Di zaman sekarang, make up bisa dikatakan seperti sebuah bidang studi. Siapapun bisa mempelajarinya, dan banyak yang mengajarinya. Contohnya, kian banyak beauty blogger yang rajin mendemokan rahasia di balik kesempurnaan tampilan wajah mereka. Profesi sebagai make up artistpun meroket dari tahun ke tahun..

Hal ini pun memicu banyak anak muda (nggak hanya perempuan!) untuk bisa menekuni dunia kecantikan dengan tujuan ingin menjadi make up artisthandal , atau seperti beauty blogger idola mereka nantinya.

Apakah kamu salah satunya? Untuk mencapai impianmu, kamu tentu perlu beberapa persiapan. Kemampuan dan kesabaran untuk belajar tentu sudah wajib. Namun, kamu jangan melupakan 13 item ini ya!

Β 1.Β Brushmake up segala ukuran

brush

Ini dia senjata andalannya para make up artist selain produk-produk kecantikan lainnya. Kuasberbeda digunakan untuk bagian wajah yang berbeda. Misalnya kuas make up untuk bedak dan blush on berukuran lebih besar, sementara kuas yang berukuran lebih kecil biasanya digunakan untuk mengaplikasikan make up pada kelopak mata, alis atau bibir. Jangan terlalu berpegang pada prinsip one for all, karena selain merusak kuas, make up juga bisa nggak maksimal.

2. Foundation dengan beragam shade

foundation

Via thesavvysistah.com

Kosmetik yang satu ini berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah dan menutup pori-pori sehingga wajah kamu terkesan mulus. Teksturnya yang pekat biasanya mudah membuat kulit wajah terasa kering. Untuk itu sebelum mengaplikasikan foundation pada wajah, pastikan kamu menggunakan primer dan juga krim pelembab pada wilayah-wilayah yang ingin diberi foundation.

Saat ini kamu bisa menemukan beragam jenis tekstur foundation di pasaran. Mulai dari yang berbentuk cair, krim, compact, mousse-y hingga yang saat ini tengah populer adalah BB dan CC cream.

Usahakan kamu punya foundation dengan beragam pilihan shade atau tone yang lengkap. Karena kamu nggak akap pernah tahu seperti apa jenis dan warna kulit klien nanti.

Eksperimenlah dengan berbagai bagian wajah (dan tubuh), dengan warna yang berbeda-beda pula. Pahami karakteristik setiap warna dalam berbagai keadaan lighting juga.

3. Beauty blender aneka ukuran dan warna

beauty-blender

Via Gogirl

Nah, alat make up yang satu ini bisa dibilang paling fenomenal sepanjang tahun 2015 hingga kini. Bentuk dan warnanya yang lucu-lucu membuat banyak orang menyukai dan memilikinya sebagai pelengkap peralatan make up.

Namun nggak hanya bentuknya yang lucu, beauty blender ini juga berfungsi banget untuk membantu kamu membaurkan foundation di wajah. Berbeda dengan hasil mengaplikasikan foundation menggunakan jari tangan, beauty blender bisa membuat hasil baurannya terlihat lebih sempurna dan natural.

Jadi, dengan beauty blender kamu bisa mengaplikasikan make up yang flawless pada klienmu nanti. Selain itu, wajah mereka juga bisa terhindar dari bakteri yang ada di tangan.

4. Blush on untuk pipi yang merona

blush-on

Blush on adalah salah satu alat make up yang wajib kamu punya jika ingin menjadi make up artist! Pasalnya, alat make up yang dipulaskan pada bagian pipi ini bisa membuat tampilan wajahmu lebih merona dan segar.

Biasanya, warna blush on yang paling sering digunakan banyak orang adalah merah muda untuk efek tersipu (blush). Jadi kamu wajib untuk memiliki berbagai shade ini untuk jenis warna kulit yang berbeda-beda.

Selain warna merah muda, kamu juga harus punya blush on berwarna coklat atau keemasan yang biasa disebut bronzer. Dengan memakaikan bronzer pada beberapa bagian wajah orang yang kamu make up nanti, fitur-fitur wajah mereka akan lebih menonjol hingga dapat tampil dengan lebih cantik.

Nah, seperti halnya produk kosmetik lain, blush on juga tersedia dalam beragam pilihan jenis mulai dari yang bentuknya creamy, tint blush, powder, hingga gel.

5. Beragam jenis produk kecantikan untuk bibir

bibir

Zaman sekarang, kosmetik yang diaplikasikan pada bibir semakin beragam jenisnya. Mulai dari lipbalm pelembab bibir yang digunakan sebelum lipstik, hingga lipgloss memakai lisptik untuk menampilkan kesan glossy yang seksi.

Untuk pewarna bibir, kamu tentu sudah nggak asing lagi dengan lisptik. Saat ini ada lipstik pun ditawarkan dalam beragam jenis seperti matte, glossy, dan butter.

Setiap wajah yang kamu make up dan jenis make up yang kamu lakukan membutuhkan pewarna bibir yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus bersiap memiliki berbagai jenis dan shade dari pewarna bibir ini.

Jangan lupa siapkan lip tint untuk klien yang nggak suka dengan tekstur lisptik ya.

6. Eyeshadow palette aneka warna

eyeshadow

Semua orang pasti sudah nggak asing lagi dengan alat make up yang satu ini. hampir bisa dipastikan dimiliki oleh semua pecinta make up, apalagi make up artist sejati.

Alat make up yang satu ini fungsinya untuk memberi warna pada kelopak mata sehingga tampilan mata kamu bisa lebih terlihat dramatis.

Biasanya disajikan dalam bentuk palette dengan aneka warna yang menarik. Tak hanya berbentuk padat, eyeshadow kini juga tersedia dalam bentuk creamy dan powdery. Dua tekstur yang berbeda menuntut treatment yang berbeda pula.

7. Eyeliner pensil, gel dan liquid

eyeliner

Via Wikihow

Area mata tentunya merupakan area yang penting dalam make up. Tanpa mata yang cantik, tentunya make up yang kamu buat nggak akan sempurna.

Nah, supaya mata klien tampak lebih tegas dan besar, kamu bisa mengandalkan eyeliner untuk menambah aksen pada kelopak mata. Cukup bentuk eyeliner sesuai dengan tema make up yang kamu inginkan dan mata klien pun akan berubah menjadi semakin cantik!

Jangan lupa siapkan eyeliner dengan beberapa jenis tekstur seperti liquid liner, gel, pencil liner, hingga yang berbentuk seperti spidol. Dengan begitu kamu bisa siap untuk make up mata seperti apapun.


BACA JUGAΒ Flashback: Inilah 10 Tren make up Paling Hits di Sepanjang 2016!


8. Maskara dan bulu mata untuk tampilan mata dramatis

maskara

Via Instaglam.in

Wanita mana yang nggak mau punya bulu mata tebal, panjang nan lentik? Biasanya ini juga yang banyak di-request oleh para pelanggan pada make up artist-nya.

Salah satu senjata paling ampuh untuk membuat bulu mata yang tebal, panjang, dan lentik adalah dengan penggunaan maskara dan bulu mata palsu.

Cukup sapukan maskara pada bulu mata setelah semua rangkaian make up selesai dan bulu mata klien pun langsung tampak semakin lentik. Nah, jika klienmu akan pergi ke acara pesta ataupun acara resmi seperti wisuda, sebaiknya kamu pakaikan dia bulu mata palsu agar matanya tampak lebih wow.

Meski ada orang yang lebih memilih untuk memakai maskara saja, lebih baik kamu selalu menyediakan kedua-duanya ya!

9. Eyebrow kits untuk alis simetris

eyebrow-kits

Via makeup.nowblogg.com

Tahun 2016 ini bisa dibilang tahunnya orang-orang tergila-gila pada alis. Menggambar alis pun menjadi hal yang wajib bagi sebagian wanita sebelum bepergian. Alis yang goals dan on-point menjadi pembicaraan di mana-mana.

Bagi kamu yang ingin menjadi make up artist, selain harus mempunyai skill yang jago dalam membentuk alis secara rapi dan simetris. Hal ini bisa kamu capai dengan memiliki eyebrow kits agar tampilan alis terlihat lebih natural dan intensif.

10. Alat untuk contouring dan highlight untuk kesan tirus dan tegas

contouring

Via apopofcolour.com

Teknik conturing dalam make up adalah salah satu kemampuan lainnya yang harus dimiliki seorang make up artist. Teknik yang satu ini merupakan pemberian shade pada area tertentu agar tampilan wajah terlihat menonjol.

Dengan teknik ini, tampilan wajah yang bulat bisa terlihat menjadi tirus dan tegas. Biasanya, klienmu yang merupakan model membutuhkan ini banget.

Bagian wajah yang sering diberi efek contouring biasanya adalah daerah T, mata, dan pipi, agar ketika cahaya menerpa, bagian wajah yang bulat akan terbayangi.

11. Bedak untuk sentuhan akhir yang sempurna

bedak

Alat make up yang satu ini digunakan setelah penggunaan foundation di wajah. Berdasarkan jenisnya, bedak ditawarkan dalam bentuk bedak padat dan bedak tabur.

Biasanya, setiap klien memiliki preferensinya masing-masing dalam memilih bedak padat atau bedak tabur untuk mukanya. Karena itu kamu harus menyiapkan kedua-duanya ya.

Jangan lupa untuk selalu sedia sponge make up dan juga brush untuk mengaplikasikan bedak!

12. Tas make up agar peralatanmu nggak tercecer

tas-make-up

Via makeuppix

Seorang make up artist sejati biasanya membawa peralatan make up dalam jumlah yang selengkap mungkin dalam setiap kesempatan. Semuanya tertata rapi sempurna dalam koper make up-nya yang kokoh.

Untuk itu, jika ingin menjadi make up artist, kamu perlu sebuah tas khusus dengan kompartemen yang besar agar semua peralatan make up-nya tersimpan rapi. Kamu bisa DIY sendiri, membeli, atau menggunakan berbagai kotak pensil yang bersih dan terkategorisasikan.

Terakhir, kamu butuh:

13. Make up remover untuk menghapus dan membersihkan

make-up-remover

Via Today

Jangan lupa kalau apa yang dikenakan harus ditanggalkan, termasuk make up. Make up remover perlu selalu kamu miliki untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan make up, atau ketika selesai beraktivitas dan ingin membersihkan semua make up. Berabe dong kalau 12 hal di atas kamu punya, tapi nggak punya remover!

Banyak juga ya, peralatan yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang make up artist (atau beauty blogger). Selain memiliki peralatan yang cukup lengkap, jangan lupa untuk membekali diri kamu dengan skill make up yang mumpuni sebelum akhirnya terjun menjadi make up artist profesional.

Bagi kamu yang kesulitan mencari peralatan make up, nggak perlu khawatir! Blibli.com punya berbagai kebutuhan make up yang kamu butuhkan Friends. Dari tas make up sampai peralatan lainnya. Kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dari Blibli.com!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY