Timnas Indonesia dipastikan melangkah ke final AFF Cup 2016 usai menang agregat dengan skor 4-3 atas Vietnam. Lolosnya Indonesia tak lepas dari hasil imbang 2-2 yang diraih Boaz Salossa dkk dalam leg kedua semifinal, Rabu (7/12/2016) di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Sebelumnya pada leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Indonesia menang 2-1.

Tentunya lolosnya skuat Garud ke final diluar prediksi banyak pengamat, bahkan mereka digadang-gadang akan mengikuti Leicester saat menjuarai Liga Inggris musim lalu karena sempat diragukan.

Seperti diketahui, Indonesia jadi tim yang paling mepet dalam persiapan. Setelah absen lebih dari satu tahun akibat sanksi FIFA, Timnas Indonesia baru memulai seleksi pada Agustus 2016.

Tak hanya itu saja, persiapan mereka juga terkendala dengan pembatasan dua pemain setiap klub. Hal ini membuat pelatih Alfred Riedl tidak leluasa menentukan pemain terbaiknya pada gelaran ini.

Permasalahan Indonesia juga berlanjut setelah salah satu penyerang terbaiknya, Irfan Bachdim mengalami cedera. Ini menggerus kekuatan Garuda lantaran penyerang kelahiran Belanda ini jadi tumpuan skuat merah putih di lini depan.

Namun permasalahan itu semua, sepertinya diputar balikkan dengan tangan Alfred Riedl di Piala AFF 2016. Sempat kalah 4-1 di laga perdana melawan Thailand, grafik permainan Indonesia mulai menanjak.

Kini bahkan mereka menghapus stigma, dengan persiapan yang kurang dan tidak diunggulkan untuk melaju sejauh ini di turnamen antar negara Asia Tenggara ini.

Saat ini Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Thailand lantaran sang lawan sudah meraih kemenangan 2-0 di leg pertama. Skuat Garuda akan terlebih dulu melakoni laga leg pertama 14 Desember di Stadion Pakansari. Lalu selanjutnya 17 Desember mereka melakoni leg kedua di kandang lawan. Berikut lima fakta menarik Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016.

1. Timnas Indonesia Underdog dengan 3 Laga dramatis

timnas-indonesia

Via AFFsuzukicup.com

Dalam laga ini indonesia pantas disematkan sebagai underdog dimana mereka selalu lolos dari lubang jarum.

Tiga kali mereka sempat tertinggal terlebih dahulu. Pertama saat melawan Thailand pada babak penyisihan Grup A. Indonesia tertinggal 0-2 namun bisa menyamakan kedudukan 2-2, walau akhirnya kalah 2-4.

Kedua saat melawan Singapura, dimana saat itu merupakan laga penentuan. Bahkan Indonesia tertinggal 0-1 tetapi membalikkan keadaan jadi 2-1 dan memastikan lolos ke semifinal.

Ketiga, Timnas Indonesia tertinggal 1-2 dalam 90 menit waktu normal saat melawan Vietnam. Saat tertinggal dan terus digempur, Indonesia justru mencetak gol lagi dan memaksa tuan rumah gugur di Piala AFF 2016.

 2. Selalu Konsisten Mencetak Dua Gol di Setiap Laga

2-gol

                                                        Via: PSSI.org

Ada fenomena menarik di sepanjang perhelatan Piala AFF 2016 ini. Timnas Indonesia konsisten selalu mencetak dua gol di lima pertandingan yang dijalani di pentas turnamen.

Fakta itu tak hanya menunjukkan kalau Tim Merah-Putih merupakan tim yang tajam dalam menjebol gawang lawan. Konsistensi menjebol gawang lawan diharapkan kembali ditunjukkan pada laga final nanti.

 3. Hanya 17 Pemain Diturunkan Riedl Hingga Partai Semifinal Ini

17-pemain

Via AFFsuzukicup.com

Hanya ada 17 pemain yang pernah diturunkan Alfred Riedl dalam 3 pertandingan timnas Indonesia di penyisihan Grup A plus dua kali semifinal.

Dimana nama Dedi Kusnandar jadi pemain terbaru yang diturunkan oleh Alfred Riedl di semifinal lega kedua.

Kini tinggal 6 pemain yang belum pernah dapat kesempatan bermain adalah Andritany Ardhiyasa, Abdul Rahman, Gunawan DC,  Teja Paku Alam, Muclis Hadi, dan Bayu Gatra.

 4. 7 Pemain Yang Berhasil Cetak Gol ke Gawang Lawan

7-pemain

Via Goal.com

Ada tujuh pemain yang sudah menyumbang gol buat timnas Indonesia. Mereka adalah Boaz Solossa (3 gol) dan Stefano Lilipaly (2 gol) dan masing-masing satu gol Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Andik Vermansah, Fachrudin Aryanto, dan Lerby Eliandry.

5. Ini Final Kelima Bagi Indonesia dan Ketiga Bagi Indonesia

final-ke-5

                                                    Via AFFsuzukicup.com

Ini akan jadi partai final kelima timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Sebelumnya, Skuat Garuda sudah lolos pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Sedangkan Alfred Riedl juga cetak rekor. Dia sukses raih tiga final, satu bersama Vietnam pada 1998, dan dua untuk Indonesia, yakni edisi 2010, dan 2016 ini.

Sayangnya dari keseluruhan final mereka jalani, tidak ada satu pun membuahkan gelar. Apakah pada tahun ini baik Indonesia dan Alfred Riedl akan menghapus mimpi buruk selama ini.

Jangan hanya jadi penonton saja Friends, untuk ikut sepak bola bisa pakai cara apa aja, salah satunya dengan bermain bola atau futsal. Sebelum itu, kamu perlu lengkapi perlengkapan olahraga sepak bolamu terlebih dahulu. Di Blibli.com semuanya ada, apalagi kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dan bebas ongkos kirim!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY