Percantik Penampilanmu dengan Berbagai Karya Tenun Cantik dari Tenunkoe

karya tenun

Tidak hanya batik, salah satu warisan budaya dari Indonesia yang terkenal adalah karya tenunnya. Biasanya, karya tenun ini dibuat oleh para ibu di daerah Timur Indonesia seperti Lombok, Kupang, dan daerah lainnya. Nggak kalah sama batik, sekarang kain tenun dengan berbagai motif yang cantik mulai diproduksi menjadi berbagai aksesoris fashion, lho.

Salah satu pionir dalam menjaga warisan karya tenun ini adalah Tenunkoe. Mereka membuat berbagai aksesoris seperti tas dan clutch menggunakan kreasi tenun yang kental dengan nuansa Indonesia. Penasaran? Baca dulu yuk, cerita mereka!

KOLEKSI KAIN TENUN BISA KAMU TEMUKAN DI BLIBLI.COM

1. Ingin mempopulerkan tenun Indonesia

karya tenun
Via – @rumah_tenunkoe

Iwan, perwakilan Tenunkoe, mengaku terdorong untuk berkreasi dengan karya tenun karena keprihatinan terhadap para “mama” (panggilan ibu-ibu di Indonesia Timur) di Kupang. Mereka bekerja seharian untuk melestarikan nilai budaya tenun dengan membuat kain tenun yang cantik. Sayangnya, kain tenun justru lebih banyak disimpan dan digunakan di upacara adat. “Kami pikir, kok sayang banget, karena pembuatannya sangat rumit dan bernilai tinggi, tapi malah hanya dipakai sekali-kali,” ungkap Mas Iwan.

Dari situlah, Tenunkoe yang dimiliki mama-mama penenun NTT sebagai founder, agar bisa mempopulerkan tenun Indonesia, sekaligus meningkatkan ekonomi dari para mama di Kupang ini. Tujuannya hanya satu: untuk menaikkan derajat tenun ikat agar bisa menjadi simbol identitas Indonesia, seperti halnya batik.

DAPATKAN BERBAGAI PRODUK TENUN YANG KAMU MAU

2. Produknya pas untuk digunakan sehari-hari

karya tenun
Via – @rumah_tenunkoe

Lalu, apa saja sih yang bisa dihasilkan dari karya tenun khas Indonesia? Wah, banyak banget pilihannya, guys! Misalnya saja, Tenunkoe sudah mengeluarkan berbagai bentuk tas dan clutch keren dengan pilihan motif tenun yang kelihatan stylish. Ada juga syal dan kalung untuk aksesoris, atau cover laptop dengan motif khas Indonesia! Pokoknya, karya tenun dari Tenunkoe ini pas banget buat menemani aktivitas kamu sehari-hari dan membuat penampilanmu makin cakep!

TEMUKAN BERBAGAI AKSESORIS ETNIK DI SINI

3. Bertujuan untuk memberdayakan masyarakat NTT

karya tenun
Via – @rumah_tenunkoe

Tenunkoe bukanlah bisnis biasa yang bertujuan untuk mencari profit sebanyak-banyaknya. Justru Tenunkoe lebih tepat disebut sociopreneur karena mereka mengadakan beragam kegiatan pemberdayaan perempuan di Kupang untuk menghasilkan karya tenun yang berkualitas tinggi. Bukan cuma dengan melatih para mamah untuk berinovasi menggunakan teknologi, mereka juga menggunakan crowdsourcing dan kekuatan e-commerce untuk mempromosikan produk Tenunkoe. Harapannya tentu agar para mamah pun bisa semakin naik kelas dan meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

“Kami juga berencana untuk membuat desa wisata tenun di daerah NTT untuk menarik lebih banyak wisatawan. Dengan begitu, kami bisa mempromosikan sisi pariwisata, budaya, dan sekaligus juga karya tenun warisan budaya Indonesia,” kata Mas Iwan. Karena inisiatif mulia inilah, Tenunkoe juga meraih penghargaan Ashoka Changemaker Fabric of Change Semifinalist 2015 dan Sustainia 100 Solutions 2016. Wah, keren banget ya, guys!

MILIKI KAIN TENUN KEBANGGAN INDONESIA SEKARANG

4. Terpilih menjadi Top 20 The Big Start Indonesia Season 2

karya tenun
Via – @rumah_tenunkoe

Gerakan sosial Tenunkoe bukan cuma inspiratif, tapi juga unik dan berperan besar dalam menjaga budaya Indonesia. Nggak heran kalau Tenunkoe terpilih menjadi salah satu finalis Top 20 The Big Start Indonesia Season 2. Harapan mereka untuk mengenalkan karya tenun kepada khalayak luas pun semakin terbuka lebar!

“Saya awalnya antara percaya dan nggak percaya. Dengan persaingan yang ketat, bersyukur banget bisa lolos jadi 20 besar,” kata Mas Iwan. Ia mengaku semakin termotivasi untuk terus menggarap proyek Tenunkoe agar bisa semakin bermanfaat bagi orang banyak. “Saya juga seneng banget bisa join di TBS, soalnya saya kagum sama Blibli.com yang peduli untuk mengangkat entrepreneur-entrepreneur rintisan seperti Tenunkoe ini. Pastinya dari acara ini saya akan dapat banyak banget pelajaran untuk diaplikasikan di bisnis ke depannya,” kata laki-laki yang memulai Tenunkoe pada tahun 2015 ini.

INTIP YUK, BERBAGAI PRODUK PEMENANG TBS SEASON 1


Guys, ternyata banyak banget ya merek lokal Indonesia yang nggak kalah unik dan berkualitas dengan buatan luar negeri? Tenunkoe berhasil mengubah selembar kain tenun menjadi berbagai karya tenun yang mengagumkan. Mulai dari clutch cantik sampai baju dan kalung yang authentic, pastinya kamu bangga mengenakan warisan budaya Indonesia ini!

Kalau selama ini kamu hanya mengenal batik, sekarang saatnya mengoleksi beragam karya tenun juga! Di Blibli.com, kamu bisa menemukan produk berbahan tenun seperti sepatu, rok, ataupun outer yang terlihat kece. Harganya juga sangat terjangkau dan nggak bikin kamu bokek kok!

Makanya, yuk ke #BlibliSekarang dan update koleksi tenun khas Indonesia!

KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT SEMUA PRODUK TENUN

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY