Salah satu busana tradisional Indonesia yang baru-baru ini mulai populer adalah pakaian dari kain songket. Kain adat ini biasa digunakan dalam berbagai acara, khususnya di kawasan Sulawesi, Jambi, dan Palembang.

Dilihat dari desain dan teksturnya, masih banyak orang salah mengira antara kain tenun songket dengan kain tenun tradisional lainnya. Meskipun secara umum seluruh kain tradisional dianyam dengan teknik serupa, songket selalu memiliki ciri khas berupa benang emas ataupun perak yang dipadukan dalam kainnya.

Karakteristik tersebutlah yang kemudian dilirik para trendsetter dan pecinta fashion. Dengan nuansa etniknya, songket dapat membuat pemakainya tampil menonjol dalam acara formal ataupun pesta.

Mau tahu fashion item songket apa saja yang dapat kamu gunakan dalam pesta? Berikut tipsnya!

1. Outerjas Bolero songket untuk kesan formal yang ciamik

bolero-songket

Via Pinterest

Sebuah hajatan atau pesta biasanya identik dengan kesan formal yang elegan. Karena itu, kamu sebaiknya nggak datang dengan pakaian kasual yang  mengeluarkan kesan santai.

Salah satu fashion item yang dapat membuat tampilanmu terkesan formal adalah outer atau luaran. Bagi pria, kamu bisa memilih sebuah jas, sedangkan bagi wanita bisa memilih outer jenis bolero untuk melengkapi gaya berpestamu.

Berbicara tentang busana etnik, nggak ada salahnya jika kamu memakai outer berbahan kain songket untuk ke pesta. Bolero atau jas songket yang memiliki banyak motif sebaiknya kamu padu padankan dengan atasan dan bawahan berwarna polos dan netral untuk menghindari tabrak warna.

Warna elegan yang terpadu dalam bahan halus akan memberikan kenyamanan saat kamu memakainya selama acara berlangsung.

2. Dress songket untuk kesan feminin yang manis

dress-songket

Via Pinterest

Kalau yang ini sudah pasti menjadi outfit andalan para wanita. Dress banyak dipilih kaum hawa untuk menghadiri pesta karena desainnya yang sederhana, namun dapat menonjolkan kesan feminin yang elegan.

Warna dan kesan etnik yang kental menjadikan dress songket sangat cocok kamu kenakan saat menghadiri sebuah acara formal.

Agar penampilanmu lebih elegan, kamu bisa memilih sepatu atau sandal selop berwarna netral, seperti coklat dan hitam. Namun, jika kamu ingin menggunakan alas kaki berbahan songket lagi, pastikan dress dan alas kakimu memiliki warna yang senada.

 3. Tas songket, si pelengkap yang siap sedia menampung bawaanmu

cropped-surya-bags-with-songket-bali-mix-cobra

Via zoelieblog.files.wordpress.com

Fashion item selanjutnya untuk melengkapi gaya etnikmu ke pesta adalah tas songket. Yup, nggak hanya berfungsi sebagai alat bawa, tas songket bisa menjadi pemanis penampilanmu selama berada dalam acara.

Pilihlah tas songket dengan motif yang nggak berlebihan agar penampilan pestamu terlihat manis. Untuk desainnya, kamu bisa menggunakan tas songket dengan bentuk yang sedikit kaku untuk menunjukkan kesan rapi.

Kalau kamu mau tampil dengan gaya yang lebih minimalis, kamu bisa memilih pouch atau sejenis dompet besar untuk dibawa ke pesta.

Bagi kamu yang membawa banyak barang setiap kali bepergian, sebaiknya memilih tas tangan dengan ukuran yang cukup besar. Siapa tahu kamu mau menyimpan beberapa suvenir atau makanan pesta untuk dijadikan kenang-kenangan?


BACA JUGA 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Lebih Sering Pake Batik


4. Selendang, si pemanis yang serbaguna

selendang-songket Via Pinterest

Selain menjadi bumbu pemanis untk pakaianmu, selendang juga bisa menjadi item yang bisa kamu andalkan.

Misalnya kamu kurang pede ketika memakai dress yang terlalu pendek atau tanpa lengan, kamu bisa menutupinya dengan selendang. Atau karena terlalu asyik makan, secara nggak sengaja makanan tersebut membuat pakaianmu kotor.

Kamu bisa memanfaatkan selendang untuk menyelimuti pakaianmu yang terkena noda. Agar terkesan mewah, selendang berbahan songket adalah pilihan yang pas untuk kamu bawa saat menghadiri pesta.

5. Alas kaki songket untuk tampilan etnik yang sempurna

sepatu-songket

Via YouTube

Tampilan etnik kamu ke pesta nggak akan lengkap tanpa alas kaki yang sesuai. Untuk menghadiri sebuah pesta, sebaiknya pilih sepatu yang terkesan formal seperti sendal selop atau high heels untuk wanita. Sedangkan untuk pria, bisa memilih sepatu pantofel berwarna netral atau senada.

Saat di pesta, kemungkinan besar kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan berdiri untuk menyapa teman atau saudara. Untuk itu, pilihlah alas kaki dengan sol empuk agar kamu merasa nyaman dan terhindar dari rasa pegal.

Jika kamu ingin menambahkan kesan etnik dalam gaya berpesta kamu, memilih sepatu dengan material kain songket bisa menjadi inspirasi dan menginspirasi orang lain juga.

Ternyata bukan hanya kain batik saja loh yang bisa dipamerkan sebagai fashion item. Kain songket juga bisa mewarnai gayamu dengan nuansa Nusantara.

Jika kamu mengunjungi Palembang, Jambi, atau Sulawesi, jangan lupa untuk membeli kain atau beragam jenis fashion item dari songket ya.

Namun, jika kota-kota tersebut terasa jauh, kamu masih bisa menemukan beragam fashion item songket di Blibli.com. Mulai dari kain songket, sampai baju, bawahan, akeseoris, hingga alas kaki, semuanya sudah siap untuk kamu pesan.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY