Sebagai pengguna komputer atau laptop, wajar kalau kamu ingin selalu memperbarui komputer supaya makin canggih. Begitu juga dengan virus, ketika komputer kamu terdeteksi dengan virus, kamu bakal berusaha untuk menumpas virus tersebut dan melindungi komputer kamu.

Mungkin beberapa dari kamu sering mencari cara untuk meng-upgrade komputer kamu lewat internet. Tapi, sudah tahu belum kalau ternyata ada banyak sekali “upgrade” yang ternyata malah membahayakan komputer kamu?

Nggak percaya? Simak langsung beberapa contoh hoax-hoax komputer berikut yang jago menipu. Sebagian lelucon kocak, sebagian hoax berbahaya.

1. Google Ultron

google ultron

Internet sempat heboh oleh hal yang satu ini. Kabarnya, ada browser baru super canggih dari Google yang bisa  menangkal error apapun, super aman, dan bahkan mampu menembus jaringan apapun. Nggak cuma itu, browser ini juga digunakan oleh NASA!

Kamu pasti tahu dong tentang incognito browser? Kalau kamu menggunakan incognito browser, history pada browser nggak akan terlihat dan kamu bisa mengakses situs apa saja tanpa meninggalkan jejak. Tapi sebenarnya “jejak” kamu nggak sepenuhnya hilang dan kamu masih bisa terlacak.

Google Ultron memberikan solusi untuk hal ini, katanya dengan menggunakan browser ini, aktivitas internet kamu akan benar-benar tersimpan dengan aman dari siapapun.

Dengan Google Ultron, kamu juga bisa mengunduh RAM untuk komputer kamu! Wah, yang ini sih sudah jelas-jelas bohong, kalau RAM bisa diunduh secara gratis, toko komputer mungkin sudah bangkrut. Tapi, inilah browser yang para astronot NASA gunakan di luar angkasa sana.

Kalau kamu beneran ingin meng-upgrade RAM komputer, mending cari di Blibli.com yang real dan jelas bukan hoax. Jangan sembarangan mengunduh dari internet yang belum tentu diketahui kebenarannya.

2. Google TV

google TV

Via lifehacker.com

Seolah Goolgle Ultron saja nggak cukup, pernah ada juga fitur Google baru yang bernama Google TV. Fungsinya sama seperti Netflix, kamu bisa memilih serial TV atau film yang bisa kamu tonton secara online.

Caranya juga gampang, kamu cukup membuat akun email di Gmail.com, meng-klik link ini untuk Google Products, cari Google TV, kemudian copy link tersebut. Setelah itu, kamu tinggal mengirimkan pesan dengan isi link dari Google TV tersebut.

Katanya, akun kamu akan ter-update dengan Google TV secara otomatis. Namun karena ini masih beta, kamu harus melakukan log in berkali-kali sampai logo Gmail kamu berubah menjadi Google TV. Bagi kamu yang ingin lihat langkah lengkapnya, kamu bisa melihatnya di sini.

Untungnya ada media berita Gizmodo yang mencegah kamu semua untuk mencoba log in ke akun Gmail kamu selama beratus-ratus kali.

Google TV sebenarnya adalah sebuah lelucon yang dibuat oleh Mark P. Erickson untuk membodohi kamu. Hoax yang kali ini memang nggak berbahaya, tapi kesal juga ya kalau dikerjain seperti ini.

3. Teknisi Microsoft

teknisi microsoft

Via irs.com

Kalau kamu sering membaca berita seputar penipuan komputer, kamu mungkin pernah mendengar penipuan yang meng-atasnamakan Microsoft. Penipuan yang ini ternyata sangat merugikan.

Awalnya, kamu akan ditelepon oleh seseorang yang mengaku dirinya adalah teknisi dari Microsoft. Orang tersebut akan memberi tahu kamu kalau komputer kamu bermasalah dan terinfeksi banyak virus.

Penipu ini juga menceritakan kondisi komputer kamu yang melambat akibat dari virus komputer, dan menawarkan solusi yang sangat meyakinkan. Tapi tentu kamu harus merogoh dompet untuk mendapatkan solusi tersebut.
Penipu akan meng-guide kamu lewat telepon untuk meng-install dan log in program “solusi” ini. Kamu akan diminta bayar melalui kartu kredit atau debit, dan tanpa kamu ketahui penipu ini akan menarik biaya lebih.

Nggak hanya itu, program palsu yang diminta si penipu untuk di-install ini juga akan mencuri data pribadi pada komputer kamu. Hati-hati ya jika ada yang mengontak kamu dengan alasan seperti ini, karena menurut para korban penipunya terdengar sangat meyakinkan.

4. FBI Moneypak

fbi moneypack

Via IcomputerDenver.com

Agak mirip dengan kasus penipuan Microsoft, kasus virus FBI juga merampok pengguna internet dengan jumlah uang yang relatif besar.

Penipu menciptakan virus yang akan menginfeksi sistem komputer kamu hanya dengan meng-click satu link menggoda ini.

Setelah virus ini mengkontaminasi komputer, layar komputer kamu akan secara otomatis menampilkan sebuah pesan yang berisikan peringatan dari FBI. FBI akan memberikan peringatan kalau kamu terlibat dengan aktivitas ilegal internet, seperti membuka situs porno dan situ ilegal lainnya.

Kamu akan diminta untuk membayar denda yang bisa mencapai Rp2 juta rupiah, dan layar peringatan akan menjelaskan gimana cara untuk membayar dendanya.

Yang membuat penipuan ini makin meyakinkan adalah komputer kamu benar-benar terkunci dan layar peringatan nggak bisa ditutup. Namun, menghilangkan virus ini sama sekali nggak sulit, tinggal mengikuti guide di sini.

5. Good Times

good times

Via Planetes360.fr

Virus ini merupakan salah satu hoax yang paling melegendaris. Good Times pertama kali di-sirkulasikan tahun 1994 lalu dan sampai sekarang pun mungkin masih ada yang tertipu!

Kamu akan diperingati untuk nggak menghapus suatu email yang mengandung kata “Good Times” di kontennya. Kalau kamu sampai secara nggak sengaja menghapus atau mengotak-atik email ini, komputer kamu akan langsung terinfeksi virus mematikan yang bisa menghancurkan hard drive kamu.

Selanjutnya, kamu pun disuruh menyebarkan email ini ke teman-teman kamu untuk “menyelamatkan” komputer mereka.

Good Times adalah kasus hoax yang nggak berbahaya karena virus yang dibilang akan menghancurkan hard drive kamu itu ternyata nggak pernah ada. Tipuan ini hanyalah lelucon yang dibuat untuk menakut-nakuti kamu saja.

Nah bagaimana? Sebenarnya tipuan komputer ini ada banyak sekali dari yang hanya lelucon sampai yang benar-benar merugikan kamu. Untuk menghindari hal ini terjadi ke kamu, ada baiknya kamu nggak langsung percaya sama suatu berita di internet walaupun berita itu sangat terkenal.

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY