Kenali Jenis Dongeng dan 10 Rekomendasi Dongeng Terbaik

jenis dongeng

Fabel menjadi jenis dongeng yang umum disukai anak-anak. Udah tau ada berapa jenis dongeng kesukaan anak? Simak jenis dongeng dan rekomendasi dongeng berikut yuk.

_______________

 

Jenis Dongeng dan Rekomendasinya – Mendongeng adalah menceritakan hal-hal yang sederhana berupa fiksi yang dianggap tidak benar-benar terjadi. Selain sebagai alternatif kegiatan antara orang tua dan si Kecil, dongeng juga berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral, hal baik maupun hiburan.

Secara kognitif, kemampuan imaginasi dan memahami sesuati si Kecil akan semakin meningkat. Penambahan kosa kata dan melatih daya ingat si Kecil dengan cara menanyakan kembali apa inti cerita yang di bacakan dan masih banyak manfaat mendongeng lainnya.

Sebelum mendongeng ada baiknya mengenal jenis-jenis dongeng yang ada saat ini, Selain bisa membeli buku dongeng secara online klik di sini. Bubu juga dapat membacakan dongeng versi digital yang selalu rutin diposting di Instagram Sahabat Ibu Pintar.


Baca juga: Sifat Negatif yang Kudu Dihindarin Dari Dongeng Malin Kundang

Jenis Dongeng untuk Anak

jenis dongeng

Persahabatan

The Novelty Books N Hasbro MLP Story Sticker Book
The Novelty Books N Hasbro MLP Story Sticker Book

Jenis dongeng persahabatan cocok untuk si Kecil saat mulai memasuki sekolah. Mulai mengenal orang-orang yang ada di dekatnya untuk menjalin persahabatan. The Novelty Books N-Hasbro MLP Story Sticker Book merupakan buku cerita yang dilengkapi dengan stiker berbahan berkualitas dan didesain fun dan playful dengan aktifitas yang menceritakan tentang persahabatan karakter-karakter dari The My Litle Pony. Ibu-ibu juga bisa menemukan buku dongeng bertemakan persahabatan lainnya klik di sini.

Fabel

WAHYU Media Story Telling Fabel Dunia Buku Edukasi
WAHYU Media Story Telling Fabel Dunia Buku Edukasi

Fabel adalah jenis dongeng inspiratif tentang kehidupan binatang yang diceritakan sebagaimana kehidupan mereka layaknya manusia. Pesan yang disampaikan biasanya ajaran moral dan dan nasehat baik yang disampaikan dengan ringan. Misalnya, Buku kumpulan dongeng kejujuran antikorupsi

Cerdas Interaktif Kumpulan Cerita
Cerdas Interaktif Kumpulan Cerita

Legenda

Penebar Swadaya Koleksi Terbaik Cerita Rakyat Nusantara
Penebar Swadaya Koleksi Terbaik Cerita Rakyat Nusantara

Legenda merupakan jenis dongeng berupa cerita rakyat yang melegenda di tengah masyarakat seperti asal usul sebuah daerah atau tempat. Legenda Batu GantungLegenda Danau Toba, dan Keong Emas, Dongeng ini mengajarkan si Kecil untuk mengetahui keadaan lingkungan dahulu kala yang berisikan pesan moral kebaikan.

Legenda Batu Gantung Buku Fiksi
Legenda Batu Gantung Buku Fiksi

Futuristik atau Modern

Marvel Story Book Spider Man vs Mysterio Buku Cerita Anak
Marvel Story Book Spider Man vs Mysterio Buku Cerita Anak

Jenis dongeng satu ini merupakan cerita dongeng yang bercerita tentang fantasia atau hal-hal yang tidak bisa di jelaskan secara logika, Misal kumpulan cerita Putri Barbie, di mana ada putri yang berubah jadi duyung, Putri yang mempunyai sayap, atau cerita heroik seperti Marvel Storybook Spiderman. Tidak hanya Spiderman, masih banyak kok buku Marvel lainnya ataupun buku dongeng Princess.

Pentingnya Baca Buku Anak untuk Orangtua dan Anak

dongeng anakMembacakan si kecil dongeng sebelum tidur memang tidak semua orang tua melakukannya. Akan tetapi tahukah kamu apa saja manfaat membaca dongeng untuk si kecil? Bahkan saat masih di dalam kandungan, membacakan dongeng sebagai media komunikasi sang ibu dengan bayinya. Yuk simak manfaat membaca buku berikut: 

  • Melatih Budaya Membaca

Ketika orang tua membacakan dongeng meskipun si kecil belum bisa baca tulis, secara tidak langsung mereka mengajarkan si kecil pentingnya budaya membaca. Setelah anak-anak sudah lancar membaca, mereka sudah terbiasa dengan aktivitas membaca.

  • Memahami Nilai-nilai Kehidupan

Dalam buku cerita anak dilengkapi nilai-nilai kehidupan yang bisa diteladani setelah membacanya secara keseluruhan. Poin inilah sebagai media belajar yang mana secara tidak langsung menjadi teladan bagi anak-anak.

  • Melatih Kemampuan Kognitif

Mendengar dan membaca kisah dongeng dapat meningkatnya daya imajinasi si kecil. Hal ini membuat kemampuan kognitif anak lebih kreatif dan cepat berkembang karena rasa ingin tahu yang tinggi.

  • Melatih Kemampuan Verbal

Setelah membaca dongeng kemampuan verbal atau berbahasa anak bisa meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh penyerapan kosa kata baru lebih banyak. Dampak positifnya adalah anak mudah mengekspresikan idenya saat berkomunikasi.

10 Rekomendasi Buku Dongeng Anak

Cara membuat momen bercerita lebih menyenangkan dengan memilih buku untuk baca buku anak yang menarik perhatian si kecil. Nah, berikut adalah rekomendasi dongeng yang memiliki banyak nilai pembelajaran di dalamnya: 

  • Kancil dan Buaya

OPREDO BOARD BOOK FABEL NUSANTARA KANCIL DAN BUAYA
OPREDO BOARD BOOK FABEL NUSANTARA KANCIL DAN BUAYA

Dalam kondisi terancam dikejar singa, kancil berusaha menyelamatkan diri dengan bantuan buaya. Kancil yang cerdik membuat perjanjian bahwa buaya boleh memakannya setelah dibantu menyeberangi sungai. Setelah melompat dan menghitung jumlah buaya, kancil sampai di tepi sungai dan berhasil lolos dari target mangsa buaya.

  • Kelinci dan Kura-kura

Opredo Boneka Jari Kisah Kelinci Dan Kura Kura
Opredo Boneka Jari Kisah Kelinci Dan Kura Kura

Diceritakan bahwa kelinci dan kura-kura yang memiliki karakter sangat berbeda akan bertanding lari. karakter kelinci dalam dongeng ini dikenal congkak dan sering mengejek kura-kura yang jalannya sangat lambat. Namun, hasil pertandingan lari membuktikan bahwa kura-kura yang berjalan pelan bisa mengalahkan kelinci.

  • Singa dan Tikus

OPREDO BOARD BOOK FABEL NUSANTARA SINGA DAN TIKUS
OPREDO BOARD BOOK FABEL NUSANTARA SINGA DAN TIKUS

Diceritakan seekor singa kelaparan sedang mencari mangsa, dan seekor tikus mencari makanan untuk anak-anaknya. Awalnya, singa akan memakan tikus namun diurungkan. Suatu hari singa terperangkap jaring pemburu dan penolong hidupnya adalah sang tikus sebagai balas budi atas kebaikan singa. 

  • Semut dan Belalang

ODONG ODONG DONGENG SEMUT DAN BELALANG BOARDBOOK
ODONG ODONG DONGENG SEMUT DAN BELALANG BOARDBOOK

Semut hewan kecil yang bekerja  keras, sementara belalang hanya santai dan malas-malasan. Ketika musim dingin tiba semut hidup tenang dengan persediaan makanan yang cukup. Di sisi lain, belalang kesusahan sebab tidak memiliki makanan sama sekali.

  • Penggembala dan Serigala

Buku Mizan Odong Odong Dongeng Domba Dan Serigala Boardbook
Buku Mizan Odong Odong Dongeng Domba Dan Serigala Boardbook

Suatu hari penggembala domba merasa bosan dan mengatakan serigala memakan dombanya. Namun itu semua bohong sehingga membuat penduduk desa yang ingin menolong marah. Akhirnya, serigala benar-benar memangsa dombanya tidak ada orang mempercayainya. 

  • Pinokio

Pernah mendengra tentang dongeng Pinokio? Pinokio merupakan boneka kayu dengan ajaib hidup layaknya anak laki-laki. Suatu hari Pinokio mengambil mainan dari toko mainan tanpa izin. Karena berbohong dan mengatakan mainan itu pemberian orang lain, hidungnya memanjang seketika dan akhirnya dia sangat menyesal. 

  • Bella dan Balon Merah

Kisah berharga petualangan Bella mencari balon merahnya yang hilang. Selama perjalanan dia bertemu banyak orang dan akhirnya bertemu keluarga beruang. Dia harus mengambil keputusan berat karena keluarga beruang sangat senang dengan balon merahnya.

  • Cermin Ajaib

Cermin Ajaib merupakan sebuah dongeng yang menceritakan seorang raja mengadakan sayembara mencari ratu sekaligus pasangan hidupnya. Setiap wanita harus melihat ke dalam cermin ajaib untuk menilai sifat baik buruknya. Tidak ada satu wanita yang berani maju hingga seorang wanita penggembala maju dengan kepercayaan diri.

  • Malin Kundang

CL50 OPREDO BOARD BOOK SERI DONGENG NUSANTARA SANGKURIANG
CL50 OPREDO BOARD BOOK SERI DONGENG NUSANTARA SANGKURIANG

Dongeng Malin Kundang menceritakan kisah seorang anak yang tidak mengakui ibunya sebagai orang tua setelah sukses. Sikap itu membuat ibunya sangat marah dan sakit hati. Akhirnya sebuah kutukan menjadi batu dijatuhkan kepada anak durhaka itu.

  • Kisah Pohon Apel

Image Source: Aira Course

Kisah persahabatan anak laki-laki dengan pohon apel yang saling menjaga. Ketika sang anak kelaparan, pohon apel memberikan satu buahnya. Bukti kesetiaan persahabatan mereka yaitu hembuskan napas terakhir anak laki-laki yang berubah tua berada di bawah pohon itu.


Baca juga: Aplikasi Bedtime VR Stories Samsung, Cara Mendongeng Canggih untuk Si Kecil

Ibu-ibu cerita yang bertemakan apa yang cocok dengan si Kecil? Jangan khawatir, langsung borong semua buku dongeng anak di Blibli.com karena ada cicilan 0% dan pengiriman gratis loh.

Lengkapi Koleksi Buku Dongeng Anak Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY