Menjadi salah satu tujuan wisata favorit dunia, tentunya kamu, bangsa Indonesia, bisa berbangga dengan eksistensi si Pulau Dewata ini. Tak hanya berbangga, menikmati keindahan Bali juga wajib kamu alami.

Bali yang dikenal akan pantai-pantainya yang cantik dan pemandangan hijaunya yang membuat para pelancong terpukau juga memiliki wisata kuliner yang beragam, unik, dan lezat. Berikut kuliner Bali yang sebaiknya nggak kamu lewatkan!

1. Ayam Betutu

ayam-betutu

Via perutgendut

Yang satu ini merupakan salah satu makanan yang Bali banget. Ayam betutu adalah ayam yang dimasak kaya akan bumbu-bumbu khas Bali sehingga menghasilkan masakan yang gurih dan pedas. Cara masaknya pun nggak mudah loh, karena ayam betutu itu dimasak dengan cara dibakar dengan bara api sekam setelah dibungkus dengan daun pisang.

Untuk menikmati ayam betutu, kamu bisa coba mendatangi salah satu restoran favorit, yaitu Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Resto ini bisa kamu datangi di daerah Kuta, yaitu di Jalan Raya Tuban No. 2X. Selain itu, ada juga di Jalan Merdeka No. 88 di Renon, Jalan Buluh Indah No. 51X, dan Jalan By Pass Ngurah Rai No. 89 di Nusa Dua.

2. Nasi Tepeng
nasi-tepeng

Via kabardewata

Satu lagi nih masakan bagi kamu yang senang dengan cita rasa pedas. Nasi Tepeng adalah nasi yang dimasak hingga lembek dan dicampur dengan berbagai bumbu kemudian disajikan dengan beragam pelengkap, seperti kacang merah, daun kelor, terong, nangka muda, dan berbagai sayuran.

Jika kamu mengunjungi Pasar Senggol di Gianyar, kamu bisa menemukan Nasi Tepeng ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp. 10.000. Namun, pasar ini hanya dibuka sejak jam 6 sore hingga jam 11 malam.

3. Sate Lilit

sate-lilit

Via piadacoz

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya dipotong kecil-kecil kemudian disatukan dengan lidi, sate lilit malah terbuat dari daging yang sudah dilumatkan dan digumpalkan membungkus lidi atau batang sereh.

Sama seperti makanan-makanan khas Bali yang sebelumnya, Sate Lilit juga dimasak dengan berbagai rempah, seperti bawang putih, serai, daun jeruk, dan lain-lain, sehingga rasanya juga bisa membuat kamu ketagihan.

Salah satu tempat yang menyediakan Sate Lilit yang wajib kamu cicipi adalah di Sate Lilit Be Paseh yang berlokasi di Renon di Jalan Pemuda III No. 24.


BACA JUGA Tips Berlibur di Negara Tropis


4. Lawar

lawar

Via budaya-indonesia

Lawar adalah hidangan khas Bali berupa campuran antara beragam sayuran dan daging yang dicincang dan dibumbui dengan berbagai rempah. Daging yang digunakan untuk lawar bisa disesuaikan dengan selera, seperti daging sapi, ayam, dan babi.

Satu keunikan dari hidangan ini adalah karena terdapat darah dari daging tersebut di dalamnya. Lawar Sapi akan menggunakan darah sapi untuk memberikan cita rasa dan warna merah kepada hidangannya.

Jika ingin mencoba hidangan unik yang satu ini, kamu nggak akan sulit mencarinya kok. Kamu bisa berkunjung ke daerah Kuta dan mampir ke Warung Makan Tianyar Mudah di Jalan Tuan Lange No. 20.

5. Nasi Sela

nasi-sela

Via – balicure.net

Bagaimana rasanya nasi yang dicampur dengan ubi yang dipotong kecil-kecil? Hmmm kamu harus mencoba sendiri hidangan sederhana nan sehat ini. Nasi Sela ini merupakan kuliner khas Karangasem, namun, sekarang kamu sudah bisa menemukan Nasi Sela tersebar di Bali.

Tidak ada salahnya kamu menyambangi Karangasem untuk langsung mencari Nasi Sela ini. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi adalah Warung Mek Luh yang terletak di depan RSUD Karangasem.

6. Rujak Kuah Pindang

rujak-kuah-pindang

Via perutgendut.com

Nah, setelah menyantap makanan-makanan berat khas Bali yang lezat, saatnya kamu menikmati yang segar-segar nih. Sama seperti rujak pada umumnya, rujak kuah pindang juga berisi berbagai buah yang asam maupun manis, seperti pepaya, mentimun, bengkoang, belimbing, dan lain-lain yang disiram dengan kuah rujak. Bedanya, rujak yang satu ini juga disiram dengan kuah pedas yang terbuat dari ikan.

Pasti kamu penasaran kan si rujak rasa ikan ini? Untuk memuaskan rasa penasaran kamu, datang saja ke kios Rujak Gelogor yang berlokasi di Jalan Bukit Tunggal, Denpasar.

Nggak lengkap kalau nyicipin makanan Bali nggak di Bali! Daripada kamu ngiler sendiri di rumah, mending langsung rencanakan liburan kamu ke Bali dengan ikutan program MY BIG WISHΒ dari Blibli.com. Tak hanya Bali, kamu juga bisa jalan-jalan Gratis Keliling Indonesia sepanjang tahun!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY