me

Mengenal Mesin Setrika dan Lipat Baju Otomatis, Cek Dulu Yuks!

May 29, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

theverge.com
Ini dia penjelasan mengenal mesin setrika dan lipat baju otomatis untukmu!

Cicilan 0% KAM

Blibli Friends tahu nggak sih kalau era sekarang itu semuanya serba praktis dan cepat termasuk dalam urusan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya adalah untuk membantu mempermudah penyelesaian pekerjaan setrika dan lipat baju. Kamu perlu banget mengenal mesin setrika dan lipat baju otomatis sebagai pertimbangan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Setrika Ciamik di Bawah 500 Ribu!


Apa Itu Mesin Setrika dan Mesin Lipat Baju?

Apa Itu Mesin Setrika dan Mesin Lipat Baju
usatoday.com

Apa sih yang dimaksud dengan mesin setrika dan mesin lipat baju? Mesin merupakan sebuah alat yang mempermudah kinerja manual menjadi lebih praktis dan modern. Mesin sendiri sudah berkembang dari waktu ke waktu baik yang masih menggunakan tenaga manual, semi bantuan manusia dan ada juga yang memang benar-benar bisa dikerjakan oleh mesinnya. 

Jadi, ketika membicarakan konsep mesin setrika berarti merupakan mesin yang membantu manusia dalam melakukan tugas setrika dengan cara lebih cepat dan praktis. Menyetrika merupakan pekerjaan yang melelahkan apalagi membutuhkan ketelitian untuk mendapatkan hasil rapi dan nggak ada sisa kusut yang mengganggu. 

Kemudian untuk mesin lipat baju juga begitu, meskipun kedengarannya memang mudah namun melipat baju memerlukan keahlian khusus. Melipat baju harus dengan posisi yang pas dan memperhatikan simetris antarlipatannya. Jadi, mesin lipat baju ini bakalan membantumu untuk mendapatkan lipatan baju lebih rapi dan cepat dibandingkan melakukannya secara manual. 

Cara Menggunakan Mesin Setrika

Cara Menggunakan Mesin Setrika
cnbc.com

Baju yang kusut tentu saja membuat penampilan kamu menjadi nggak keren dan menurunkan kepercayaan diri. Kamu harus tahu kalau sekarang ada mesin setrika yang akan mempermudahmu melakukan pekerjaan ini tanpa harus banyak mengeluarkan tenaga. Ada banyak banget jenis mesin setrika yang perlu kamu tahu. 

Pertama, ada yang namanya setrika manual di mana kamu harus menggunakannya dengan tenaga manusia. Setrika ini dibedakan lagi menjadi beberapa jenis mulai dari setrika uap, arang, dan listrik yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Setrika listrik dan arang cara penggunaannya sama di mana kita membutuhkan tatakan atau meja untuk menggosok baju. 

Sementara untuk uap kebanyakan justru bajunya digantung, kemudian kita uapin bagian yang kusut. Perlahan-lahan bagian yang kusut bakal menjadi lebih rapi dan licin. Kebanyakan setrika uap ini dipilih untuk baju-baju yang kurang bisa tahan panas namun membutuhkan gosokan setrika. Jadi, bakalan tetap rapi meskipun nggak disetrika dengan listrik maupun arang. 

Kedua, ada yang namanya setrika dengan mesin yang benar-benar praktis. Sesuai namanya, kamu hanya perlu memasukkan bajumu yang kusut ke dalam mesinnya. Kemudian, klik tombol-tombolnya. Setelahnya, baju bakal keluar dalam keadaan yang rapi dan nggak kusut lagi. Bahkan ada juga yang langsung keluar dalam keadana terlipat jadi tinggal ditata ke dalam lemari. 

Keuntungan Menggunakan Mesin Setrika

Ada beberapa keuntungan yang perlu kamu tahu ketika menggunakan mesin setrika baik yang manual maupun yang benar-benar seutuhnya dikerjakan oleh mesin ini. Beberapa keuntungan yang dimaksud bisa cek semuanya di bawah ini!

  • Mempercepat pekerjaan menyetrika terlebih yang cuciannya banyak atau kebutuhan bisnis laundry. 
  • Hemat waktu dibandingkan harus melakukannya satu persatu secara manual (terutama untuk yang menggunakan mesin setrika modern). 
  • Hasil jauh lebih rapi dan nggak ada bagian yang terlewat.
  • Meningkatkan profit (untuk yang membuka jasa laundry).
  • Meningkatkan kepercayaan diri ketika mengenakan pakaiannya (untuk penggunaan pribadi). 

Cara Menggunakan Mesin Lipat Baju

Cara Menggunakan Mesin Lipat Baju
slate.com

Setelah mengenal tentang mesin setrika, selanjutnya kamu harus tahu kalau ada juga yang namanya mesin lipat baju. Kegiatan melipat baju memang suatu hal yang melelahkan terutama jika cucian sedang menumpuk dan nggak semua orang bisa melakukannya dengan rapi. Dengan adanya mesin lipat baju ini jelas bakalan membantu banget. 

Cara penggunaannya juga mudah banget tergantung jenis mesin yang digunakan. Pertama kalinya muncul, alat lipat baju ini hanya berupa karton atau plastik yang dibentuk seperti bagan tertentu untuk membantu kita melipat baju dengan mudah. Dengan bantuan alat ini maka lipatan baju yang kita buat bakalan lebih pas dan simetris dibandingkan tanpa menggunakan alat sama sekali. 

Saat ini, ada juga alat mesin lipat baju yang benar-benar mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu memasukkan pakaianmu yang belum rapi ke dalam alat dan klik tombol-tombolnya. Baju kusut itu ketika masuk ke dalam mesin bakalan langsung terlipat otomatis. Jadi, ketika keluar kamu bakalan langsung mendapatkan lipatan baju yang rapi dan simetris. 

Mesin ini kebanyakan menggunakan tenaga listrik sehingga lebih praktis dan aman untuk digunakan. Hasilnya bakalan langsung tertumpuk rapi jadi sangat hemat waktu dan energi terutama kamu yang menggunakan pekerjaan ini untuk bisnis. Untuk penggunaan pribadi juga menguntungkan karena lemarimu bakalan rapi tanpa ada yang rusuh bajunya. 

Keuntungan Menggunakan Mesin Lipat Baju

Ada beberapa keuntungan menarik yang didapatkan ketika menggunakan mesin lipat baju ini. Beberapa keuntungan yang dimaksud bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

  • Mesin lipat baju ini memungkinkan proses melipat baju menjadi lebih cepat dengan hasil yang bagus. 
  • Mesin lipat baju ini lebih hemat tenaga terutama kamu yang harus banyak mengerjakan pekerjaan lain. 
  • Dibandingkan fokus menghabiskan waktu hanya untuk melipat baju lebih baik kamu menggunakan mesin ini dan meninggalkannya untuk pekerjaan lainnya. 
  • Mesin ini cocok banget digunakan untuk kebutuhan bisnis laundry karena pakaian langsung tertumpuk rapi sehingga kita nggak perlu repot untuk melakukannya. 

Tips Memilih Mesin Setrika dan Mesin Lipat Baju

Tips Memilih Mesin Setrika dan Mesin Lipat Baju
techradar.com

Kamu tertarik untuk menggunakan mesin setrika dan mesin lipat baju ini? Jangan lupa untuk cek beberapa tips penting yang ada di bawah ini!

Pahami Kebutuhan

Tips pertama yang perlu kamu tahu adalah cek dulu kebutuhanmu mengenai setrika dan lipat baju. Apakah memang sudah membutuhkan bantuan atau masih bisa diatasi dengan cara manual atau alat bantuan yang lebih sederhana. Kalau memang iya lebih baik jangan langsung membelinya. 

Pahami Tambahan Energi

Kamu harus tahu kalau mesin lipat baju dan setrika membutuhkan tenaga listrik untuk bisa menghidupkannya. Sehingga kamu jangan kaget kalau tagihan listrikmu nantinya juga bakalan membengkak. 

Pahami Perawatan

Jangan hanya asal tahu mengenai cara penggunaan saja karena kamu juga harus memperhatikan cara perawatan produk biar nggak mudah rusak. Sama halnya dengan mesin lainnya, mesin lipat baju dan setrika ini tentu saja memiliki proses perawatan yang harus diperhatikan. 

Pahami Kualitas

Ada banyak banget pilihan produk mesin yang bisa kamu beli sehingga jangan sampai mengesampingkan kualitasnya. Mesin satu dengan lainnya tentu memberikan pengalaman yang berbeda untuk penggunanya. 

Pahami Penyimpanan

Tips ini penting terutama kamu yang nggak menggunakannya setiap hari juga harus tahu cara menyimpan. Beberapa mesin yang lama nggak digunakan karena penyimpanannya salah justru menjadi rusak dan nggak bisa digunakan. 


Baca juga: 7 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik dan Terbaru

Kamu pengen mendapatkan mesin setrika dan lipat baju dengan kualitas yang bagus? Jangan lupa untuk beli dan cek semuanya hanya di Blibli saja. Pilihannya banyak dan banyak kesempatan dapat gratis ongkir menguntungkan hanya untukmu!