me

Jadwal Service Mobil, Jangan Sampai Lupa!

Dec 12, 2023.By
Bagikan

boodmo.com
Ini dia jadwal service mobil, jangan sampai lupa.

Jadwal Service Mobil — Saat ini memiliki kendaraan pribadi seperti mobil sudah menjadi kebutuhan. Selain untuk menunjang aktivitas keseharian, mobil pribadi juga bisa mendukung fleksibilitas kamu saat bepergian. Saat musim penghujan misalnya, dengan memiliki mobil maka akan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua.

Selain itu saat bepergian dengan keluarga juga lebih efisien dan lebih hemat daripada menggunakan transportasi umum. Namun salah satu komitmen saat sudah memiliki mobil adalah kudu rajin merawat dan memperhatikan jadwal service mobil karena bagaimana juga mobil yang kurang perawatan jadi nggak nyaman dikendarai dan mudah rusak. 

Baca Juga :


Ini Alasan Pentingnya Service Mobil

Perlu diketahui mobil merupakan kendaraan yang punya banyak banget komponen serta sistem yang saling terkait dan mempengaruhi antara yang satu dan yang lainnya. Oleh karena itulah mobil butuh perawatan rutin biar kondisinya tetap prima. 

Service secara berkala juga dibutuhkan untuk memastikan mobil selalu berfungsi dengan baik sehingga bisa menjamin kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Selain itu juga bisa membantu memperpanjang umur mesin mobil dan bisa menghemat biaya perbaikan. Biar makin jelas alasan pentingnya service mobil secara berkala, simak penjelasan berikut.

1. Lebih Meningkatkan Kinerja Mobil

supercars.net

Service secara berkala termasuk penggantian oli dan filter secara teratur akan melibatkan pemeriksaan pada semua sistem dan komponen kendaraan. Jika semua sistem serta komponen mobil bisa berjalan dengan baik mobil pun akan lebih lancar dan efisien.

2. Meningkatkan Usia Kendaraan

caranddriver.com

Dengan selalu menjaga mobil dalam kondisi yang baik maka mobil kesayangan kamu akan tetap berfungsi dengan baik lebih lama atau bahkan bertahun-tahun. Nggak hanya itu, jika mobil kamu terawat maka saat dijual akan memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Mencegah Kerusakan Makin Parah

ridetime.ca

Dengan service secara berkala, jika ada kerusakan kecil pada mobil bisa segera ditangani dan bisa mencegah kerusakan yang lebih serius atau makin parah. Yang tentunya hal ini akan butuh biaya yang lebih besar.

4. Bahan Bakar Lebih Hemat

lifehacker.com.au

Saat service mobil berbagai komponen mobil seperti filter bahan bakar dan filter udara akan diperiksa. Jika ada kerusakan bila perlu akan diganti. Jika hal ini rutin dilakukan, bisa membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar serta menghemat pengeluaran bahan bakar.

5. Hemat Biaya

disway.id

Seperti sudah disinggung sebelumnya dengan melakukan service secara berkala maka jika ada kerusakan pada mesin mobil bisa terdeteksi dan bisa segera ditangani sehingga nggak sampai parah. Hal ini tentu akan lebih hemat biaya perbaikan.

6. Memperbaiki Emisi

rac.co.uk

Dengan memperhatikan komponen mobil selalu dalam keadaan prima maka emisi yang dihasilkan mobil bisa ditekan. Sehingga bisa memenuhi standar emisi yang berlaku.

Kapan Jadwal Service Mobil yang Tepat?

waltsautoelectric.com

Service mobil berapa bulan sekali? Pertanyaan ini masih sering diutarakan karena ada yang masih bingung kapan jadwal service mobil yang tepat supaya kondisi mobil tetap prima. Berikut jadwal atau periode service mobil berkala yang perlu kamu ketahui.

  • 5.000 Km atau 10.000 Km, service bisa dilakukan saat pergantian oli mesin kendaraan yang diikuti dengan penggantian filter oli. Biasanya, sih pabrikan menganjurkan penggantian oli selama 6 bulan sekali atau setiap 10.000 Km. Namun ada juga yang lebih cepat yakni 3-4 bulan atau 5.000 Km.
  • 20.000 Km atau 60.000 Km atau 100.000 Km, saat memasuki 20.000 km – 10.000 km (1 tahun) bisa dilakukan pengecekan sistem kelistrikan, sistem pengereman, sistem kemudi dan sistem bahan bakar. 

Spare part yang diganti biasanya saringan bensin, saringan AC, busi dan penggantian oli transmisi manual. Bagian kaki-kaki, sistem suspensi, roda, ban juga akan di-spooring dan balancing pada periode ini. 

  • 40.000 Km atau 80.000 Km atau 120.000 Km, pada periode ini disebut dengan service besar atau 2 tahunan dan akan dilakukan semua jenis service. Nah, service rutin tersebut masih akan ditambah dengan service yang lebih spesifik. Seperti penggantian oli gardan, oli transmisi matic dan filter udara.
  • Setelah 50.000 atau service tambahan, umumnya masa service gratis dari pabrikan akan berlaku sampai 3 tahun atau setelah 50.000 Km. Setelah itu akan ada service pada komponen-komponen tertentu sesuai umur pakainya. Untuk biaya tentu ditanggung konsumen.

Selain periode service seperti di atas jika dirasa mobil sudah mulai merasa nggak enak, nggak nyaman dikendarai atau terdengar suara yang janggal dari bagian mesin atau komponen mobil, bisa segera membawa mobil ke bengkel langganan supaya bisa dilakukan pengecekan. Terus menunda melakukan service bukan tindakan yang tepat karena biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

Akibat Melewatkan Service Berkala

carreview1.com

Walaupun sudah tahu pentingnya manfaat service secara berkala, namun masih ada yang mengabaikan akan hal ini. Padahal mengabaikan service secara berkala bisa menyebabkan kerusakan serius. Apa saja? Yuk, simak.

  • Nggak aman, service berkala juga mencakup pengecekan terhadap keamanan kendaraan. Seperti sistem pengereman, lampu, kaca depan dan lainnya. Nah, jika service diabaikan maka masalah keamanan mendasar nggak terdeteksi yang bisa meningkatkan risiko kecelakaan.
  • Efisiensi bahan bakar menurun, seiring berjalannya waktu mobil yang kurang dirawat  cenderung mengalami penurunan efisiensi bahan bakar. Nggak hanya berdampak negatif pada pengeluaran tapi dampaknya kurang oke buat lingkungan.
  • Lebih rentan terhadap kerusakan, service berkala akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, baik pada sistem maupun komponen mobil. Dengan begitu jika ada kerusakan teknisi bisa mengetahui dan bisa segera diambil tindakan sebelum menjadi masalah yang lebih serius dan membutuhkan biaya yang lebih besar. 

Jika melewatkan service berkala, kerusakan yang nggak terdeteksi bisa mengganggu kinerja dari kendaraan bahkan bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan.

  • Pembaruan perangkat lunak, sejumlah mobil modern umumnya akan dibekali dengan perangkat lunak yang bisa mengontrol berbagai aspek kinerja kendaraan. Jadi jika abai melakukan service berkala maka pembaharuan penting ini akan terlewatkan.

Baca Juga :

Setelah mengetahui pentingnya manfaat service mobil serta jadwal service mobil yang tepat, Blibli Friends bisa mampir ke toko online terpercaya Blibli, lho. Sebab Blibli lagi ada promo service mobil dengan diskon sampai 50% dan ekstra diskon hingga 25%. Yang tentunya penawaran menarik ini sayang banget dilewatkan.

Selain itu di Blibli kamu juga bisa belanja aneka produk perawatan mobil seperti oli mobil bensin dan oli mobil diesel dengan harga yang ramah di kantong. Proses transaksi nggak pakai lama bahkan produk pilihanmu akan dikirim ke alamat tujuan dengan layanan gratis 15 hari retur jika barang yang dikirim nggak sesuai pesanan. Jadi nggak ada alasan untuk ragu ayo, ke Blibli sekarang!

Tag: