me

Makanan Khas Makassar yang Perlu Dicoba!

Jun 05, 2023.By Nadine
Bagikan

resepkoki.id

Cek rekomendasi makanan khas kota Makassar dan pilihan tempatnya disini!

Sebelum jalan-jalan ke Makassar, yuk intip beberapa makanan khas Makassar berikut. Menelusuri keindahan daerah di Indonesia memang nggak ada habisnya, termasuk sebuah kotamadya yang dikenal sebagai Ujung Pandang, yaitu Kota Makassar. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu kota terbesar di wilayah Indonesia Timur dan termasuk 10 kota terbesar di Indonesia.

Menariknya, di dalam keindahan kota Makassar ini, terdapat beragam makanan khas yang perlu kamu coba, nih. Apalagi, kota yang berada di pesisir barat daya pulau Sulawesi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendatangnya. Nah, kamu mulai penasaran apa aja sih daya tarik serta makanan khas kota Makassar ini? Cek informasi lengkapnya sebagai berikut ini.

Baca juga: Makanan Khas Medan untuk Ide Wisata Kuliner


Tentang Kota Makassar

Tentang Kota Makassar
skyticket.com

Kota Makassar menjadi kota yang memiliki berbagai daya tarik yang pantas untuk dikunjungi oleh para wisatawannya. Nggak heran kalau banyak paket wisata yang menawarkan perjalanan untuk menikmati wisata hiburan hingga kuliner di kota Makassar. Diantaranya yang menjadi tempat bersejarah, ada Wisata Sejarah dan Budaya Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, dan Museum Kota.

One Day Tour Labuan Bajo By Speed Boat

Selain itu, ada juga yang tempat wisata modern yang sayang untuk kamu lewatkan, mulai dari Bugis Waterpark, Pantai Akkarena, Trans Studio Theme Park, dan pusat kerajinan emas di Somba Opu. Berikutnya, untuk wisata bahari ada di Pulau Lae Lae, Samalona dan Kodingareng, Pesisir Kota, serta masih banyak lagi.

Makanan Khas Kota Makassar

Bukan cuma memiliki keindahan alam, kota Makassar juga dikenal dengan makanan khasnya yang memiliki cita rasa sentuhan daerah masing-masing. Menariknya, makanan khas kota Makassar yang dimiliki pun sangat beragam, mulai dari jajanan pasar, makanan selingan, hingga makanan berat yang bisa menjadi pendamping nasi.

Adapun makanan khas kota Makassar yang bisa kamu ketahui adalah:

1. Coto Makassar

Coto Makassar
Sumber: fimela.com

Siapa yang nggak tahu makanan khas kota Makassar yang memiliki rasa berbeda daripada soto lainnya. Uniknya, Coto Makassar ini terdiri dari kuah rempah hingga jeroan rempah yang menjadi isian utama pada kuahnya. Biasa juga disebut sebagai Coto Mangkasara, makanan ini membutuhkan sekitar 40 rempah atau rampah patang pulo dalam masakannya, loh.

Selain itu, saat ingin dihidangkan Coto Makassar ini ditambah dengan potongan seledri dan bawang goreng. Membuat penikmatnya semakin kenyang, tentu aja Coto Makassar bisa kamu sajikan bersama nasi atau ketupat. Menariknya, dari harga mulai dari Rp 15 ribuan per porsi yang cukup besar Coto Makassar, kamu sudah bisa puas mencoba kelezatannya, nih.

Bagi kamu yang ingin mencoba Coto Makassar ini, bisa mencobanya secara langsung di warung Coto Nusantara atau Coto Ranggong yang memang sudah populer dengan hidangannya.

2. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo
Sumber: resepkoki.id

Bukan cuma hidangan makanan berat, makanan khas kota Makassar pun juga ada yang dingin-dingin, nih, salah satunya Es Pisang Ijo. Termasuk makanan khas kota Makassar yang sangat mudah ditemukan, Es Pisang Ijo atau Pallu Butung memang seringnya ada saat bulan Ramadhan. Dinamakan dengan warna hijau, karena pisang matang ini dibalut dengan tepung beras berwarna hijau.

Nantinya, pisang hijau tersebut dipotong-potong dan disiram dengan kuah manis yang berasal dari sirup berwarna merah jambu dan bubur sumsum. Saat kamu menikmatinya, bisa tercium aroma pandan dan rasa gurih yang menjadi cita rasa dalam minuman Es Pisang Ijo ini.

Belum lagi, harga dari Es Pisang Ijo ini cukup hemat, yaitu mulai dari Rp 22 ribuan untuk porsi jumbo dan bisa disantap 1 hingga 2 orang, loh. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa mencicipi Es Pisang Ijo khas kota Makassar di Jalan Andalas Kota Makassar yang menjadi tempat wisata kuliner terenak.

3. Buras

Buras
Sumber: masakapahariini.com

Disebut sebagai makanan lontong khas kota Makassar, Buras memang memiliki tampilan yang berbeda dari lontong pada umumnya. Buras atau Burasa ini memiliki bentuk yang lebih pipih dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, serta diikat untuk menjaga makanan ini agar dapat bertahan sampai dua hari.

Sama seperti cara pembuatan lontong pada umumnya, Buras khas kota Makassar ini dibuat dari beras yang sudah direbus terlebih dahulu dengan air santan. Tunggu sampai beras setengah matang, lalu bungkus dengan daun pisang dan rebus kembali sampai matang sempurna. Saat sudah matang, Buras bisa disantap bersama sambal kacang atau bisa dijadikan sebagai pendamping Coto Makassar.

Bagi kamu yang ingin mencicipi makanan Buras ini, bisa mencobanya di setiap rumah makan yang tersedia di Makassar. Sementara itu, untuk harganya Buras memang dijual sangat murah atau kurang lebih Rp2.500 ribuan aja per bungkusnya dan tergantung dari ukurannya.

4. Kapurung

Kapurung
Sumber: resepkoki.id

Pastinya, kamu sudah tahu kalau Indonesia bagian timur dikenal dengan makanan olahannya yang terbuat dari sagu. Salah satu olahan tersebut yang menjadi makanan khas kota Makassar adalah Kapurung, yang mana dibuat dari tepung sagu dan diadon menjadi kental, lalu tepung sagu ini nantinya dibentuk menjadi bulat seperti bakso.

Sesuai dengan tampilannya, makanan Kapurung ini dihidangkan bersama kuah hangat dari saus kacang. Selain diisi dengan olahan tepung sagu, makanan Kapurung ini pun terdiri dari sayuran, mulai dari jagung, bayam, terong, jantung pisang, dan kacang panjang. Bahkan, nggak jarang makanan Kapurung ini ditambah dengan protein, seperti ikan, ayam, serta udang.

Bagi kamu yang penasaran dengan kenikmatan makanan Kapurung ini, bisa langsung mencicipinya di Warung Kapurung Kasuari yang bertempat di Jalan Kasuari Makassar. Sementara itu, untuk harga per porsi Kapurung ini dibanderol mulai dari Rp 15 ribuan dengan varian udang.

5. Konro

Konro
Sumber: explore.makassarkota.go.id

Selain menjadi makanan pendamping Coto Makassar, Buras pun juga sering disantap bersama dengan makanan Konro. Salah satu makanan khas kota Makassar ini merupakan sup iga khas Makassar yang memiliki rasa sangat nikmat dan berbeda dari sug iga pada umumnya. Uniknya, kuah Konro ini berwarna hitam dan berasal dari bumbu kluwek dan rempah-rempah.

Sebelum dimasak, nantinya iga sapi atau daging sapi untuk Konro ini dilumuri dengan bumbu-bumbu, lalu direbus sampai matang dan menjadi sup. Nggak cuma dihidangkan sebagai sup, makanan Konro ini pun bisa disajikan menjadi hidangan berbentuk lain, seperti Konro Bakar.

Kamu dapat menikmati sajian Konro khas kota Makassar ini di Warung Konro Karebosi yang terletak di Jalan Gn. Lompobattang Makassar. Sementara itu, untuk harganya Konro dijual mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribuan per porsinya, ya.


Baca juga:  Kuliner Khas Jogjakarta yang Buat Ngiler

Nah, itulah rekomendasi makanan khas Makassar beserta tempat pilihan kuliner yang bisa kamu kunjungi. Gimana, tertarik untuk menjelajahi sekaligus mencicipi kuliner khas Makassar tersebut? Langsung aja cek paket tour Makassar yang tersedia di Blibli. Dapatkan harga paket perjalanan yang lebih murah dengan memanfaatkan promo tersedia di Blibli, ya.

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya