Tahu nggak, kalau kulit merupakan organ tubuh terbesar yang ada di tubuh manusia? Kulit merupakan benteng pertahanan pertama yang melindungi tubuh dari bahaya-bahaya eksternal seperti suhu ekstrim, bakteri, polusi, bahkan virus! Keren kan?

Tapi tunggu dulu, kalau kulit berfungsi melindungi kita, terus siapa dong yang melindungi kulit? Apalagi kulit wajah yang hampir selalu “telanjang,” dan tidak dilindungi oleh pakaian seperti bagian-bagian tubuh kita yang lain!

Jawabannya tentu saja kita! Merawat kulit memang bukan hal yang sulit. Namun, terkadang menjaga kesehatan kulit, khususnya kulit wajah, bisa menjadi masalah tersendiri.

Demi mengejar tampilan kulit wajah yang bebas kusam dan halus, beberapa orang memilih untuk menggunakan kosmetik dengan kandungan bahan sintetik; dan asal kamu tahu, bahan sintetik itu belum tentu sehat, loh!

Terus gimana dong solusinya? Seperti yang dikatakan oleh orang-orang terdahulu, “bumi selalu memberikan solusi bagi seluruh permasalahan manusia,” termasuk masalah kulit!

Mungkin kamu belum tahu kalau bumi ternyata menyediakan berbagai mineral alami yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah loh! Apa saja? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Garam laut, asin-asin di wajahgaram

Nggak hanya berfungsi sebagai pelengkap rasa, garam ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit loh! Garam laut mengandung potasium, magnesium, kalsium, serta zat-zat lain yang bermanfaat bagi kulit wajah.

Potasium berfungsi untuk menjaga asupan cairan ke dalam sel-sel kulit. Magnesium berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Sedangkan kalsium membantu mencegah kerusakan pada kulit.

Kandungan zat-zat dalam garam laut ternyata juga terdapat dalam sel kulit kita. Makanya garam laut bisa membantu menjaga, dan menyeimbangkan kesehatan kulit kita dari luar dan dalam.

Menggunakan masker wajah dengan bahan dasar garam laut terbukti efektif dalam menjaga kebersihan kulit, sekaligus membuatnya tampak cerah dan lembab secara alami!

2. Abu vulkanik?! Bukannya tambah kotor?vulkanik

Kaget? Abu vulkanik ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit yang nggak kalah dari garam laut. Kalian tahu kan apa itu abu vulkanik? Itu lho, abu yang diambil langsung dari gunung berapi!

Abu vulkanik mengandung sulfur dalam jumlah besar. Sulfur adalah zat yang berfungsi untuk melindungi kulit dengan membunuh bakteri, dan melindungi kulit dari polusi yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Nggak hanya itu, abu vulkanik juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati jika digunakan sebagai bahan dasar pembersih wajah.

3. Tanah liat, bentuk keramik di wajahtanah-liat

Pernah memperhatikan guci keramik yang dijual oleh pengrajin di toko-toko? Siapa yang menyangka kalau bahan dasar guci keramik, yaitu tanah liat, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit!

Tanah liat atau bentonit dapat membersihkan pori-pori, sekaligus menyerap racun dari dalam kulit. Selain itu, tanah liat juga aman dipakai di segala jenis kulit! Tunggu apa lagi? Segera bentuk topeng tanah liat di wajahmu! Serem sih, tapi tampil cantik memang butuh pengorbanan!

4. Tanah merah, bukan yang dari kuburan ya!tanah-merah

Meskipun mengusapkan tanah merah di wajah terdengar sedikit horor, tanah merah nyatanya memang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Warna tanah yang kemerahan menandakan tingginya kandungan zat besi, yang berfungsi sebagai salah satu komponen penting bagi kesehatan kulit.

Zat besi membantu kulit tampak cerah dan bersinar, serta mempercepat proses regenerasi kulit yang rusak. Salah satu jenis yang paling terkenal di dunia kecantikan adalah Tanah Merah Moroko, yang diambil langsung dari pegunungan di daerah Moroko (yang pasti bukan tanah merah dari kuburan ya).

5. Kaolin atau Gaoling, tanah liat dari Tiongkokkaolin

Kaolin (atau Gaoling) merupakan varian dari tanah liat yang berasal dari dataran Tiongkok. Mineral berwarna putih ini sudah digunakan sebagai bahan dasar pembersih wajah selama ratusan tahun!

Kaolin mengandung senyawa silica, yang berfungsi untuk membersihkan, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Kaolin juga efektif mengontrol kadar minyak berlebih di wajah. Menggunakan pembersih wajah berbahan kaolin seperti ini akan membuat kulitmu bersih dan bebas minyak seharian!


BACA JUGA Mau Kulit Cantik? Coba 11 Masker Wajah Alami Ini!


6. Arang, hitam-hitam di wajah

Kata siapa arang hanya dapat digunakan sebagai bahan bakar? Yap, benda yang identik dengan dunia kuliner ini ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan kulit kita.

Selain kemampuannya untuk membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam, arang juga dapat membasmi jerawat yang bandel! Cara penggunannya tentu saja bukan dibakar di depan wajah kita, tapi dijadikan sebagai bahan baku produk pembersih wajah terlebih dahulu!

7. Mutiara nggak cuma buat perhiasan!mutiara

Hasil laut yang satu ini juga punya manfaat bagi kesehatan kulit yang tidak kalah ampuh dari bahan-bahan lain. Meski umumnya digunakan sebagai perhiasan, mutiara ternyata mengandung sederet zat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Mutiara mengandung antioksidan, asam amino, dan protein yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, serta mempertahankan elastisitas kulit. Bubuk mutiara sendiri telah digunakan sebagai bahan dasar kosmetik di daerah-daerah Asia sejak ratusan tahun lalu lho!

8. Logam mulia untuk wajahlogam-mulia

Layaknya mutiara, emas merupakan material alami yang umumnya digunakan sebagai perhiasan. Tapi kamu tahu gak kalau ternyata emas juga punya manfaat bagi kulit? Ya, emas ternyata dapat menstimulasi sel-sel kulit biar tetap ‘hidup’!

Artinya, emas dapat memperlancar aliran darah dalam kulit, dan menjaga sel kulit tetap sehat. Emas juga dapat mengobati (beberapa macam) alergi, serta menjaga warna kulit asli dengan  menekan produksi melanin (zat yang membuat kulit menghitam karena sinar matahari).

Tertarik? Kamu tidak perlu jadi jutawan untuk merasakan perawatan kulit dengan menggunakan emas, karena sebenarnya harganya cukup terjangkau!

9. Shine bright like a diamond!shine-bright

Lagu Rihanna tersebut nggak disampaikan secara figuratif, namun juga secara harafiah! Berlian dipercaya dapat mencerahkan, dan membuat kulit wajah bersinar layaknya berlian itu sendiri.

Khasiat berlian bagi kulit wajah antara lain adalah: mengangkat sel kulit mati, membantu menyamakan warna kulit wajah, memperlancar aliran darah, menghilangkan keriput, dan yang paling penting, membuat proses perawatan kulit terasa lebih mewah!

Berlian gituloh! Karbon paling mahal sedunia!

Terlepas dari pendapat ahli yang masih meragukan khasiat berlian bagi kesehatan kulit, sudah banyak produk kecantikan mengandung berlian yang beredar di pasaran, yang bisa kamu coba!

10. Lumpur: berani kotor itu baik!lumpur

Kamu nggak salah baca! Lumpur, yang sering kita anggap sebagai benda menjijikkan, ternyata merupakan salah satu material alami yang paling bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Khasiatnya kurang lebih sama dengan tanah liat: membersihkan kulit serta mengangkat racun. Namun, berbeda dengan tanah liat yang membuat kulit menjadi kering dan kencang, lumpur memiliki khasiat untuk melembabkan, sekaligus membuat kulit tetap elastis!

Lumpur, yang diambil dari tempat-tempat tertentu seperti Laut Mediterania memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi kulit seperti magnesium, kalsium, potassium, strontium, boron, dan zat besi, dan lain-lain.

Ini disebabkan oleh kandungan Lumpur Mediterania yang kaya akan mineral. Awalnya, mineral-mineral tersebut berasal dari batuan yang mengelilingi Laut Mediterania.

Seiring berjalannya waktu, batuan yang mengelilingi Laut Mediterania tersebut terkikis oleh air, dan mengendap. Hasilnya ini deh! Lumpur yang kaya mineral!

Alam itu baik ya? Nggak cuma kebutuhan pokok seperti pangan dan papan, masalah kulit wajah pun diurusin! Siapa sangka tanah liat bisa mengencangkan kulit dan arang bisa menyembuhkan jerawat?

Tapi, buat kamu yang ingin mendapatkan manfaat mineral yang menyeluruh, Lumpur Laut Mediterania bisa jadi pilihan yang paling tepat. Karena selain memiliki manfaat lumpur, yaitu membersihkan dan melembabkan kulit, Lumpur Laut Mediterania juga memiliki manfaat garam seperti mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan! Ini baru namanya menyehatkan kulit secara alami!

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY