me

Rekomendasi Menu MPASI 9 Bulan yang Mudah Dibuat

Jun 07, 2023.By
Bagikan

timesnownews.com
Ini dia rekomendasi menu MPASI 9 bulan yang mudah dibuat!

Usia bayi yang membutuhkan MPASI adalah dimulai sejak 6 bulan dan terus bertambah porsinya sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkannya. Ternyata bayi juga bisa bosan dengan menu makanan MPASI yang monoton apalagi nggak semua ibu punya waktu banyak untuk membuat masakan variatif. Cek beberapa menu MPASI 9 bulan yang mudah dibuat ini yuks!

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Zat Besi untuk Bayi


Kebutuhan Kalori dan Nutrisi Bayi 9 Bulan

Kebutuhan Kalori dan Nutrisi Bayi 9 Bulan
tasteofhome.com

Secara umum bayi dengan usia 9 bulan membutuhkan kalori sekitar 700 kilo kalori yang perlu dipenuhi dengan persentase makro gizi yang harus seimbang. Kamu nggak hanya perlu mempertimbangkan segi rasa dan kegemaran bayi saja namun juga harus telaten untuk mengenalkannya pada jenis makanan yang lebih banyak.

Beberapa makro nutrisi yang perlu kamu perhatikan pemenuhannya adalah protein, serat, karbohidrat, mineral dan lemak. Bayi dengan usia 9 bulan ini cenderung sudah bisa untuk mencerna makanan yang teksturnya lebih kasar. Jadi, pada tahapan ini kamu nggak lagi menghaluskan bahan makanan sampai beneran halus.

Kamu bisa mencoba untuk mencincangnya untuk mendapatkan tekstur yang lebih berasa namun tetap pas dalam mulut bayi. Kamu juga bisa berkreasi lebih banyak mengenai jenis makanan ringan sebagai selingan pada bayi karena usia ini sudah bisa makan makanan yang lebih variatif. Nggak hanya bayi yang harus rajin makan namun ibu juga harus lebih kreatif.

Rekomendasi Menu MPASI 9 Bulan

Pengen buat menu MPASI yang mudah untuk bayi 9 bulan? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semua rekomendasinya di bawah ini!

Ikan Nasi Tim

Ikan Nasi Tim
healthykids.org.nz

Rekomendasi menu MPASI bayi 9 bulan yang pertama adalah ikan tim dan nasi. Ikan merupakan salah satu sumber yang bagus banget untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak anak. Alasannya adalah di dalam ikan mengandung omega 3, protein, dan mineral yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya.

Miyako SC-400 Slow Cooker

Adapun untuk membuat menu ini kamu membutuhkan beberapa bahan meliputi garam secukupnya, air, keju, tomat yang sudah dikupas, bawang merah, bawang putih, wortel kukus dan beras secukupnya. Jika semua bahan sudah siap maka kamu bisa lanjut untuk memulai pembuatannya. Pertama, cuci dulu beras kemudian siapkan panci dan rebus beras dengan air sampai mendidih.

Tambahkan bawang merah, bawang putih cincang lembut dan ikan patin yang sudah diambil dagingnya saja ke dalam panci. Aduk perlahan untuk cek nasinya biar lebih lembut barulah kamu bisa memasukkan garam, gula, keju, wortel dan tomat ke dalamnya. Aduk kembali dengan gerakan perlahan sampai semuanya mengental dan tercampur rata.

Jika sudah matang kamu langsung bisa menyajikannya untuk makan siang maupun malam bayi yang lebih lengkap gizinya.

Semur Tahu dan Nasi Tim

Semur Tahu dan Nasi Tim
mommyasia.id

Bosan dengan protein hewani? Nggak masalah karena kamu bisa menggantinya dengan protein nabati, salah satunya adalah tahu. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat MPASI ini adalah bawang merah, bawang putih, margarin, kecap asin, kecap manis, tahu ukuran besar, ayam cincang halus dan beras secukupnya.

Jika sudah siap maka kamu bisa lanjut ke proses memasaknya. Pertama, siapkan slow cooker untuk memasukkan wortel dan beras ke dalamnya gunakan pengatur waktu 2 menit sampai lebih halus teksturnya. Sembari menunggu kamu bisa menyiapkan wajan untuk menumis bawang putih dan bawang merah menggunakan margarin.

Jika sudah harum dan layu barulah kamu bisa memasukkan air ke dalamnya. Tambahkan ayam giling halus, kecap manis, kecap asin dan tahu ke dalamnya. Jika sudah tata nasi wortelmu di dalam mangkok bayi kemudian tambahkan tahu dan ayam yang sudah kamu masak tadi.

Roti Panggang dengan Keju

Roti Panggang dengan Keju
momjunction.com

Menu simpel ketiga ini cocok banget digunakan untuk menu sarapan bayi maupun makanan ringan karena cara membuatnya mudah namun rasanya pasti enak. Nilai kalorinya sekitar 284 kalori dengan kisaran gizi berupa serat, protein dan karbohidrat yang seimbang. Roti ini teksturnya empuk, garing dan mudah digigit oleh bayi.

Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu ini adalah margarin secukupnya, keju, telur dan dua lembar roti putih. Kemudian kamu bisa lanjut untuk memulai proses pembuatannya. Pertama, potong dulu roti menjadi empat bagian biar nggak terlalu besar untuk pegangan tangan bayi.

Kedua, siapkan mangkok untuk mengocok telur dan campurkan keju ke dalamnya. Ketiga, masukkan roti ke dalam adonan telur kemudian angkat. Panaskan panggangan dan panggang roti sampai matang. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan teflon anti lengket.

Makaroni Karbonara Rumahan

menu mpasi 9 bulan Makaroni Karbonara Rumahan
taste.com.au

Menu MPASI bayi 9 bulan keempat yang nggak kalah mudah dibuat adalah macaroni carbonara rumahan. Makaroni cocok dipakai untuk melengkapi kebutuhan karbohidratmu, untuk lebih bagusnya kamu bisa menggunakan tipe yang gluten free. Dalam sekali sajian makaroni mengandung  78 gram karbohidrat dan 8,7 gram protein yang pas untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah margarin, keju parut, tepung maizena, air, susu UHT plain, bawang putih, sawi, jamur tiram, daging sapi dan makaroni. Jika semua bahannya sudah siap maka kamu bisa langsung mulai membuatnya. Caranya, pertama siapkan wajan untuk menumis bawang dengan margarin.

Tambahkan daging cincang ke dalam tumisanmu dan aduk sampai matang. Masukkan air dan susu UHT secukupnya ke dalam tumisanmu. Jika sudah kamu bisa menambahkan sawi dan jamur kemudian aduk kembali. Tambahkan larutan maizena dan keju secukupnya lalu aduk lagi sampai mengental. Menu MPASI ini sudah siap untuk disajikan.

Sup Daging dan Nasi Merah

menu mpasi 9 bulan Sup Daging dan Nasi Merah
fimela.com

Menu berikutnya yang nggak kalah mudah dibuat adalah sup daging dan nasi merah. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah nasi tim dari beras merah, garam, air, bawang putih, potongan wortel, telur puyuh, kentang dan daging cincang secukupnya. Setelah semua bahannya siap kamu bisa lanjut untuk memulai proses memasaknya.

Pertama, cuci dulu semua bahan sampai bersih kemudian potong dalam ukuran yang lebih kecil. Kedua, siapkan panci untuk merebus daging cincang dan air sampai lebih lunak. Ketiga, tambahkan potongan wortel, telur puyuh, kentang dan bawang putih ke dalamnya. Aduk merata dan gunakan api kecil biar matangnya merata.

Jika sudah lunak kamu bisa mematikan kompor dan membiarkannya sedikit lebih dingin biar bisa dikonsumsi bayi. Sajikan bersama nasi merah tim yang sudah kamu buat sebelumnya. Ingat untuk nggak terlalu menyajikannya benyek mengingat usia bayi yang sudah siap dengan tekstur yang lebih kasar.


Baca juga: Rekomendasi Slow cooker untuk MPASI Terbaik 

Pengen masak menu MPASI dengan mudah dan cepat? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan slow cooker. Produk ini bisa kamu dapatkan secara lengkap hanya di Blibli saja, ada banyak merk dan harga yang bisa disesuaikan dengan kantongmu. Cek dan beli sekarang semuanya, dapatkan gratis ongkir setiap harinya.

Tag: