Lima Kegiatan Seru Ini Bikin Si Kecil Lebih Dekat dengan Ayahnya

Bagi Ayah yang sibuk, mendapatkan quality time dengan anak bisa jadi merupakan tantangan tersendiri. Maka, ketika ada waktu luang, penting diisi dengan kegiatan seru yang bakal mempererat hubungan orangtua dan anak. Kalau bisa, aktivitas yang dipilih berkesan buat si kecil dan tertanam dalam ingatannya sampai besar nanti.

Nah, biar gak mati gaya, ini ide kegiatan seru buat ayah dan anak untuk memperkuat bonding.

Membuat Mainan Sendiri

Ide kreatif dan tangan terampil bisa dipadukan untuk membuat satu aktivitas menarik buat anak. Kalau ayah dan si kecil mati gaya di rumah, coba deh kegiatan merancang mainan bersama. Siapkan saja beberapa barang bekas berupa kertas, kardus, atau kaleng yang sudah tak terpakai. Lalu, ajak anak bekerjasama untuk menyulap benda-benda tersebut jadi mainan.

Ayah dapat membimbing anak membuat robot dan mobil dari kardus, telepon-teleponan dari kaleng, atau layang-layang sederhana. Kelak, si kecil akan selalu mengingat cara membuat mainan seperti yang diajarkan ayahnya.

YUK, COBA BUAT LAYANG-LAYANG SENDIRI DENGAN PRODUK DARI 4M DESIGN YOUR OWN KITE INI

Main Video Game

Bermain bersama anak di luar memang seru. Tapi, bagaimana kalau cuaca sedang tidak mendukung? Ayah bisa memanfaatkan video game untuk bikin kegiatan seru bersama anak di dalam rumah.

Pada hari libur, orangtua tentu bisa memberi kesempatan bermain video game pada anak. Tapi, kali ini pilihlah game yang menuntut pemainnya bergerak aktif. Misalnya, permainan dansa yang “memaksa” tangan dan kaki ayah dan si kecil mengikuti petunjuk arah sesuai iringan musik. Selain itu, ada pula permainan tenis, di mana pemainnya harus menggerakkan stick seperti sedang mengayunkan raket untuk memukul bola virtual.

NINTENDO SWITCH GAME CONSOLE INI DIDUKUNG DENGAN BERBAGAI JENIS PERMAINAN YANG COCOK UNTUK KELUARGA.

Mencuci Kendaraan

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan para ayah pada akhir pekan adalah mencuci kendaraan. Kali ini, ayah bisa mengajak anak membantu menggosok bagian kendaraan yang terjangkau tangan kecilnya. Sementara ayah membersihkan sisi kendaraan yang lebih tinggi.

Kegiatan mencuci kendaraan bersama anak mungkin tidak akan berjalan mulus seperti yang diharapkan. Jadi, lower your expectation ya. Si kecil akan memanfaatkan kesempatan ini untuk bermain air, mengarahkan selang kepada ayah, atau mencipratkan air sabun.

Tapi, justru di situlah letak keseruan yang bikin bonding antara ayah dan anak terasa lebih erat. Kalau ayah melihat si kecil menikmati aktivitas mencuci kendaraan, maka jadikan saja kegiatan rutin.

ABBY BABY DUCKY BOOTS INI BISA MELINDUNGI KAKI ANAK SAAT BERMAIN AIR.

Memasak

Bila si kecil sudah sering membantu ibunya memasak, kini giliran ayah yang “main” ke dapur bersama anak. Sebagai petunjuk awal, ayah bisa meminta saran ibu untuk memilih menu, menuliskan daftar belanja, menjelaskan jenis bumbu yang tidak umum, dan memberi tahu letak penyimpanan alat-alat dapur.

Ayah yang jarang ke dapur tidak perlu takut menghadapi tantangan ini, karena berbagai resep dan tutorial memasak sudah tersedia di dunia maya. Sebagai catatan, ayah harus memperhatikan tugas dapur yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan motorik anak.

Untuk anak usia muda, ayah bisa menyuruhnya menyiangi sayuran yang bisa dipetik. Sementara buat anak yang lebih besar, ayah bisa memintanya memotong bahan masakan denan pisau atau menggoreng.

SI KECIL AKAN LEBIH SEMANGAT MEMASAK BERSAMA AYAH DENGAN APRON BERTEMA FROZEN INI.

Camp with Daddy

Para ayah pecinta alam pasti sudah sering naik gunung bersama teman-temannya. Tapi, apa ayah pernah berkemah bersama dengan anak saja? Kalau belum, sekarang saatnya ajak anak camping with daddy, sebelum si kecil tumbuh besar dan asik dengan dunianya sendiri.

Ayah bisa membayangkan petualangan seru saat trekking, bernyanyi sepanjang perjalanan, membangun tenda, membuat api unggun, hingga melihat bintang bersama si kecil. Tetapi, untuk itu, ayah juga harus siap mengurusi segala keperluan si kecil seperti makan dan membersihkan diri. Perjalanan selama sehari semalam akan membuat ayah lebih mengenal kebiasaan anak dan memahaminya.

TENDA CAMPING INI DIJAMIN BAKAL MEMBERIKAN KENYAMANAN OPTIMAL SAAT BERKEMAH.

Ketika ayah menghabiskan waktu bersama si kecil, sebaiknya hindari keterlibatan ibu. Biarkan ibu menikmati ‘me time’ selama ayah bermain bersama anak. Sehingga anak bisa fokus mengeal ayahnya lebih dekat.

Saat hubungan yang sehat antara orangtua dan anak telah tercipta, maka si kecil akan merasa aman dan nyaman. Dengan begitu, anak bisa mengeksplorasi dunianya dengan tenang. Karena ia tahu di mana harus mencari perlindungan meski sudah jauh melangkah. Seperti Blibli.com dengan layanan 24/7 Customer Care yang selalu siap menerima keluhan pelanggan setiap saat.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY