Biar Turun Berat Badan Abis Lebaran, Cobain Olahraga Ala Satria Muda Jakarta, Yuk!

turun berat badan

Gimana opor, rendang, dan gulai kambingnya? Sedap banget, ya! Tapi, kayaknya kamu udah harus mulai turunin berat badan sebelum lemak-lemak makin menimbun tubuhmu! Mau tahu caranya turun berat badan yang efektif? Simak dari ahlinya, yuk!

Ada Mas Muhammad Gofar, S.pd. yang udah menangani para pemain Satria Muda Jakarta selama 5 tahun sebagai Strength and Conditioning Coach, nih. Pelatih yang akrab disapa Mas Gofar ini punya tips buat kalian yang pingin turun berat badan setelah menumpuk lemak selama Lebaran. Intip tips dari Mas Gofar di bawah ini, yuk!

1. Lari atau jogging? Semampunya aja, guys!

turun berat badan
Via – Mayhew Animal House

Bukan rahasia lagi kalau lari jadi olahraga favorit banyak orang dalam program turun berat badan. Tapi, kalau kamu nggak terbiasa lari, boleh kok jogging aja. Yang penting jangan maksain diri, ya. Jalan kaki juga oke, kok! Kamu bisa membakar 750–1000 kalori dari jogging selama 60 menit, lho!

Menurut Mas Gofar, olahraga yang termasuk ke dalam latihan aerobik dengan denyut nadi 130-140 kali denyut jantung/menit ini lebih nyaman dilakukan pada pagi hari. Lebih nyaman lari saat udara masih sejuk, kan daripada panas terik? Oksigen yang didapat pun bisa membantu kamu fokus bekerja sepanjang hari, lho!

SIAPKAN PERLENGKAPAN JOGGING KAMU DI SINI

2. Mau yang lebih intens? Berani coba HIIT?

turun berat badan
Via – Women’s Running Magazine

High Intensity Interval Training (HIIT) adalah olahraga aerobik yang melibatkan latihan berintensitas rendah-sedang-tinggi dengan denyut nadi 160–170 kali denyut jantung/menit. Perkiraan, kalori yang terbakar selama HIIT sebanyak 800, bahkan hingga 1500 kalori. HIIT bisa diawali pemanasan dengan jogging selama 5 menit di atas treadmill. Kemudian, dilanjutkan dengan sprint dengan kecepatan semampu kalian selama 10 menit atau inclane 4-6 menit. HIIT bisa diakhiri dengan slow jogging 12 menit.

Kenapa memilih HIIT? Dengan intensitas seperti di atas, jantung bekerja lebih intens sehingga pasokan oksigen untuk membakar lemak jadi semakin banyak. Selain jogging dan sprint, kamu bisa coba saran selanjutnya juga, kok!

BIAR BISA COBA HIIT DENGAN RUTIN, BELI DULU ALAT TREADMILL-NYA DI SINI

3. Kembali rutin olahraga permainan

turun berat badan
Via – Satria Muda Jakarta

Nah, olahraga yang ini pasti banyak banget peminatnya karena bisa sekalian ngumpul sama teman-teman. Kalau nggak ada treadmill, kamu bisa ganti dengan bermain futsal, bulutangkis, bola voli, ataupun bola basket. Supaya tetap mendapat keuntungan yang sama dengan HIIT di atas treadmill, pastikan mainnya nggak kurang dari 40 menit, ya!

PERLENGKAPAN OLAHRAGA PERMAINAN YANG KAMU BUTUHKAN ADA DI SINI

4. Ternyata, angkat beban juga efektif, lho!

turun berat badan
Via – Fitness Gurls Magazine

Untuk turun berat badan, rekomendasi lain dari Mas Gofar adalah olahraga angkat beban. Sebelum melakukan olahraga ini, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke personal trainer kamu supaya lebih aman dan efektif. Olahraga angkat beban nggak cuma melibatkan tangan, kok. Kamu juga bisa membentuk otot perut, paha dan bokong, atau otot inti.

BELI BARBEL DI BLIBLI.COM UNTUK LATIHAN ANGKAT BEBAN DI RUMAH

5. Nurunin berat badan sekalian meningkatkan kekuatan

turun berat badan
Via – Gym Junkies

Biar sehatnya nggak nanggung-nanggung, kamu juga bisa turun berat badan sekaligus melatih kekuatan otot. Beberapa olahraga ala pemain Satria Muda yang disarankan Mas Gofar adalah 1 menit push up, 30 detik V sit up, 30 detik mountain climbers, 1 menit burpees, dan 1 menit plank. Kelima olahraga itu bisa kalian ulang dalam 2 atau 3 set. Coba lakukan olahraga itu di atas matras atau alas yang aman ya.

MATRAS NYAMAN KAMU KAMU INGINKAN ADA DI SINI

6. Tetap bangun pagi dan jangan lupa sarapan!

turun berat badan
Via – Telegraph

Selain berolahraga, kamu juga harus menjaga gaya hidup sehat, guys! Cara paling sederhana adalah menjaga jadwal tidur dan bangun pagi. Nggak lupa, sebelum beraktivitas harus sarapan dulu, ya. Tentunya sarapan dengan waktu yang sama dan makanan yang sehat. Kurangi makanan yang mengandung gula dan perbanyak buah-buahan alami yang segar.

Tambah lagi, jangan lupa minum 8 gelas air mineral per hari. Ini ampuh banget, lho untuk membakar lemak. Selama berolahraga 30-60 menit, cukup minum 600-1000 mL air mineral supaya nggak kembung. Air mineralnya disarankan nggak terlalu dingin, ya!

Menurut Mas Gofar, minuman berenergi ataupun berisotonik bisa bermanfaat bergantung pada seberapa besar dan berat aktivitas olahraga yang kita lakukan. Baiknya, diminum seselesainya olahraga supaya tubuh nggak drop karena kebanyakan gula.

KLIK DI SINI UNTUK STOK MINUMAN SEHAT DI RUMAH


Gimana? Saran dari Mas Gofar membantu banget, kan? Ternyata, cara turun berat badan bervariasi banget, ya! Mulai dari sekadar jalan hingga olahraga permainan pun efektif untuk turun berat badan.

Nggak cuma olahraganya aja yang bervariasi, kebutuhan penunjangnya pun juga beragam! Tapi, nggak perlu ribet, kok untuk nyiapinnya, karena semua kebutuhan olahraga yang kamu cari ada di Blibli.com. Tunggu apa lagi, yuk langsung cek #BlibliSekarang dan dapatkan bentuk tubuh idealmu setelah Lebaran!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY