Makna di Balik Parcel Rehat Ramadhan Kunto Aji

“Kita berkomunikasi, berterima kasih pada diri kita sendiri. Itu hal yang sering kita lupa padahal itu hal yang penting.”

Kalimat itu terlontar dari seorang Kunto Aji saat Blog Blibli Friends menanyakan alasannya mengeluarkan Parcel Rehat Ramadhan 1440 H yang eksklusif dijual di Blibli.com. Menurutnya, komunikasi dan rasa bersyukur harus selalu diucapkan pada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi.

Paket Rehat Ramadhan 1440 H dari Aji, via IG @kuntoajiw

Komunikasi dan rasa bersyukur pada diri merupakan salah satu bentuk awareness akan isu kesehatan mental yang disuarakan Aji melalui album Mantra Mantra. Menurutnya, kesehatan mental perlu diangkat karena kesadaran akan isu ini masih sangat rendah di Indonesia.

“Setelah membangun awareness, turunannya (diharapkan) mereka itu mencari tahu apa sih penyakit kesehatan mental itu. Karena itu memang ada, bisa dipetakan, setelah dipetakan bisa disembuhkan. Menurut saya itu sangat penting karena kita sebagai manusia itu pasti banyak hal yang mempengaruhi diri kita yang kita gak sadar,” ujar Aji.

Artwork Mantra Mantra, via Official Website kuntoaji.com

Lalu, apa sih makna setiap benda yang ada di dalam Parcel Rehat Ramadhan 1440 H yang eksklusif dijual di Blibli.com, spesial dari Aji? Simak yuk hasil interviewnya!


Apa makna di balik tiap produk yang ada di dalam boxset? Apakah setiap produk punya makna sendiri bagi Aji?

Produk di sini yang jelas saya mencoba untuk bisa se-inline mungkin konsepnya dengan album. Jadi memang kita cari barang-barang yang sekitaranya bisa mengamplify apa yang disampaikan di album. Seperti sleeping aid, ini sebenernya pribadi juga haha. Saya termasuk orang yang susah tidur dan ternyata itu adalah penyebab terbesar stress.

Bukan susah tidur, tapi jam tidur yang tidak teratur dan itu mempengaruhi sekali di produktivitas, di mood. Beberapa waktu ke belakang saya juga sedang menggunakan essential oil untuk membantu saya tidur dan terbukti memang bisa membantu tidurnya lebih nyenyak. Walaupun kalau masalah pola tidur juga dibutuhkan hal lain, gak cuma essential oil ini.

Tapi yang jelas, ini menjadi apa ya…satu tema yang nyambung akhirnya sama album. Ada bantal juga di situ, terus ada merchandise seperti stiker dan kartu ucapan lebaran.

KLIK DI SINI UNTUK BELI PARCEL REHAT KUNTO AJI DI BLIBLI.COM

Lalu ada buku, karena menurut saya sangat penting untuk menulis apa yang kita hadapi sekarang, kita sudah di titik mana, untuk mensyukuri, dan lain-lain sih. Itu berhubungan dengan lagu rehat, video klipnya baru rilis juga.

Kenapa rilisnya di Ramadhan jelang Lebaran? Apakah ada alasan khusus?

Rilisnya menjelang lebaran karena memang konsepnya adalah parsel. Kita pengennya parsel ini dikirimkan. Kan biasanya parsel itu kue, bosen kan ya. Ini bisa dikirimkan dalam bentuk parsel rehat ini.

Jadi tujuannya untuk orang yang disayang, sama seperti parsel. Saya sudah mengantisipasi sih untuk orang-orang yang “aku ingin kirim deh kak untuk diriku sendiri”. Itu kan memang sesuai dengan message yang ada di lagu Rehat yang ada di album Mantra Mantra ini. Ya gapapa juga untuk kirim ke diri sendiri, haha. Jatohnya untuk menghargai diri sendiri. Bukan kayak oke aku mau beli barang ini, tapi lebih ke aku mau kirim barang ini.

Itu kan seperti model komunikasi, itu yang sering saya highlight baik di video klip Rehat atau Sulung. Kita berkomunikasi, berterima kasih pada diri kita sendiri. Itu hal yang sering kita lupa padahal itu hal yang penting.

Boxset ini diproduksi terbatas, apakah ada alasan di baliknya?

Parsel ini terbatas karena saya ingin jadi sesuatu yang eksklusif buat temen-temen semua. Sekaligus saya juga penasaran antusiasme temen-temen terhadap album Mantra Mantra, terhadap lagu Rehat.

Sebutkan alasan kenapa Blibli Friends harus punya boxset ini?

Teman-teman Blibli Friends harus memiliki boxset ini karena semuanya handcrafted, saya juga membantu untuk mempackaging, memilihkan itemnya satu per satu, desainnya memang saya pikirkan agar bisa sesuai dengan lagu Rehat.

Saya berharap teman-teman semua yang sudah mendengarkan album Mantra Mantra dan lagu Rehat, ini merupakan satu bentuk fisik yang bisa saya persembahkan, saya yakin temen-temen seneng saat menerimanya. Selamat membeli!


Itu dia hasil interview Blog Blibli Friends dengan Aji. Benar adanya, parsel bukan hanya sesuatu yang bisa dikirimkan pada orang, tapi juga bisa dikirimkan pada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi! Tunggu kehadrian Parcel Lebaran 1440 H dari Aji yang eksklusif dijual di Blibli.com tanggal 27 Mei 2019 ya!

KLIK DI SINI UNTUK BELI PARCEL REHAT KUNTO AJI DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY