkan, kalau hanya dipakai 1 orang saja nggak masalah. Kelebihannya, offset spring bed cenderung lebih tahan lama pegasnya. 

Salah satu sistem spring bed yang menggunakan model offset adalah Sealy Posturepedic Spring System. Daya tahan pegasnya memang sudah terbukti tahan lama sehingga kasur bisa bertahan hingga 10 tahun lebih. Offset spring bed cocok digunakan bagi yang nggak terlalu sensitif dengan gerakan saat tidur. 

4. Pocket Spring Bed

Pocket Spring Bed
springtek.in

Varian yang terakhir ini adalah yang teknologi yang paling modern dan sedang banyak dicari. Pocket spring bed biasanya bisa kamu temukan di merk dan jenis spring bed yang kualitasnya lebih baik dan tentu saja harganya lebih tinggi. 

Pocket spring terbuat dari gulungan pegas metal yang dirancang lebih independen. Maksudnya, setiap pegas berada di dalam kantong-kantong individual yang terbuat dari kain. Jadi, beda banget dengan semua jenis spring bed lainnya, karena tiap pegas terbungkus kain. Kelebihan pocket spring bed adalah mampu meredam gerakan di atas kasur, terutama untuk yang tidur berdua agar nggak terganggu. 

Kelebihan pocket spring bed lainnya adalah mampu menambah dukungan untuk menahan bobot tubuh kita saat berbaring di atasnya. Selain itu, bisa juga lebih membentuk tubuh dengan baik. Singkatnya, pocket spring bed adalah jenis yang lebih maju teknologinya dan lebih berkualitas dibandingkan dengan jenis lainnya. Biasanya kualitasnya juga lebih nyaman. 

Kelebihan dan Kekurangan Kasur Spring Bed

Spring bed tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum memilih matras spring bed untuk kamarmu, Blibli Friends perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya supaya bisa jadi pertimbangan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Kelebihan Kasur Spring Bed

Kelebihan Kasur Spring Bed
cozyat.com

1. Relatif Terjangkau Harganya

Sebenarnya ini tergantung dari merk, jenis dan kualitas spring bed yang kamu pilih. Rentang harga spring bed luas banget, mulai dari kurang dari Rp1 juta hingga belasan juta pun ada. Pilihan kita lebih variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana masing-masing. Yang pasti, harganya relatif terjangkau. 

2. Mampu Mendukung Postur Tubuh

Coil atau gulungan pegas didesain untuk mendukung tubuh dan bobot kita saat berbaring di atas spring bed. Jadi meski bobot kita cukup berat, spring bed yang berkualitas seharusnya nggak melesak ke dalam dan nggak mudah kempes. Selain itu, pegas dapat mengikuti bentuk tubuh dengan lebih baik, jadi tubuh pun nggak mudah pegal. 

Kekurangan Spring Bed

Kekurangan Spring bed
koala.com

1. Tiap Gerakan Terasa

Pegas di spring bed bergerak bersama gerakan tubuh kita. Jadi, kalau tidur berdua di atas satu kasur yang sama, kekurangannya adalah gerakannya pasti bakal kita rasakan. Kalau kamu termasuk light sleeper atau yang sensitif banget terganggu tidurnya, spring bed mungkin bukan pilihan yang tepat. 

2. Pegasnya Mungkin Berisik

Tergantung kualitas pegas yang digunakan, mungkin saja pegas mengeluarkan bunyi yang agak berisik. Lagi-lagi, untuk yang mudah terganggu tidurnya, mungkin bakal merasa kurang nyaman menggunakan spring bed.

Cara Merawat Kasur Spring Bed

Membeli kasur spring bed adalah salah satu investasi dalam hidup kita karena kasur yang berkualitas berpengaruh langsung ke kesehatan tubuh kita. Begitu membeli kasur yang bagus, jangan lupa untuk merawatnya agar lebih tahan lama. 

Saat tidur, tanpa sadar ada kulit kering kita yang mengelupas. Belum lagi ketombe, rambut rontok, hingga minyak alami kulit yang menempel ke spring bed. Selain itu, setiap harinya pasti ada saja debu. Belum lagi, kalau kita suka makan di atas kasur, ada saja tumpahan remah-remah makanan dan lain sebagainya. 

Kalau nggak dirawat dengan baik, spring bed kita bisa menjadi rumah bagi berbagai tipe kuman dan bakteri. Supaya kasur spring bed lebih higienis dan tahan lama, Blibli Friends bisa mengikuti beberapa cara merawatnya di bawah ini.

1. Pilih Pendukung yang Kuat di Bawah Spring Bed

Pilih Pendukung yang Kuat di Bawah Spring Bed
bedguru.co.uk

Yang dimaksud adalah dipan. Bukan hanya kasurnya saja yang berkualitas, tapi dipannya pun harus dipilih yang kuat dan berkualitas supaya spring bed bentuknya tetap baik. Dipan yang baik juga mencegah spring bed kempes dan meledak. Sama seperti tubuh kita, spring bed membutuhkan dukungan yang solid. Kalau nggak, pegasnya bisa cepat berkurang daya tahannya. 

Saat ini, kita bisa memilih berbagai varian dipan. Yang pasti, dipan spring bed harus kuat supaya bisa menahan bobot kasur yang cukup berat. Dipan harus kuat agar nggak mudah rusak, dengan begitu spring bed pun terlindung dengan baik. 

2. Gunakan Sprei Berkualitas Tinggi

Gunakan Sprei Berkualitas Tinggi
thespurce.com

Pasti penting melapisi spring bed dengan sprei supaya lebih terjaga kebersihannya dari debu, keringat, tumpahan cairan, remah-remah makanan dan masih banyak lagi. Matras spring bed bisa menyerap semua kotoran hingga ke dalam, akibatnya spring bed jadi kotor dan mungkin saja menjadi sarang kutu, mikroba dan bakteri. Kalau sudah masuk ke dalam, maka cara membersihkannya bakal sulit banget. 

Inilah gunanya pakai sprei untuk mencegah kotoran sampai masuk ke dalam matras. Sprei bisa dilepas dan dipasang dengan mudah, jadi kalau sudah kotor bisa langsung diganti. Kalau kasur selalu dilindungi dengan sprei, ini akan membantu matras spring bed jadi tahan lebih lama.  

3. Ganti Seprei Secara Berkala

Ganti Seprei Secara Berkala
leesa.com

Kita memang nggak bisa mencuci spring bed, tapi kita bisa mencuci  sprei dan bed cover secara berkala. Disarankan untuk mengganti sprei setidaknya seminggu sekali supaya tetap bersih, tapi kalau sudah ketumpahan minuman, makanan dan kotoran lainnya, sebaiknya segera dilepas dan dicuci supaya nggak sampai merembes ke matras. 

Membersihkan sprei caranya simpel, sama saja dengan mencuci baju. Gunakan detergen yang lembut supaya kualitas kainnya nggak berubah. Sebelum mengganti sprei dengan yang baru, kamu bisa membersihkan matras dengan vacuum cleaner. Kamu bisa gunakan yang portabel supaya bisa mencapai seluruh bagian spring bed

4. Putar Spring Bed Secara Berkala

Putar Spring Bed Secara Berkala
thebedconsultant.com

Belum banyak yang tahu kalau spring bed harus diputar secara berkala. Alasannya adalah kebiasaan ini dapat memperpanjang masa pakainya dan mencegah spring bed kempes. Spring bed yang diputar akan lebih seimbang. Yang biasanya digunakan untuk menahan bagian atas tubuh sekarang berganti menahan bagian bawah tubuh. 

Kalau hanya satu bagian spring bed saja yang terbebani, maka bagian tersebut bisa melesak atau kempes. Tentu kualitasnya jadi kurang baik. Maka kalau dirotasi secara berkala, kasur jadi lebih seimbang bentuknya. 

Disarankan untuk memutar spring bed setidaknya tiap 3 bulan sekali. Sementara itu, untuk spring bed yang tebal dan tingkat keempukannya Extra Firm, bisa diputar 6 bulan sekali saja. Khusus untuk tipe spring bed dual-side, membalikkan kasur sepenuhnya juga ide bagus. 

5. Jangan Melipat Spring Bed

Jangan Melipat Spring Bed
memoryfoamtalk.com

Sangat nggak disarankan untuk melipat spring bed saat menyimpannya. Bahkan kalau tertekuk sedikit saja, maka kualitas pegas bisa berkurang, bahkan bisa putus dan rusak. Jadi, saat mengganti seprei atau saat merotasi spring bed, usahakan menggerakkannya dengan hati-hati. Jangan sampai spring bed terlipat. 

6. Hindari Lompat-lompat di Atas Spring Bed

Hindari Lompat-lompat di Atas Spring Bed
theclickcommunity.com

Di dalam spring bed memang ada pegasnya yang bouncy, tapi bukan berarti bisa dipakai untuk lompat-lompatan. Ini akan merusak kualitas pegas, bahkan pegas bisa patah dan rusak. Apalagi, kalau kasur sering dipakai lompat-lompatan, maka risiko rusaknya bisa jauh lebih besar. 

7. Ganti Spring Bed

Ganti Spring Bed
mymove.com

Nah, berapa lama ganti spring bed supaya kondisinya tetap oke dan tetap higienis? Pada umumnya kasur harus diganti setiap 6 – 8 tahun sekali, tapi biasanya spring bed masa pakainya lebih panjang. Bahkan, garansi pegasnya saja kebanyakan mencapai 10 tahun, bahkan 15 tahun. 

Jadi kalau spring bed usianya sudah 10 tahun, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru. Sedangkan kalau usianya belum sampai 10 tahun tapi pegasnya sudah rusak, maka sebaiknya juga segera diganti supaya nggak mengganggu kualitas tidur kita. 

Rekomendasi Merk Kasur Spring Bed

Saat ini, ada banyak merk spring bed di pasaran. Berikut ini adalah beberapa merk kasur spring bed yang bagus.

1. Romance

romance_romance_2_in_1_set_spring_bed_with_headboard_abel
Blibli.com

Rekomendasi merk kasur spring bed pertama, yaitu Romance. Merk Romance menyediakan set spring bed 2 in 1. Produk ini merupakan pilihan sempurna untuk kamu yang mengutamakan tidur berkualitas tinggi. Memiliki desain yang elegan dan modern, spring bed ini tidak hanya memberikan dukungan optimal untuk tubuh, namun juga menawan dengan headboard yang menjadi daya tarik utamanya.

Romance 2 in 1 Set Spring Bed with Headboard Abel memiliki kualitas material yang baik. Dipadukan dengan teknologi mutakhir dalam proses pembuatannya, spring bed ini menghadirkan sensasi tidur yang nyaman. Terdapat juga extra bonus berupa dua bantal atau satu bantal dan satu guling, lho, Blibli Friends.

2. Dolphin

dolphin matress
Blibli.com

Rekomendasi selanjutnya dari merk spring bed Dolphin. Produk spring bed unggulan dari Dolphin ini menawarkan pengalaman tidur tak terlupakan yang membuat kamu merasa bugar dan segar setiap pagi. Tersedia dalam dua pilihan ukuran yaitu 180 x 200 cm dan 160 x 200 cm, spring bed ini menghadirkan kemewahan yang sesuai dengan kebutuhan tidur kamu, lho, Blibli Friends.

Salah satu keunggulan utama dari Dolphin Semi Plushtop Set Springbed [Full Set] adalah kombinasi yang sempurna antara bonnel spring sebagai dasar kasur, dilapisi dengan busa high density tinggi, serta toper tambahan pada bagian atasnya. Perpaduan ini memberikan dukungan yang optimal untuk tubuh sehingga kamu dapat menikmati tidur nyenyak tanpa gangguan. Toper tambahan juga menambah tingkat kenyamanan yang ekstra, membuat tidur kamu semakin istimewa.

3. Florence

florence piacenza matras kasur spring bed
Blibli.com

Rekomendasi selanjutnya ada dari merk Florence. Produk unggulan dari Florence Piacenza ini menawarkan pengalaman tidur yang mengutamakan kenyamanan dan kesehatan tubuh, lho, Blibli Friends. Salah satu keunggulan utamanya adalah teknologi 3-zone ortho spring yang dirancang secara khusus untuk memberikan daya topang ideal bagi tubuh. Dengan menerapkan m-guard dan flat wave foundation, spring bed ini menjaga postur tubuh tetap berada pada posisi alaminya ketika tidur sehingga tulang belakang dan ototmu tetap dalam posisi yang baik. 

Kasur spring bed ini tersedia dalam berbagai ukuran yang sesuai kebutuhan, mulai dari 100 x 200 cm, 120 x 200 cm, 160 x 200 cm, 180 x 200 cm, hingga 200 x 200 cm. Dibuat dengan material berkualitas tinggi, spring bed ini akan memberikan ketahanan dan kualitas tidur yang tahan lama, lho.

4. King Koil

king koil world endorsed mattress
Blibli.com

Rekomendasi spring bed selanjutnya, yaitu dari King Koil. Produk kasur spring bed unggulan dari King Koil ini menghadirkan kombinasi sempurna antara desain elegan dan pegas berkualitas tinggi, menciptakan pengalaman tidur yang tak tertandingi. 

King Koil World Endorsed Mattress Kasur Springbed hadir dengan pegas berkualitas tinggi yang memberikan dukungan sempurna untuk tubuh kamu, lho, Blibli Friends. Spring bed ini memastikan kamu merasa nyaman dan terjaga segar setiap pagi. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 100 x 200 cm, 120 x 200 cm, 160 x 200 cm, 180 x 200 cm, hingga 200 x 200 cm. Kasur ini menawarkan fleksibilitas bagi kamu untuk memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan tidur.

5. Comforta

comforta
Blibli.com

Rekomendasi selanjutnya ada dari merk Comforta. Produk Comforta Bintang Perfect Choice Set Springbed merupakan set springbed yang menyajikan kombinasi teknologi mutakhir untuk memberikan pengalaman tidur yang tak tertandingi. Dilapisi dengan latex yang premium, serta teknologi couple comfort spring untuk pegas anti karat, serta triple guard (foam enchasement, m-guard, corner guard), springbed ini menawarkan dukungan maksimal untuk tubuh kamu, Blibli Friends.

Salah satu keunggulan unik dari Comforta Bintang Perfect Choice Set Springbed adalah kehadiran Steel Parameter Guard, kawat baja yang mengikat sekeliling pegas untuk topangan ekstra, sehingga memberikan stabilitas dan ketahanan springbed yang lebih baik. Tidak hanya itu, dengan Hi Density Foam, busa dengan kepadatan tinggi, springbed ini menjamin kualitas tidur yang mendukung kesehatan tulang belakang dan otot kamu.

Tidak hanya mengutamakan kenyamanan, Comforta Bintang Perfect Choice Set Springbed juga menampilkan Hi Thick 3D Knitted Luxury Fabric, kain dengan sistem knitted yang tahan lama dan memberikan sentuhan kemewahan pada desainnya. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 200 x 90 x 32 cm, 200 x 100 x 32 cm, 200 x 120 x 32 cm, 200 x 160 x 32 cm, 200 x 180 x 32 cm, hingga 200 x 200 x 32 cm, springbed ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi tidur kamu, lho.

6. Quantum

Quantum
blibli.com

Rekomendasi spring bed terbaik berikutnya adalah Quantum. Tersedia beragam varian, kalau kamu mau pilih yang premium, salah satunya ada Quantum Maxwell Latex Orthopedic Eleanor Hanya Kasur – Kasur Springbed Spring Bed.

Kasur ini terbuat dari bahan serba premium, mulai dari kain Knitting Silk, lapisan Latex Natural, hingga busa penopang R70 dari Quantum. Kasur ini dirancang khusus dengan tingkat keempukan Extra Firm, jadi kasur ini cocok banget untuk yang gemuk maupun lanjut usia, karena nggak bakal melesak berlebihan. 

Quantum Maxwell Latex Orthopedic Eleanor mampu menopang tubuh dan pinggang dengan lebih sempurna. Blibli Friends nggak perlu khawatir sakit pinggang dan punggung tiap kali bangun tidur di pagi hari. Ketebalan kasurnya 28 cm dan matras dilengkapi dengan zipper sehingga mudah dibersihkan.


Baca juga: 7 Kasur Busa Terbaik yang Siap Berikan Kenyamanan Maksimal

Nah, itu dia 6 rekomendasi merk kasur spring bed yang bagus lengkap dengan cara merawatnya supaya lebih tahan lama. Blibli Friends bisa mendapatkan berbagai kebutuhan rumah seperti perlengkapan kamar tidur, termasuk spring bed, di Blibli. Temukan koleksi lengkapnya mulai dari ukuran, merk, dan jenisnya di Blibli. Yuk, checkout ke Blibli sekarang dan dapatkan cicilan furniture 0% hanya di Blibli!

Tag: