Indonesia akan menggelar laga semifinal leg pertama melawan Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/11).

Memang beberapa hari belakangan ini, Stadion Pakansari menjadi perbincangan publik. Bukan tanpa alasan mengapa stadion yang terletak di Kabupaten Bogor jadi perbincangan, ini merupakan venue pertama Indonesia untuk menggelar laga resmi untuk pertama kalinya.

Penggunaan Stadion Pakansari sebagai pengganti Stadion Gelora Bung Karno alias GBK tengah mengalami renovasi untuk menghadapi Asian Games 2018, sehingga tak memungkinkan untuk pertandingan diadakan di sana.

Lantas, seperti apa latar belakang dan persiapan menjelang semifinal AFF 2016 di Stadion Pakansari? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Salah Salah Stadion di Indonesia yang Memakai Single Seat

single-seat

Stadion Pakansari dibangun pada 2014 dan berlokasi di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stadion ini berkapasitas 31 ribu penonton. Stadion Pakansari merupakan stadion modern dan berkaca pada stadion bertaraf internasional.

Karena itu, fasilitasnya pun mengacu pada stadion-stadion internasional. Demi kenyamanan pengunjung dan mencegah overkapasitas, sistem kursi di Stadion Pakansari adalah single seat dan sudah memiliki penomoran. Penonton yang datang akan duduk sesuai nomor tiket.

Stadion menjadi salah satu dari sedikit stadion di Indonesia yang menggunakan single seat.

2. Bergaya Modern Namun Mengusung Kearifan Lokal Bogor

kearifan-lokal-bogor

Tampil kekinian, Stadion Pakansari menekankan gaya modern pada arsitekturnya. Atapnya berbentuk oval khas stadion-stadion urban pada umumnya. Dalam stadion juga melakukan perwainan warna agar tampak menarik, warna-warna dipilih yakni kuning, hijau, dan oranye adalah warna yang banyak digunakan.

Meski berstandar internasional, Stadion Pakansari tetap mengandung nilai-nilai lokal. Pada pagarnya, Stadion Pakansari menggunakan motif buah caruluk atau yang akrab kita ketahui sebagai kolang-kaling yang merupakan hasil dari pohon kawung. Motif ini dipilih karena nama Bogor yang berasal dari kata tunggul (akar) pohon kawung (aren).

3. Markasnya Persikabo dan PS TNI

persikabo

Stadion ini untuk sementara adalah markas PS TNI untuk mengarungi turnamen Torabika Soccer Championship, presented by IM3 Ooredoo. Selain itu, stadion ini juga markas dari Pesrikabo Bogor.

4. Berhawa Sejuk

sejuk

Karena masih terletak di kawasan Cibinong, Kota Bogor, Stadion Pakansari memiliki hawa sejuk. Di sekelilingnya pun masih terdapat banyak pepohonan hijau dan bukit-bukit. Bila beruntung dan langit sedang cerah, Anda akan melihat siluet Gunung Salak di kejauhan.

5. Mudah Terjangkau Dari Ibukota

mudah-terjangkau

Stadion Pakansari salah satu stadion yang mudah terjangkau dari Jakarta. Letaknya hanya 50 km dari ibukota. Ada dua akses yang bisa ditempuh yakni via commuter line atau via jalan biasa baik tol maupun non tol.

Sudah siap mendukung Timnas Indonesia di pertandingan besok? Apapun yang terjadi, yang penting dukung dulu, ya nggak Friends?

Nah, buat kamu penggila bola, Blibli.com punya berbagai apparel dan perlengkapan bola yang bisa membuat kamu serasa berlaga di AFF! Cek di sini, yuk!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY