me

Kenalkan 10 Mata Uang Terendah di Dunia Kepada Anak Sejak Dini sebagai Mainan Edukatif 

Jul 14, 2023.By
Bagikan

Thebalancemoney.com

Ini dia berbagai mata uang terendah di dunia.

Blibli Friend tahu nggak sih, ternyata pengenalan anak-anak terhadap konsep mata uang dan juga ekonomi sejak dini, dapat menjadi dasar yang kuat untuk pemahaman anak terhadap keuangannya di masa depan lho. Nah, salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk mengajarkan mereka mengenai mata uang adalah dengan mainan edukatif yang menggambarkan fisik uang itu sendiri.

Dengan menggunakan uang mainan ini, anak-anak kamu tentunya akan mempelajari banyak mengenai mata-mata uang dari berbagai negara serta dapat mengetahui nilai tukarnya. Mainan edukatif ini dapat memberikan pengenalan yang menyenangkan dan memikat tentang keanekaragaman mata uang di dunia.

Sebagai orang tua, kamu juga harus wajib tau nih Blibli Friends, terdapat 10 mata uang terendah di dunia yang bisa kamu ajarkan kepada anak. Dengan demikian, sang anak akan menjadi melek ekonomi dan paham dengan konsep nilai mata uang di berbagai negara. Yuk simak 10 mata uang terendah berikut ini.

Baca juga: Mainan Edukasi Anak 3 Tahun


Jenis Mata Uang Terendah di Dunia

  • Rial Iran (IRR)

    Rial Iran (IRR)
    Newarab.com

Rial Iran adalah mata uang paling rendah di dunia. Bayangin aja Blibli Friends, 1 Dolar Amerika Serikat bisa kamu tukerin dengan sekitar 42.300 Rial Iran. Ternyata terdapat sebuah fakta yang jarang diketahui Blibli Friends, yaitu dalam percakapan sehari-hari para penduduk Iran lebih sering menggunakan istilah Toman dibanding Rial dalam menyebut mata uangnya, misal seribu Rial yang disebut seribu Toman.

Namun, Rendahnya mata uang Iran terpengaruh oleh sanksi ekonomi, termasuk sanksi yang diberlakukan kembali oleh Amerika Serikat pada tahun 2018 dan sanksi-sanksi lain yang sering diberlakukan oleh Uni Eropa. Ketidakstabilan politik dan tingkat inflasi tahunan yang mencapai lebih dari 40% juga menjadi faktor tambahan yang menyebabkan pelemahan mata uang dan ekonomi di Iran.

  • Dong Vietnam (VND)

    Dong Vietnam (VND)
    Asiatimes.com

Kalau membicarakan mengenai mata uang terendah dunia, pastinya Blibli Friends langsung teringat dengan mata uang asal Vietnam yang disebut Dong. Dong menjadi mata uang resmi negara Vietnam yang memiliki nilai tukar lemah, yaitu 1 Dolar Amerika Serikat setara dengan nilai 23.485 Dong Vietnam.

Penyebabnya adalah karena pengaruh kondisi buruk di pasar properti, pembatasan investasi asing, dan penurunan aktivitas ekspor yang baru-baru ini terjadi. Meskipun demikian, Bank Dunia menyatakan bahwa Vietnam telah mengalami transformasi dari salah satu negara termiskin di dunia menjadi negara berpendapatan menengah rendah.

Dengan demikian, kalau kamu berkunjung ke Vietnam, nilai uang kamu bisa saja terlihat lebih banyak. Coba deh Blibli Friends bayangin, misalnya kamu beli makanan atau barang di Vietnam, harganya pasti jauh lebih murah dibandingkan kalo dihitung pakai Dolar Amerika Serikat.

  • Kip Laos (LAK)

    Kip Laos (LAK) 
    Vietnameseprivatetours.com

     

Di sebelah barat Vietnam, ada negara Laos dan mata uangnya yang disebut Kip Laos (LAK). Sayangnya, Laos dan Kip-nya udah kena imbas pertumbuhan ekonomi yang lesu dan beban hutang luar negeri yang berat. Inflasi, termasuk harga minyak dan komoditas global yang naik, semakin memperburuk keadaan Kip Laos dan membuat nilai mata uang ini semakin rendah.

Sebagai penegtahuan untuk Blibli Friends, kamu cuma butuh 1 Dolar Amerika Serikat buat ditukar dengan sekitar 17.692 Kip Laos. Itu artinya jika kamu mengunjungi negara Laos, kamu bisa bawa banyak uang dengan nominal yang nggak terlalu besar. Dengan biaya yang murah ini, kesempatang banget untuk kamu menikmati keindahan alam dan budaya-budaya lokal yang menakjubkan di negara ini.

  • Sierra Leonean Leone (SLL)

    Sierra Leonean Leone (SLL)
    Reddit.com

Sierra Leonean Leone adalah mata uang yang termasuk ke dalam 10 mata uang terendah di dunia nih, Blibli Friends. Ini merupakan mata uang resmi Sierra Leone, sebuah negara di Afrika Barat. Bayangin aja, 1 Dolar Amerika Serikat bernilai 15.012 Sierra Leonean Leone. Sebenarnya, kondisi di Sierra Leone saat ini nggak mudah karena negara ini menghadapi tantangan ekonomi dan kemiskinan.

Inflasi tinggi yang mencapai lebih dari 43% pada April 2023, ditambah dengan kelemahan ekonomi dan beban hutang yang besar, menjadi faktor-faktor yang menekan nilai mata uang negara Afrika Barat ini. Masalah lain yang mempengaruhi mata uang negara ini termasuk dampak yang masih terasa dari wabah Ebola pada tahun 2010-an dan perang saudara sebelumnya, ketidakpastian politik, serta korupsi.

  • Pound Lebanon (LBP)

    Pound Lebanon (LBP)
    Reuters.com

Lebanon sudah beberapa kali kena sanksi dari negara lain, yang bikin ekonominya tambah sulit. Selain itu, harga minyak dunia yang naik juga ikut mempengaruhi mata uang Lebanon. Jadi, sekarang, 1 Dolar Amerika Serikat bisa ditukar dengan 15.012 Pound Lebanon. Kekacauan akibat inflasi yang tinggi menjadikan harga-harga di Lebanon melonjak sekitar 171% pada tahun 2022.

Pound Lebanon mengalami penurunan yang sangat signifikan pada Maret 2023 dan mencapai rekor terendahnya terhadap Dolar Amerika Serikat. Mata uang ini terus mengalami penurunan yang memprihatinkan di tengah kondisi ekonomi yang sangat buruk, tingkat pengangguran yang tinggi, krisis perbankan yang berkepanjangan, kekacauan politik, dan inflasi yang mencengangkan.

  • Rupiah Indonesia (IDR)

    Rupiah Indonesia (IDR)
    Flip.id

Nah, gak kalah pentingnya nih, diurutan selanjutnya didudki oleh Rupiah Indonesia (IDR) dalam daftar mata uang terendah di dunia. Rupiah Indonesia adalah mata uang yang dipakai di negara kita tercinta, Indonesia. Saat ini, 1 Dolar Amerika Serikat bisa ditukar dengan 14.985 Rupiah nih, Blibli Friends.

Status Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia tidak bisa menjamin kestabilan mata uangnya. Tetapi di tahun 2023 ini, Rupiah Indonesia telah menunjukkan beberapa kekuatan dibandingkan dengan mata uang Asia lainnya. Meskipun masih tergolong nilai mata uang rendah, Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang memukan serta kuliner yang populer.

  • Som Uzbekistan (UZS)

    Som Uzbekistan (UZS) 
    Advantour.com

Selanjutnya, mata uang dari Uzbekistan yaitu Som Uzbekistan (UZS) dengan nilai tukar 1 Dolar Amerika Serikat setara dengan 11.420 UZS. Sejak tahun 2017, negara Asia Tengah Uzbekistan, yang merupakan bekas republik Uni Soviet, telah menerapkan reformasi ekonomi. Namun, Som tetap menjadi mata uang yang lemah, terhambat oleh pertumbuhan ekonomi yang lambat, inflasi tinggi, dan kemiskinan kronis.

  • Franc Guinea (GNF)

    Franc Guinea (GNF)
    Investopedia.com

Ada lagi nih, mata uang Franc Guinea (GNF) yang dipake di negara Guinea. Kalau Blibli Friends tukarkan 1 Dolar Amerika Serikat, kamu bisa dapatkan 8.650 Franc Guinea. Padahal Guinea memiliki banyak sumber daya alam yang kaya seperti emas dan berlian. Tapi kok bisa ya Blibli Friends, Negara ini masuk ke dalam 10 negara dengan mata uang terendah?

Ternyata Guinea dulunya adalah jajahan Prancis yang diterpa inflasi tinggi yang bikin nilai Franc Guinea jatuh, Blibli Friends. Selain itu, ketidakstablian politik dan masuknya pengungsi dari negara tetangga juga menyebabkan perekonimian dan nilai mata uang Guinea semakin parah.

  • Guarani Paraguay (PYG)

    Guarani Paraguay (PYG)
    Remitly.com

Tidak kalah kaya dengan Guinea, Paraguay sebagai negara yang memiliki pembangkit listrik dari bendungan yang menghasilkan sebgaian besar listrik di negaranya sendiri juga masuk ke dalam 10 negara dengan nilai mata uang yang rendah, Blibli Friends. Nilai tukar dari Guarani Paraguay atau disingkat PYG ini memiliki nilai 7.241 Guarani untuk 1 Dolar Amerika Serikat.

meskipun negara ini punya keunggulan dalam pembangkit listrik tenaga air, tapi hal itu belum bisa bikin kekuatan ekonomi yang besar, Blibli Friends. Inflasi tinggi yang mencapai hampir 10% di tahun 2022, diperparah dengan pencucian uang serta penyelundupan narkoba, membuat ekonomi di Paraguay semakin melemah.

  • Shilling Uganda (UGX)

    Shilling Uganda (UGX)
    storyteller.travel

Nah, mari menuju ke negara Uganda dengan mata uangnya Shilling yang memiliki nilai tukar 1 Dolar Amerika Serikat sama dengan 3.741 UGX. Walaupun Uganda punya sumber daya alam yang melimpah seperti minyak, emas, dan kopi, tapi negara ini dan mata uangnya masih terbebani dengan pertumbuhan ekonomi yang gak stabil, hutang yang besar, dan kerusuhan politik.

Menurut CIA, Uganda punya banyak tantangan yang bisa berpengaruh pada stabilitas di masa depan, termasuk pertumbuhan populasi yang meledak, keterbatasan daya dan infrastruktur, korupsi, institusi demokrasi yang belum berkembang, dan kekurangan hak asasi manusia. Jadi, situasinya memang nggak mudah ya, Blibli Friends.


Baca juga: Mainan Anak Sensorik 1 Tahun, Apa Saja Itu?

Bingung Cari Uang Mainan Berbagai Negara untuk Anak? Yuk, Kunjungi Blibli Aja!

Nah, setelah mengetahui berbagai nilai tukar mata uang dari 10 mata uang negara terendah maka Blibli Friends sudah bisa nih mengajak anak bermain sambil belajar mengenai perekonomian dari 10 negara tersebut. Tentunya permainan ini akan semakin seru dengan media yang memiliki bentuk serupa dengan uang aslinya, agar sang anak semakin mengenal dengan mata uang negara tersebut.

Blibli Friends nggak perlu bingung harus mencari kemana media tersebut, karena di Blibli terdapat banyak sekali uang mainan dari berbagai negara yang bisa dijadikan mainan edukatif untuk kesayangan kamu. Yuk, beli uang mainan dari 10 mata uang negara terendah di Blibli dan mulai ciptakan permainan edukatif yang menyenangkan bersama buah hati.

Tag: