[Interview] Mencintai Musik Semenjak Dini: 7 Hal yang Perlu Moms Tahu!

Bagi Mas Ribut Cahyono, psikolog sekaligus inisiator gerakan peduli musik anak, musik tidak lebih dari kemahiran alat, bukan bakat. Siapapun berhak belajar dan mencintai musik, termasuk si kecil.

Dengan mengedepankan pendekatan fungsi musik sebagai pendidikan, Mas Ribut didampingi sang istri mencoba mengingatkan orangtua bahwa mengajarkan si kecil mencintai musik adalah hal yang penting.

Ini 7 tips dari beliau moms!

1. Sebelum nada, pilah dulu lirik lagu mana yang sesuai

mencintai musik
Via – Red Book Mag

Menurut Mas Ribut, materi musik yang diperdengarkan kepada si anak adalah poin penting yang harus dijaga. Karena dalam aspek musik sebagai sarana pendidikan, jika materi yang diperdengarkan adalah materi yang kurang baik, maka sikap dan output pengaruh pada anak kelak juga tidak baik. Manfaatkan Golden Age dengan memberikan semua yang berbau positif, termasuk musik!

2. Sesuaikan dengan prinsip budaya keluarga

mencintai musik
Via – Daily Parent

Menurut Mas Ribut, setiap keluarga mempunyai budaya atau adat tersendiri yang ingin ditonjolkan atau dibentuk kepada anaknya. Apa yang ingin moms tanamkan pada si kecil?

Tentunya, pilihan yang diambil moms akan mempengaruhi pada pola pengasuhan untuk proses pendekatan musik pada diri anak. Misalnya jika ada keluarga yang berkiblat pada budaya religi, moms pun bisa memberikan mainan yang bernuansa musik religi sehingga anak dapat terbiasa mendengarkan materi rohaniah dalam mainan tersebut. Makin mencintai musik deh!

3. Penting untuk lantunkan musik bersama

mencintai musik
Via – Aubrey Marceaux

Siapa yang suka mendengarkan musik dan melantunkan lirik bersama saat dalam perjalanan bersama sang anak? Selamat moms, kamu sudah melakukan hal untuk mendorong si kecil mencintai musik yang benar menurut Mas Ribut.

Mengapa? Selain sebagai media pembelajaran untuk mengingat dan mendalami materi musik anak, dengan melantunkan lagu secara bersama moms juga melakukan fungsi kelekatan yang baik untuk emosi sang anak. Sehingga, peran anak dalam pendidikan musik pun lebih aktif.

4. Yang penting, buah hati senang dulu!

mencintai musik
Via – One World Play Project

Jika ada yang beranggapan musik adalah barang mahal, Mas Ribut merasa sebaliknya. Menurut beliau, musik dikatakan mahal adalah karena musik yang mengikuti standar industri. Sehingga memerlukan biaya untuk les dan membeli peralatan yang relatif mahal.

Dalam fungsi pendidikan, musik memiliki peran lain: yang penting anak senang dulu dan mengembangkan rasa mencintai musik. Untuk media belajarnya, gunakan saja alat-alat seadanya sehingga dia bisa mengeksplorasi bunyi yang baik untuk pergerakan motorik dan daya fungsi otaknya. Selalu dampingi ya moms!

5. Gunakan gerakan yang menarik

mencintai musik
Via – Love to Know

Menurut Mas Ribut, stimulasi gerakan pada pembelajaran musik anak akan memberikan efek yang lebih baik dibandingkan hanya duduk diam dan mendengarkan. Karena dengan melakukan gerakan, tubuh akan merespon dan memberikan kesan atau memori yang bisa diingat (muscle memory). Alhasil pembelajaran seni musik pun lebih gampang dan menyenangkan!

6. Konsistensi itu kunci utama!

mencintai musik
Via – Reader’s Digest

Perilaku konsisten juga wajib dilakukan guna memberikan materi pendidikan musik yang tepat bagi si kecil. Dads dan moms harus kompak ya dalam memerankan fungsi penting dalam belajar musik. Tindakan kompak misalnya dapat ditunjukkan ketika moms memberikan dongeng tidur sambil bernyanyi dan dads mengiringi lagu tersebut. Di sela-sela mendongeng, moms atau dads dapat menyisipkan lagu-lagu atau gumaman musik kepada si kecil.

7. Berikan apreasiasi pada usaha yang dilakukan

 

mencintai musik
Via – ShutterStock

Dalam perannya musik sebagai media pendidikan, baik dan buruk kualitas teknik yang dihasilkan adalah hal yang relatif. Tidak usah menghujani si kecil dengan harapan superstar standar industri.

Apresiasilah mereka karena sudah melakukan dan berusaha melakukan hal yang baik. Untuk mewujudkan rasa mencintai musik yang baik, orang tua harus selalu mendukung dengan memberikan semangat pada si kecil!

Saat moms ingin menumbuhkan rasa mencintai musik, tentunya pendekatan yang dilakukan menjadi berbeda. Sikap dulu yang harus dibangun, bukan langsung membanjiri si kecil dengan les serta latihan profesional yang belum tentu ia sukai. Musik jauh lebih menyenangkan dan anak pun lebih senang karena tidak ada tuntutan standar industri.

Pesan dari Mas Ribut, musik itu sederhana. Hal terpenting dalam musik sebagai pendidikan bukan kualitas teknis yang dihasilkan, tetapi keterikatan dan kelekatan moms dan si kecil dengan menggunakan media musik. Untuk memudahkan, moms bisa memberikan si kecil berbagai mainan atau bahkan alat musik dari Blibli.com untuk dikenalinya!

Selamat mencoba tips ala Mas Ribut ya moms!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY