[Interview] Kenalan dengan Morotai Home Indonesia, Furnitur Rumah dengan Bahan Bambu Alami

morotai home

Buat kamu yang lagi mencari furnitur cantik dengan kualitas tinggi, coba tengok berbagai produk dekorasi rumah dari Morotai Home Indonesia, atau yang biasa disingkat Mohoi.

Ingin menawarkan sesuatu yang berbeda, Mohoi mengandalkan bambu alami sebagai material utama pembuatan produk. Dengan kehadiran unsur bambu sebagai furnitur interior, rumah akan terasa lebih hangat dan membumi.

Pingin tahu apa saja kelebihan produk Mohoi? Apa sih yang menginspirasi pemakaian bambu menjadi hasil karya yang apik?

Yuk simak hasil ngobrol Blibli Friends dengan founder sekaligus desainer Mohoi, Rosyid Akhmadi! Dijamin kamu bakal tergoda untuk menempatkan produk Mohoi di dalam rumah, guys!

PRODUK MOHOI TERSEDIA EKSKLUSIF DI BLIBLI.COM, KLIK DI SINI!

1. Awal mula mendirikan Morotai Home Indonesia

morotai home
Via – @mohoi.id

Di tahun 2011, Rosyid yang merupakan lulusan fakultas seni rupa ITB mulai terjun untuk memproduksi karpet hand-tufted rugs yang terbuat dari bahan hemp kenaf. Setelah itu, ia pun mendapatkan ide untuk mengembangkan produk kerajinan yang memiliki desain unik dan high value, namun tetap menerapkan konsep produksi ramah lingkungan.

Ia kemudian memilih berkreasi dengan bahan bambu yang merupakan material ekonomis untuk memproduksi furnitur rumah dan gaya hidup di bawah label Morotai Home Indonesia.

“Bahan bambu alami sangat mudah didapatkan di Indonesia, namun potensinya belum dimaksimalkan. Oleh karena itu, saya mencoba mengolah material alam yang satu ini dengan menciptakan desain produk perpaduan antara gaya klasik dan futuristik,” ungkap Rosyid.

Nama Morotai Home Indonesia atau Mohoi diambil karena ia menyukai keindahan pulau Morotai di Maluku Utara. Apalagi, pulau Morotai juga merupakan basis pemenangan sekutu terhadap Jepang di Perang Pasifik.

Sebisa mungkin, Rosyid ingin memasukkan sentuhan Indonesia yang otentik, mulai dari pemilihan bahan baku sampai penamaan produk-produknya.

MAU RUMAHMU TAMPIL KEREN? YUK PILIH FURNITUR BAMBU MOHOI DI SINI!

2. Kelebihan bahan bambu sebagai furnitur rumah

morotai home
Via – @mohoi.id

Kecantikan serat bambu alami dengan konsep futuristik merupakan kekuatan utama dari Morotai Home Indonesia. Mulai dari produk lampu gantung sampai coaster-nya bakal membuatmu jatuh hati karena terlihat sangat alami dan bersahaja.

Nggak hanya cantik dipandang saja, furnitur yang terbuat dari bambu juga punya banyak kelebihan dibandingkan bahan lain, lho.

Rosyid mengakui, bambu merupakan material alam yang bisa memproduksi antioksidan dan menyerap bakteri. Furnitur bambu juga lebih awet dan tahan lama dari kayu biasa yang rawan dimakan rayap dan rapuh setelah bertahun-tahun.

Menariknya lagi, warna dan model bambu yang minimalis cocok untuk mempercantik tipe rumah apapun. Tampilannya yang modern tetap gampang dirawat dan dibersihkan. Kamu cuma perlu sapu kecil, handuk basah, dan sedikit sabun untuk membersihkan dekorasi bambumu setiap minggu.

Selain itu, bambu juga sangat ramah lingkungan. Kalau kayu biasanya butuh minimal 10 tahun untuk tumbuh dari batang pohon, bambu hanya butuh waktu 3-5 tahun saja, sehingga menjadi pilihan yang oke banget buat kamu yang ingin melestarikan alam!

SAYANGI BUMI DENGAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DARI MOROTAI HOME

3. Bekerjasama dengan berbagai seniman lokal

morotai home
Via – @mohoi.id

Dalam membesarkan Morotai Home Indonesia, Rosyid tentunya nggak sendirian. Ia bekerja sama dengan berbagai seniman lokal untuk menelurkan ide-ide baru dan berkreasi untuk menghasilkan produk desain interior yang dinamis dan inovatif.

Beberapa seniman lokal Indonesia yang pernah ia ajak berkolaborasi diantaranya adalah Adi Dharma (Stereoflow), Lala Bohang, Abenk Alter, dan Roby Dwi Antono. Nama-nama besar ini udah terkenal banget karena pengalaman dan karya mereka yang kreatif di industri kesenian Indonesia.

Untuk mendapatkan inspirasi konsep desain produknya, Rosyid banyak mengandalkan pengaruh gaya Jepang dan Eropa Barat. Agar tetap authentic, ia selalu mengombinasikannya dengan tradisi kriya Indonesia dan budaya nusantara yang unik.

Hasilnya adalah produk-produk kerajinan dan dekorasi rumah yang cantik dan sophisticated!

DAPATKAN PRODUK KEREN MOHOI DI BLIBLI.COM!

4. Langganan ikut pameran dan menjuarai kompetisi internasional

morotai home
Via – @mohoi.id

Karena memiliki pendekatan yang unik dan desain produk bintang lima, Morotai Home Indonesia sudah sering mengisi panggung pameran internasional.

Rosyid mengaku ia sudah mengikuti Chiang Mai Design Week, IFFT Interstyle Tokyo, Messe Ambiente Germany, Salone del Mobile di Milan, sampai Georgetown Design Festival untuk memamerkan kecantikan produk-produk Mohoi.

Bahkan, beberapa penghargaan juga sudah dikantongi, lho, seperti INACraft Emerging Award dan World Craft Council Award.

Sebagai brand lokal Indonesia, tentunya membanggakan banget ya pencapaian Mohoi ini! Makanya, kamu juga wajib banget memiliki produk keren dari Mohoi untuk menghangatkan suasana di rumah!

 

YUK PILIH PRODUK MOHOI UNTUK MEMPERCANTIK RUMAHMU!


Siapa bilang brand Indonesia kalah dari buatan luar negeri? Buktinya, Morotai Home Indonesia berhasil menciptakan hasil karya yang unik dan inovatif dengan menggunakan material alam bambu yang ramah lingkungan.

Nggak hanya cantik untuk menghias rumah atau kafemu, tapi produk Mohoi juga bakal lebih awet dan tahan lama, lho.

Makanya, nggak usah ragu-ragu lagi! Yuk pilih produk Mohoi yang kamu inginkan supaya rumah terlihat kece!

KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT KATALOG EKSKLUSIF MOROTAI HOME DI BLIBLI.COM

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY