Kehidupan Nomaden di Film Dokumenter Fiksi Nomadland

Photo via pixabay.com

Pernah ga sih kebayang harus pindah dari satu tempat tinggal ke tempat lainnya gegara ga ada tempat buat tidur? Pasti ada kan sebagian dari kamu yang ngerasain susahnya pindah dari satu kost ke lainnya. Udah susah cari kos, capek pindahan lagi. Nah aku ada rekomendasi film seru nih judulnya Nomadland.

Di Film Nomadland kamu bakal dibawa ke cerita nomaden yang bener bener ga punya tempat tinggal dan kerjaan. Hasilnya, harus pindah dari satu tempat ke lainnya cuma buat tidur dan cari uang. Tapi uniknya, Nomadland ini ga cuma dokumentasi. Ada juga sentuhan fiksi yang nampol kesan hidup pekerja. Penasaran gimana ceritanya? Cek dulu ulasan ini.

Pengalaman Seorang Wanita Yang Harus Tinggal Di Jalanan

Film yang disutradarai oleh Chloe Zhao ini bisa ditonton dari platform streaming atau tunggu rilisnya di tanggal 21 Februari 2021. Apa nih yang buat film ini worth it? Bisa dibilang kamu bakal dibawa ke perjalanan nomad yang kaya rollercoaster. Ada seneng, ada sedih, ada juga cinta. Semuanya dikemas apik di genre dokumentasi fiksi.

Unik sih, karena kebanyakan film kaya gini bakal jadi docudrama alias documentary dan drama yang bikin bosen. Asyiknya, kamu bakal ikut perjalanan Fern (Frances McDorman) protagonist yang harus tinggal di dalam mobil van.

Bayangin, kalau hidupnya itu miris banget. Soalnya kota aslinya, Empire, itu adalah kota tambang. Yang mana tempat tinggal dan semua fasilitasnya punya perusahaan. Setelah suami dia meninggal, akhirnya dia di kick dari kota Empire. Dan perjalanan hidup dia di dalam van pun dimulai.

Gambaran Kehidupan Nomad Amerika Di Krisis Moneter 2008

Chloe Zhao dan semua pemain film ini berhasil gambarin kehidupan nomaden Amerika yang berat. Apalagi buat seorang wanita single yang harus hidup di van dan kerja selama perjalanan. Menariknya, film ini sebenarnya diangkat dari novel tulisan Jessica Bruder dengan judul sama. Kalau kamu prefer baca, bisa banget cek novel Nomadland.

Diceritakan film ini punya latar tahun 2011 – 2012 setelah dampak krisis finansial di tahun 2008. Kebutuhan survival di tahun itu kelihatan banget di film ini. Dari satu tragedi ke tragedi lainnya, setiap momennya bikin banyak orang milih kehidupan nomaden. Kayak Fern yang diceritain harus nempuh jarak sangat jauh buat ke Arizona.

Sebuah Cerita Penuh Arti Dengan Nilai Menyentuh Hati

Selain perjalanan yang ga jelas bakal gimana dan dibawa kemana, cerita ini punya kesan yang dalem banget. Fern yang digambarin jadi wanita stoic, akhirnya ketemu banyak orang (setiap orangnya punya cerita sendiri yang bikin sedih) dan harus kerja keras dengan segala keterbatasan.

Nah cerita ini bisa banget dijadiin pukulan buat kamu yang sering males malesan. Padahal kamu punya banyak hal yang bisa buat senang, hati tenang, perut kenyang! Ada banyak lagi momen yang bisa dijadiin panutan di film ini. Jadi, jangan lupa buat cek Nomadland.

Gimana? Penasaran sama cerita seru dari perjalanan Fern sebagai nomad? Cerita yang ternyata didasari dari even nyata di tahun 2011 ini ngasih pandangan nyata dari sudut pandang seorang nomad. Kehidupan berpindah tersebut bukan hal yang salah, justru bisa menjadi hal yang indah. Film yang rilis 21 Februari ini bisa kamu tonton di bioskop dan platfor

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY