me

Merk Gula Palem yang Bagus, Yuk Cek!

Nov 29, 2021.By
Bagikan

Image Source : spiceography.com

Merk Gula Palem yang Bagus – Saat membuat kue, sering kali kita menjumpai resep yang mengharuskan kita menggunakan gula palem. Meski sering digunakan di resep kue atau makanan penutup, tapi gula palem cenderung jarang digunakan untuk konsumsi sehari-hari. Inilah yang membuat nggak banyak orang tahu pasti tentang gula ini.

Bahkan banyak yang mengira gula palem itu adalah gula jawa yang sudah dihancurkan, jadi ukurannya kecil-kecil. Memang kedua jenis gula ini sama-sama berwarna kecoklatan, tapi sebenarnya sama sekali berbeda. Jadi apa sih merk gula palem yang bagus? Cari tahu di bawah ini, yuk.

Baca Juga : Untuk Tahun Baru yang Lebih Sehat, Coba Makan Makanan Organik dari Javara, Yuk!


Apa Itu Gula Palem?

Merk Gula Palem yang Bagus
Image Source : food.ndtv.com

Gula palem adalah pemanis yang terbuat dari sari batang pohon palem. Ukurannya yang seperti butiran pasir dan teksturnya yang lembut membuat orang menamai gula ini dengan sebutan gula semut. Karena warnanya yang berbeda dengan gula pasir pada umumnya, gula palem biasanya mudah dibedakan dengan gula jenis lainnya. Sebutan lain dari gula palem yang paling awam adalah gula aren.

Banyak orang yang mengganti konsumsi gula pasir putih biasa dengan gula palem karena dianggap lebih sehat. Pada gula palem terdapat kandungan sukrosa sebanyak 70% serta glukosa dan fruktosa sebanyak 10%. Sisanya terdapat kandungan protein, kalsium, tembaga, magnesium, natrium, zat besi, mangan, dan zinc. Gula palem memang menyehatkan bagi tubuh, walau kandungan mineralnya tidak banyak.

Kandungan kalori gula palem memang lebih rendah dibandingkan gula pasir dan brown sugar, tapi bedanya hanya sedikit. Kalau dalam satu sendok teh gula pasir terkandung 16 kalori dan dalam brown sugar terkandung 15 kalori, maka dalam gula palem terkandung 10 kalori.

Rasa gula palem manisnya paling ringan jika dibandingkan dengan gula lainnya yang berwarna coklat, yaitu gula aren dan gula jawa. Sementara aroma gul palem khas seperti bau karamel atau gula yang dipanaskan.

Gula Palem Terbuat dari Apa?

Merk Gula Palem yang Bagus
Image Source : nicolesnatural.com

Sesuai namanya, gula palem terbuat dari sari batang pohon palem. Jenis pohon palem ada sangat banyak, tergantung dari wilayah geografis. Jadi apakah gula palem harus dibuat dari jenis pohon palem tertentu saja? Jawabannya tidak. Gula palem bisa dibuat dari batang pohon palem berbagai jenis. Selama asalnya masih dari pohon palem, maka akan dinamakan gula palem.

Gula palem sering kali dijadikan tambahan pemanis untuk makanan, bisa kue tradisional hingga kue modern. Misalnya saja bolu kukus dan pisang panggang dengan keju dan gula palem. Gula palem sangat jarang digunakan untuk pemanis minuman, walau sebenarnya tidak jadi masalah kalau kita menambahkannya di dalam teh atau kopi.

Mengonsumsi gula palem memiliki berbagai manfaat bagi tubuh seperti:

  1.       Sumber Energi

Seperti berbagai jenis gula lainnya, gula palem memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Setiap harinya untuk beraktivitas kita membutuhkan energi yang cukup supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik. Tanpa energi, tentu kita tidak bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan yang mudah sekalipun.

  1.       Sumber Kalium

Dalam gula palem, kandungan nutrisi yang paling utama adalah kalium. Fungsi kalium bagi tubuh sangat beragam. Di antaranya adalah untuk kesehatan fungsi pencernaan, sinyal ke saraf, kontraksi otot, dan mengatur keseimbangan cairan.

Dengan konsumsi kalium yang tepat, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit. Misalnya saja osteoporosis, tekanan darah tinggi, menekan risiko stroke, hingga batu ginjal.

  1.       Menyehatkan Pencernaan

Gula palem mengandung inulin yang sangat baik untuk melindungi saluran pencernaan, terutama untuk bakteri usus. Pada penderita diabetes tipe 2, gula palem akan sangat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Meski begitu, konsumsi gula palem juga perlu dikontrol. Tidak boleh terlalu berlebihan juga.

  1.       Penangkal Radikal Bebas

Gula palem bisa berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi tubuh kita bisa punya daya tahan yang lebih baik dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Antioksidan ini didapat dari fitonutrien, nutrisi yang ada pada tumbuhan yang bermanfaat baik bagi kesehatan.

Rekomendasi Merek Gula Palem yang Bagus

Tertarik mengganti konsumsi gula di rumah dengan gula palem? Ini dia 5 rekomendasi yang bisa kamu coba:

  1. Aromanis Palm Sugar 250 Gram

blibli.com

Aromanis Palm Sugar adalah gula palem organik yang kadar fruktosanya rendah, hanya setengah saja dari kadar yang dimiliki gula pasir putih. Kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi karena telah mengantongi sertifikat organik. Mudah digunakan untuk berbagai makanan, rasanya pun pas karena nggak menimbulkan cita rasa pahit atau asam.

Aromanis sudah lulus uji lab dan mendapat sertifikasi dari SNI dan Sucofindo. Tak hanya untuk makanan, kamu juga bisa menggunakan gula ini untuk pemanis pada berbagai jenis minuman. Dapatkan Aromanis Palm Sugar kemasan 250 gram dengan harga Rp 24 ribuan.

  1. Gula Palem PIGO
blibli.com

Gula palem PIGO terbuat dari batang pohon palem pilihan yang dirawat dengan baik. Bahan lain yang digunakan pun merupakan bahan berkualitas. Gula palem PIGO cocok digunakan untuk pemanis pada berbagai makanan dan minuman. Bisa juga dijadikan sebagai taburan di atas makanan penutup, roti, hingga minuman. Dapatkan kemasan 200 gram gula palem PIGO dengan harga Rp 6 ribuan saja.

  1. Palm Sugar CORONA

blibli.com

Gula palem CORONA rasa manisnya pas, nggak berlebihan jadi nggak cepat bikin enek juga pas dikonsumsi. Kamu bisa menggunakan gula palem CORONA untuk pemanis pada minuman hangat seperti teh dan kopi. Bisa juga pada minuman dingin seperti es cendol, es cincau, dan lain sebagainya.

Gula palem ini nggak mengandung pengawet, pewarna, ataupun pemanis buatan. Rasanya yang alami membuat rasa makanan jadi lebih nikmat. Gunakan untuk pemanis pada kue , bisa juga dijadikan taburan saja. Dapatkan kemasan 250 gram dengan harga Rp 7 ribuan.

  1. EDNA Gula Palem 200gr

Gula palem EDNA memiliki aroma yang khas, membuatnya jadi harum saat dicampurkan pada minuman atau makanan. Dengan rasa manis yang nggak berlebihan, cocok banget ditambahkan ke resep cookies atau fruitcake. Harganya pun terjangkau banget. Untuk kemasan 200 gram bisa kamu dapatkan seharga Rp 7 ribuan.

  1. Pino Palm Sugar 200g

Blibli.com

Terbuat dari sari pohon palem yang tumbuh di tanah Jawa, gula palem Pino punya rasa yang khas. Gula palem ini sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI dan sudah lolos uji BPOM juga. Rasa manisnya pas banget dan nggak gampang menggumpal pula. Dapatkan kemasan 200 gram hanya dengan Rp 8 ribuan saja.


Baca Juga : Kreasi Minuman Seru dengan Kopi Instan

Ada juga nih pilihan gula sehat lainnya yaitu Puravita. Kamu bisa dapatkan kelima gula di atas dan gula tebu serta gula premium Puravita hanya di Blibli. Belanja di Blibli pastinya untung banget karena ada voucher potongan harga, gratis ongkir, sampai cashback. Yuk, cek stoknya sekarang juga.

Tag: