Suatu kali, kamu melihat temanmu pasang status di Instagram dengan latar belakang bangunan tua khas Eropa. Hari berikutnya, tiba-tiba ia pasang foto lain dengan latar belakang kelenteng cantik khas bangunan Tiongkok. Lalu hari lanjutannya, ia lagi-lagi nge-posting foto sedang di café dengan nuansa gaya di New York. Wow… udah kayak gaya seleb yang tiap hari keliling dunia dengan jet pribadi ya? Sst… nggak perlu iri. Bisa jadi, ia hanya sedang wisata ke Kota Semarang!

Tak perlu kaget. Ibukota Jawa Tengah itu memang dikenal punya banyak spot foto yang sangat instagrammable. Dari pojokan kota tua khas bangunan Belanda dan Eropa, café cantik dengan sentuhan minimalis modern, hingga pecinan yang unik dengan suasana khas ketimurannya. Tapi bukan hanya itu kejutan yang ada di Semarang. Kamu belum sah ke Semarang kalau belum cobain beberapa kegiatan ini!

1. Jelajah kota tua
jelajah kota tua

via perfectelle.wordpress.com

Ini yang paling jadi ciri khas kota yang terkenal dengan bandeng prestonya. Banyak spot unik untuk memotret gedung-gedung tua peninggalan Belanda di Semarang. Salah satu yang paling ikonik adalah Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang. Di sekitar sana, sering kali diadakan acara seperti Festival Kota Lama.  Cari saja sudut-sudut menarik dari bangunan tua yang mulai banyak direstorasi untuk dikembalikan sesuai bentuk aslinya. Dan… kalau kamu pasang status sedang di Eropa, mungkin banyak orang yang percaya.

2. Uji nyali di tempat-tempat horor

lawang sweu

Saking banyaknya gedung tua di Semarang, ada beberapa spot di sana yang sering dijadikan arena uji nyali. Misalnya gedung yang dikenal Lawang Sewu—karena banyaknya lawang atau pintu—konon saat malam hari sering ada banyak penampakan hantu. Ada juga gedung bekas pabrik gas di zaman Belanda. Gedung yang ada di Jalan Sleko No 17 itu dekat dengan perlintasan kereta api yang disebut sering terjadi kecelakaan. Atau ingin melihat penampakan hantu noni Belanda menari? Coba uji nyalimu di Gedung Marabunta yang ada ciri khas semut raksasa di puncaknya. Hayo, seberapa berani dirimu?


BACA JUGA 5 Paket Liburan ini Bakal Membuat Liburanmu Produktif


3. Santai sejenak di café-café cantik

kafe cantik

via instagram.com

Nuansa Semarang yang mirip dengan kota-kota di Eropa rupanya memberi banyak ide kreatif pengusaha café di sana. Banyak café yang dibuat dengan nuansa Eropa atau Amerika yang minimalis tapi modern. Misalnya di Nestcology di Jalan Tambora atau Leon Caffe di Jalan Sisingamangaraja. Coba saja foto di salah satu sudut ruangan café, pasti Instagram kamu bakal heboh dengan komentar dan pertanyaan kamu sedang di mana. Hmm… kasih tahu nggak ya?

4. Mencicipi kuliner ekstrem yang nendang di lidah

kuliner semarang

via pacarkecilku.wordpress.com

Mau mencoba memuaskan perut? Kalau bandeng presto, lumpia semarang, dan tahu gimbal sudah terlalu mainstream, kenapa tidak coba mangut kepala ikan manyung Bu Fat? Masakan kepala ikan dengan kuah pedas ini bakal bikin kamu sibuk menguliti kepala hingga tulang terakhirnya. Atau ada yang mau uji kolesterol? Coba datang ke Warung Koyor Makmi di Pasar Bulu. Koyor ini urat sapi yang banyak lemaknya. Selain itu, ada juga jeroan dan torpedo sapi. Plus disajikan dengah kuah santan dan nasi panas… Hmm, lupakan sejenak deh tes kolesterol.

5. Berkunjung ke kampung Pecinan yang unik

pecinan semarang

Ingin mencari suasana Tiongkok di Kota Semarang? Datang saja ke Kampung Semawis. Di hari-hari tertentu, kamu bisa mendapati suasana malam penuh kuliner khas China. Ingin cari spot menarik lain? Kunjungi juga kuil Sam Poo Kong di daerah Semarang Barat. Atau kunjungi juga Pagoda Avalokitesvara di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong. Pagoda ini masuk museum rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Banyak kan spot menarik di Semarang? Jadi buat yang pengen cari lokasi keren untuk menambah koleksi Instagram kamu. Beli saja paket wisata atau tiket perjalanan di tiket dan vouchernya Blibli.com. Apalagi kamu bisa dapatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY