Memilih dasi sebagai hadiah untuk si dia memang pilihan yang tepat! Karena dasi memang sudah menjadi fashion item yang nggak terpisahkan dari kegiatan seorang pria.

Akan tetapi, memilih dasi itu memang bukan sebuah tugas yang mudah. Bila salah memilih, kemungkinan besar dasi pemberianmu itu akan diangguri di rumah oleh si dia. Sebel banget kan kalau seperti itu?

Makanya, sebelum membeli, kamu harus tau bagaimana cara memilih dasi yang tepat. Baca, yuk, tipsnya!

1. Pilih warna dasi yang pas dengan kepribadiannya

memilih-dasi

Dasi adalah salah satu fashion statement para pria. Alasannya, dasi itu bisa memancarkan “kelas” dan karakter mereka. Karena itu kamu nggak boleh sembarangan memilih, apalagi asal memilih warna!

Supaya aman, kamu bisa memilih dasi berwarna solid dan netral seperti biru tua, ungu, atau cokelat tua. Tapi, kamu juga bisa memilih berdasarkan warna kemeja atau jas yang sering ia pakai saat ke kantor. Atau, kamu bayangkan aja warna yang paling bikin dia jadi ganteng!

Oh ya! Kalau dia hobi mix and match, kamu bisa coba pilih warna yang berani buat pergi ke acara formal, seperti pink atau ungu faded.

2. Bermotif boleh, tapi jangan lebay!

memilih-dasi

Via – Werewolf Style

Motif memang tampak lucu, tapi sayangnya, susah banget buat dipadupadankan sama kemeja atau jas! Kamu mesti pinter-pinter saat memilih dasi motif, pikirkan dulu keperluan utamanya!

Biasanya, motif dasi bergaris atau dot lebih cocok buat anak muda. Sedangkan, dasi bermotif batik, pola rumit, atau justru polos lebih cocok buat para cowok dewasa. Buat papa cocok banget!

Satu hal paling penting yang harus kamu ingat mengenai warna dan motif adalah jangan sampai mereka bertabrakan dengan warna kemeja atau jas.

Tapi, kalau si dia itu modis dan kekinian banget, kamu bisa pilih warna dan motif yang agak “beda” seperti dasi piano misalnya!

3. Ukur dulu lebar dan panjang dasinya

memilih-dasi

Via – Werewolf Style

Ukuran dasi yang nggak sesuai bisa membuat penampilan si dia jadi aneh dan berantakan, loh! Jadi, lebih baik kamu ukur dulu sebelum membelinya.

Lebar dasi yang ideal itu 6-9 cm sedangkan panjangnya 130-150 cm. Bila badannya lebih tinggi, kamu bisa memilih dasi yang lebar. Tapi ingat, jangan melebihi lebar kerah kemejanya ya.

Jangan lupa, panjang dasinya juga harus pas! Kira-kira yang nggak menjulur sampai ke ikat pinggangnya.

4. Memilih dasi dengan bahan yang tepat juga penting loh!

memilih-dasi

Via – Mens Trends

Kain lembut seperti sutra memang paling top untuk dikenakan. Selain terkesan mewah, dasi yang berbahan dasar lembut itu cocok untuk dipadukan kemeja atau jas apa pun. Cocok banget untuk dipakai ke kantor atau acara formal lainnya!

Selain sutra, ada juga dasi yang berbahan lembut seperti kasmir, poleyster, dan satin. Walau nggak selembut sutra, harga ketiga bahan dasi itu akan lebih ramah bagi dompetmu. Apalagi kalau belinya di Blibli.com. Barang terjamin, harga terjangkau!

5. Dasi panjang atau kupu-kupu?

memilih dasi

Via – Stitched Together Picture

Terakhir, pertimbangkan model saat memilih dasi, sebenarnya ini tergantung pada seleramu. Memang yang umum dikenakan itu dasi panjang. Tapi, kini dasi kupu-kupu juga makin digemari para fashionista untuk bergaya di acara formal maupun nonformal. Seperti kata The Doctor dari Doctor Who, “Bow ties are cool!”


Ternyata pertimbangan untuk memilih dasi itu cukup banyak, ya! Akan tetapi, selama kamu bisa mengingat kelima tips ini saat memilih, kamu pasti akan menemukan dasi yang tepat untuk si dia!

Yuk, cari dasi yang akan bikin cowok-mu makin ganteng di Blibli.com! Manfaatkan ongkir gratis dan juga promo dari Blibli.com, ya. Happy hunting!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY