Moms, Sudah Belanja Perlengkapan Keluarga Untuk Ramadan Ini Belum?

Memasuki bulan Ramadan, moms pastinya mulai direpotkan dengan segala keperluan keluarga, bahkan sejak 7 hari sebelumnya. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk belanja perlengkapan keluarga. Jaman sekarang, belanja perlengkapan keluarga buat Ramadan gak perlu ribet karena udah bisa dilakukan secara online, seperti yang dilakukan lifestyle blogger Andra Alodita.

“Produk yang cocok untuk anak itu yang efektif, praktis, dan juga aman. Yang aman harus cari yang terpercaya, kualitasnya bagus, customer service itu penting buat aku. Kalo udah langganan itu aku sampe ajak orang tua aku, temen-temen aku, contohnya ya Blibli.com aku udah lama banget belanja di Blibli.com,” ujar Andra.

Nah, minggu depan nanti, bulan suci yang kita tunggu-tunggu akan tiba. Sudah sejauh mana perlengkapan keluarga yang moms siapkan? Agar nggak terlewat, Blibli Friends akan memberi reminder tentang perlengkapan keluarga apa saja yang moms perlukan!

Perlengkapan si kecil yang utama

belanja perlengkapan keluarga
Via – Insights Center

Setelah memiliki buah hati, seluruh perhatian keluarga tentunya tertuju pada si kecil. Begitu juga saat Ramadan tiba nanti, perlengkapan si kecil adalah prioritas utama yang moms perlu siapkan terlebih dahulu.

Cek kembali stok susu formula, popok, makanan, pakaian hingga mainannya. Bagi si kecil yang sudah mulai belajar puasa, jangan lupa persiapkan rencana lain agar puasanya menjadi lebih seru dan menyenangkan. Jangan lupa belikan juga perlengkapan ibadahnya agar bisa moms dan dads bisa sama-sama mendekatkan diri pada Tuhan bersamanya.

2. Pakaian hingga perlengkapan sholat untuk dads

belanja perlengkapan keluarga
Via – Married and Young

Setelah perlengkapan si kecil lengkap, kini giliran perlengkapan dads yang diperhatikan. Mungkin nggak seribet dan sebanyak kebutuhan si kecil, namun nggak ada salahnya juga kan untuk mempersiapkan kebutuhannya selama Ramadan nanti.

moms bisa belikan pakaian muslim seperti gamis dan baju koko untuk melengkapi busana saat Tarawih nanti. Selain itu, perlengkapan sholat juga bisa jadi pilihan alternatif, agar dads makin rajin beribadah di bulan puasa nanti. Jangan lupa sandal baru untuk pergi ke masjid, ya.

3. Kebutuhan moms sendiri jangan sampai terlupa

belanja perlengkapan keluarga
Via – indiegirlblogs

Kebutuhan si kecil dan suami sudah terpenuhi, bukan berarti kebutuhan moms nggak penting, lho! Moms juga tetap perlu memperhatikan penampilan saat berpuasa nanti. Terlebih bagi moms yang juga bekerja di luar rumah.

Saat belanja perlengkapan keluarga, sempatkanlah untuk membeli fashion busana muslim mulai dari atasan seperti kaftan, celana kulot, kerudung instan dan aksesorisnya. Jangan lupa beli mukena baru agar makin semangat beribadah. Beli tas baru juga sah-sah saja, terlebih saat puasa nanti moms pasti perlu membawa banyak perlengkapan tambahan seperti alat sholat dan skincare agar kulit tetap terhidrasi.

4. Persiapan stok sayur dan buah hingga makanan pokok

belanja perlengkapan keluarga
Via – momstagsale

Kebutuhan makanan dan asupan gizi adalah prioritas lain setelah belanja perlengkapan si kecil. Untuk hal yang satu ini, pastikan moms sudah menulis apa saja yang wajib dibeli.

Moms bisa memulainya dengan menuliskan menu buka puasa dan sahur apa yang akan dimasak dalam seminggu pertama bulan puasa. Kemudian belilah bahan-bahannya sesuai resep. Mulai dari sayuran, buah, keju, bumbu masak hingga makanan pokok yang krusial seperti beras dan minyak goreng jangan sampai ketinggalan.

5. Peralatan dapur untuk memasak lebih mudah

belanja perlengkapan keluarga
Via – Dr. Oz

Bahan-bahan makanan sudah lengkap di kulkas. Selanjutnya peralatan dapur jangan sampai disepelekan. Biasanya nih, karena lelah seharian setelah bekerja dan harus bangun dini hari, moms jadi malas masak untuk buka puasa dan sahur.

Solusinya, moms butuh peralatan dapur yang bisa memudahkan agar aktivitas memasak menjadi lebih cepat dan efisien. Contohnya, moms bisa menggunakan microwave untuk memanaskan menu sahur, blender untuk membuat smoothie saat buka puasa, rice cooker untuk memasak nasi atau water purifier untuk air minum yang lebih sehat dan steril.

6. Perlengkapan bersih-bersih rumah agar puasa makin nyaman

belanja perlengkapan keluarga
Via – Ward Log Homes

Bulan Ramadan nanti, bukan berarti bersih-bersih rumah juga harus puasa. Memang sih aktivitas yang satu ini melelahkan, tapi bukan berarti dihindari. Apalagi jika saat puasa nanti, mama-papa mertua datang, malu dong kalau rumah berantakan dan kotor.

Agar lebih menyenangkan, moms bisa memasukkan perlengkapan bersih-bersih yang praktis dan mudah kedalam daftar belanja perlengkapan keluarga. Mulai dari cairan pembersih lantai, vacuum cleaner agar membersihkan karpet lebih mudah, hingga alat pel yang bisa memeras air sendiri.

7. Suplemen, vitamin dan perawatan kesehatan lainnya

belanja perlengkapan keluarga
Via – Huffington Post

Ini dia barang yang jangan sampai terlewatkan dalam list perlengkapan belanja keluarga, moms! Agar stamina tubuh moms dan keluarga tetap maksimal saat puasa, jangan lupa untuk selalu menyediakan berbagai suplemen, vitamin dan obat lainnya.

Agar nggak mudah lemas saat puasa nanti, jangan lupa sediakan madu untuk si kecil, moms dan dads, yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan menjaga kekebalan tubuh. Puasa lancar dan sehat, siapa yang nggak mau?

Dari ketujuh list belanja perlengkapan keluarga di atas, mana yang belum moms beli? Kalau nggak punya cukup waktu untuk membelinya ke toko atau supermarket, nggak perlu khawatir karena semua yang moms butuhkan ada di Blibli.com Monday Moms day!

Temukan beragam pilihan produk menarik dengan harga promo yang sayang banget jika dilewatkan! Kapan lagi bisa belanja perlengkapan keluarga semudah ini? Yuk, #BlibliSekarang !

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY