Rumah yang hijau dan sejuk menjadi impian banyak orang. Duduk minum kopi atau teh di bawah rindangnya pohon sambil membaca buku atau ngobrol bersama keluarga akan menjadi momen yang indah. Anda pun bisa mewujudkan hal tersebut di rumah. Menjadikan rumah yang hijau dan sejuk bukan sebuah mimpi di siang hari.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memetakan lahan. Berapa luas lahan kosong yang bisa ditamani. Bila Anda masih memiliki tanah kosong yang belum dibeton, hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri, karena Anda bisa menanam pohon buah seperti mangga, jambu, atau belimbing. Selain sebagai pohon perindang, pohon-pohon tersebut juga bisa menghasilkan buah yang bisa dinikmati.

home and living tanaman

Tak punya lahan yang cukup? Kabar baiknya, tanaman buah seperti mangga dan jambu tidak harus ditanam di tanah. Anda bisa menanamnya di dalam pot atau biasa disebut tabulampot (tanaman buah dalam pot). Menanam buah dalam pot perawatannya juga tidak sulit. Bedanya hanya jumlah buahnya tidak sebanyak pohon yang ditanam di tanah, karena ukuran pohonnya pasti lebih kecil.

Bila Anda berencana menanam pohon buah seperti jambu, mangga, atau kelengkeng, cek langsung bibitnya di sini . Ada banyak pilihan bibit tanaman buah dan Anda bisa memesannya dengan dengan melakukan Pembelian Melalui Apps. Tak perlu khawatir soal bibit tersebut, karena Kualitas Produk Terjamin.

Nah, agar makin hijau, berikut beberapa cara agar lingkungan rumah makin nyaman dengan tetumbuhan:

Tanam pohon lebih banyak

home and living buah

Salah satu tanaman buah yang umumnya cepat berbuah adalah jambu air. Sejak pertama ditanam, biasanya dalam waktu sekitar 2 tahun jambu air sudah berbuah. Salah satu jenis jambu air yang bisa menjadi peneduh di pekarangan Anda adalah jambu air mawar yang wangi seperti ini.

Tanaman lain yang bisa Anda coba di antaranya kelengkeng , mangga atau jambu biji. 

Beri ornamen tumbuhan di dalam rumah

home and living tumbuhan didalam rumah

Bukan hanya di luar rumah. Dalam rumah pun perlu sentuhan tumbuhan. Anda bisa meletakkan beberapa pot tanaman hias di dalam rumah. Bisa di meja kerja, di sudut ruang menonton televisi, bahkan di dalam kamar mandi. Tentu, agar tumbuh dengan baik, atur sirkulasi udara dan air di sekitar tanaman ya. Serta beri juga pupuk dan nutrisi tanaman secara rutin.

Ubah dinding dan sudut sempit jadi lahan produktif

home and living tanaman dinding

Saat ini banyak jenis tumbuhan yang bisa dikembangkan dengan sistem modern. Salah satunya, bisa juga mengembangkan beberapa tumbuhan sayuran di dinding atau sudut rumah yang ditanam dengan model aeroponik (dengan sistem semprot nutrisi udara) atau hidroponik (dengan sistem nutrisi dari air). Anda bisa memilih mana yang paling praktis namun tetap bisa berkembang dengan maksimal di sekitar rumah.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY