Melihat sepatu bayi yang mungil dan bermodel lucu pasti membuat para moms nggak sabar pengen segera melihat si kecil mengenakannya. Apalagi kalau ada promo. Bisa-bisa moms langsung beli hanya dengan melihat modelnya tanpa pikir panjang.

Padahal ternyata memilih sepatu bayi itu nggak semudah cara orang dewasa membeli sepatu, lho! Kaki mungil si kecil masih berada dalam masa pertumbuhan, sehingga moms harus membeli sepatu yang sesuai dan bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Apalagi kalau ini sepatu pertama si kecil. Kalau sampai salah menggunakan sepatu, perkembangan si kecil dalam belajar berjalan bisa terhambat! Kakinya juga bisa kesakitan dan lecet.

Tentunya moms mau menghindari salah membeli sepatu. Walau konsekuensinya bisa panjang,  namun moms nggak perlu kuatir. Nah, lima tips berikut bisa membantu moms untuk memilih sepatu yang tepat untuk si kecil, agar ia bisa tetap tertawa gembira sambil mengenakan sepatu barunya!

 1. Pilih sepatu yang ringan dan fleksibel

sepatu bayi fleksibel

Via babyblushboutique

Agar bisa berjalan dengan lancar, si kecil harus memperkuat otot dan tulang kaki dengan mencengkram lantai yang ia pijak. Gerakan seperti itu membuat banyak orang menyarankan untuk membiarkan ia nggak menggunakan alas kaki saat belajar berjalan.

Namun hal ini bukan berarti si kecil nggak boleh memakai sepatu. Selama sepatu yang moms pilih itu fleksibel dapat ditekuk ke arah manapun serta ringan saat digunakan, si kecil bisa tetap bebas menggerakkan kakinya dan melatih ototnya.

Dengan begitu moms nggak perlu khawatir akan terhambatnya pertumbuhan si kecil. Tapi, ringan dan fleksibel saja belum cukup. Apalagi ya, kriteria sepatu bayi yang baik?

2. Cari sepatu yang bahannya mengizinkan kulit untuk bernapas
bahan sepatu

Via terapeak

Tahukah kamu kalau kaki bayi bisa lebih berkeringat daripada orang dewasa? Nah, karena itu sebaiknya moms pilih sepatu berbahan kulit, kain atau kanvas. Bahan-bahan tersebut bisa membuat udara dalam sepatu bersirkulasi. Jadi, nggak perlu khawatir kaki si kecil lembab atau kepanasan.

Hindari selalu sepatu bayi yang berbahan plastik. Nggak hanya membuat sepatu menjadi lembab, dan nggak nyamanan. Bahan plastik yang kedap udara itu bisa membuat kaki si kecil menjadi bau.

 3. Pastikan ukuran sepatunya sesuai untuk si kecil

ukuran sepatu bayi Via ehow

Ukuran sepatu untuk si kecil haruslah sesuai bagi kakinya. Jika terlalu sempit, sepatu tersebut bisa menghambat pertumbuhan kakinya. Sedangkan jika terlalu besar, yang ada si kecil malah beresiko untuk sering jatuh saat memakai sepatu itu. Jadi ukuran sepatunya haruslah sesuai dengan keadaan kakinya.

Untuk mengetahui ukuran sepatu yang tepat, moms bisa mencoba tes jempol yang paling efektif. Caranya yaitu dengan memasukkan jempolmu ke dalam sepatu saat si kecil sedang menggunakannya.

Pastikan jempol tangan moms masih muat saat masuk ke bagian jempol kaki si kecil dan juga bagian belakang kakinya. Jika jempol tangan moms berhasil masuk ke dua area tersebut, berarti ukuran sepatunya pas untuk si kecil.

Pertumbuhan si kecil sangatlah cepat sehingga moms harus sering mengukur kakinya untuk memastikan apakah ukurannya masih sesuai atau nggak. Setidaknya moms harus melakukan tes ini setiap 3 sampai 4 bulan sekali.


BACA JUGA Bayi Tidak Suka dengan Baju Barunya? Sst… Ini 7 Kode Bahasa untuk Memahaminya


4. Carilah sepatu yang beralaskan karet
sepatu berbahan karet

 Via thetitledblog

Pada saat belajar berjalan, si kecil akan selalu aktif dan nggak bisa duduk diam lagi seperti dulu. Karena itu, jika moms ingin memakaikannya sepatu, jangan lupa untuk mencari sepatu yang alasnya karet. Dengan begitu,ia nggak akan jatuh kepeleset saat mencoba berjalan.

Sepatu beralas karet juga membantu si kecil menjaga keseimbangannya ketika berjalan. Ini membantu si kecil untuk lebih mudah belajar berjalan, karena ada hambatan gesekan yang mendukung langkahnya.

5. Hindarilah sepatu bermodel high top

high top

Via scrumdiddlyumptiousblog

Melihat anak kecil menggunakan sepatu bermodel high top memang sangat menggemaskan. Namun di balik modelnya yang bagus, ternyata sepatu ini memiliki sebuah kelemahan yang fatal untuk si kecil.

Dikarenakan tingginya sisi sepatu tersebut, si kecil memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami cedera di area tumit dan pergelangan kakinya ketika ia jatuh. Apalagi ketika awal-awal ia belajar berjalan. Sebisa mungkin hindarilah sepatu model ini, walau tampak lucu.

Kelima tips di atas merupakan hal esensial yang penting untuk diperhatikan para moms saat ingin membeli sepatu pertama bagi si kecil. Tentunya pemilihan sepatu bayi ini akan lebih mudah untuk dilakukan jika moms sudah mengetahui merk sepatu apa yang bisa dipercaya. Yuk diintip, ada cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia yang bisa moms manfaatkan.

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY