Apakah kamu suka menonton Masterchef atau acara memasak lainnya? Sering nggak sih terlintas pertanyaan di pikiranmu, “kenapa sih semua chef profesional suka banget pakai olive oil dalam setiap masakannya?”.

Ya, seringkali mereka menggunakan olive oil atau yang biasa disebut minyak zaitun. Terlebih lagi, penggunaannya bisa lebih dari sekali dalam setiap masakan. Bahkan hidangan yang sudah jadi kerap kali masih disirami dengan minyak dari pohon olive tersebut.

Penasaran kenapa mereka sering menggunakan minyak zaitun? Inilah alasannya!

1. Menjadi penyerap nutrisi

zaitunVia Mirror

Salah satu hal yang paling sering kita lihat di televisi adalah adegan chef menyirami olive oil dengan jumlah yang nggak sedikit saat membuat salad. Padahal tujuan makan salad supaya sehat, tapi kenapa malah dituang dengan minyak, ya?

Ternyata, telah diteliti oleh beberapa pakar bahwa olive oil merupakan dressing terbaik untuk salad. Alasannya karena lemak tunggal tak jenuh yang ada di dalamnya paling efisien dalam menyerap nutrisi yang ada pada buah dan sayuran. Jadi, untuk kamu yang lagi mau makan sehat, gantilah dressing salad-mu dengan olive oil, ya!

2. Mencegah makanan terlalu keringagar-tidak-kering

Via Brit+co

Salah satu alasan para chef ahli tersebut menyirami hidangan yang telah jadi dengan olive oil di atasnya adalah agar makanan tersebut nggak terlalu kering. Bayangkan kalau hidangan lezat yang sudah susah payah kamu buat sudah mengering saat kamu ingin menyantapnya.

Baiknya digunakan untuk tipe makanan yang cepat mengering seperti pasta. Beberapa saat setelah selesai direbus dan ditiriskan, pastamu cenderung akan langsung mengering dan saling menempel. Di sinilah olive oil dibutuhkan, ia akan menjaga pasta agar nggak kering dan memberikan sedikit rasa berminyak yang pas pada pastamu.

3. Olive oil adalah lemak tersehatolive-oil

Via Thedianerehmshow

Lemak atau fats adalah salah satu elemen penting yang dapat menentukan cita rasa dalam sebuah hidangan. Lemak dapat meningkatkan kelezatan pada makanan dengan kandungan minyak di dalamnya. Sayangnya, lemak biasa dikenal sebagai sesuatu yang jahat karena nggak sehat.

Namun, ternyata nggak semua lemak itu jahat. Olive oil adalah salah satu lemak sehat yang bisa kamu dapatkan. Penelitian menunjukkan bahwa asam dan zat antioksidan di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan yang berminyak jadi lebih nikmat dan bahkan sehat, chef mana yang nggak mau?


BACA JUGA Lada dan Garam? Bosan! Ini 5 Resep Marinasi Daging Panggang yang Wajib Kamu Coba Di Rumah!


4. Menggoreng dengan api kecilmenggoreng

Via lifehacker

Makanan yang sedikit berminyak memang terasa lebih nikmat, tapi kadang harus dihindari karena bahaya kolestrol. Di sinilah olive oil berperan, minyak ini dianggap sebagai minyak sayur yang paling sehat dan dipercaya dapat mengurangi kolestrol jahat. Itulah kenapa para chef lebih sering menggunakan olive oil untuk menumis maupun menggoreng.

Tetapi, olive oil memiliki smoke point yang lebih rendah daripada minyak lain, yaitu hanya sekitar 250 F atau sekitar 130 C. Maka, biasanya para chef akan menggunakan api kecil apabila memasak menggunakan olive oil, karena jika sudah lewat dari batas tersebut, minyaknya akan pecah dan kehilangan manfaat kesehatannya.

5. Manfaat kesehatan lainnyamanfaat-zaitun

Via Healthy Life & Beauty

Berasal dari batang pohon olive yang digiling, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa diberikannya. Nggak cuma yang telah disebutkan sebelumnya kalau olive oil dapat mengurangi kolestrol dan risiko terkena penyakit jantung, beberapa penelitian telah menemukan bahwa nutrisi dalam olive oil juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan alzheimer.

Studi lain juga mengatakan bahwa olive oil dapat mencegah stroke, melawan osteoporosis, dan depresi. Wah banyak sekali ya manfaatnya? Siapa yang nggak mau menciptakan makanan yang nggak cuma lezat, tetapi juga bikin sehat? Pantes saja para chef suka banget menggunakannya!

Sekarang sudah lebih paham kan kenapa para chef asli seringkali memilih dan menggunakan minyak yang lebih premium ini? Mau membuat masakan enak dan juga sehat? Nggak mustahil kok, yuk coba ganti minyak di rumahmu dengan minyak zaitun. Kamu bisa mencari minyak zaitun terbaik dari Blibli.com!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY