Friends, tahu nggak sih kalau Blibli.com punya kompetisi creativepreneur terbesar di Indonesia? Dengan total hadiah 1 milyar rupiah, berbagai creativepreneur dari seluruh Indonesia mengikuti The Big Start Indonesia. Bukan cuma hadiahnya yang menggiurkan, di The Big Start Indonesia, masing-masing creativepreneur akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan biar bisa mengembangkan bisnisnya masing-masing.

Nah, sebentar lagi The Big Start Indonesia juga bakal memasuki musim ketiganya, lho! Apa itu The Big Start Indonesia? Bagaimana mekanisme kompetisinya? Biar nggak penasaran, mending kita flashback The Big Start Indonesia Season 2 yuk! Simak di sini cerita lengkapnya!

BACA DI SINI PETUALANGAN KONTESTAN THE BIG START SEASON 2

1. Apa itu The Big Start Indonesia?

the big start

The Big Start Indonesia adalah kompetisi creativepreneur terbesar di Indonesia. Pada tahun 2017, total hadiah untuk para pemenangnya mencapai 1 milyar rupiah yang digunakan sebagai modal mengembangkan usaha.

Kompetisi ini diadakan untuk semakin mendorong dan memotivasi anak muda Indonesia agar bisa berkarya dan mengembangkan ide-ide mereka sendiri. Biar semakin mantap, para kontestan bakal selalu didampingi dan dibimbing oleh juri yang sudah berpengalaman.

Dengan begitu, mereka pun bisa belajar banyak hal dari berbagai masukan juri dan challenge yang diberikan selama masa karantina dan seleksi.

Kalau kita flashback The Big Start Season 2, ada lebih dari 20.000 peserta yang mendaftar di babak kualifikasi, lho! Dari 20.000 ini, kemudian dikerucutkan ke Top 100. Artinya hanya sekitar 0,5% persen saja yang bisa masuk!

Setelah itu, masing-masing dari mereka diminta untuk membuat video kreatif yang menceritakan jalan usaha bisnis mereka. Dari video itu, para juri memilih Top 20 creativepreneur yang akan datang ke Jakarta untuk mengikuti karantina dan pelatihan. Nah, setelah itu baru deh satu per satu kontestan tereliminasi setiap minggu, menyisakan 3 jagoan terakhir yang akan berlomba memenangkan hati juri di babak final!

BELANJA GELANG AMMOSSI, SALAH SATU FINALIS THE BIG START SEASON 2

2. Juri profesional untuk membantu setiap kontestan

the big start

Sama seperti halnya kompetisi Shark Tank, kontestan di The Big Start Indonesia Season 2 nggak hanya dibiarkan bersaing begitu saja. Sebaliknya, karena kebanyakan kontestan berasal dari UMKM yang masih berkembang, maka terdapat empat juri profesional yang sudah memiliki track record mengagumkan di bidang bisnis dan industri. Merekalah yang melatih dan membimbing para kontestan agar bisa semakin mantap dengan strategi bisnisnya.

Keempat juri tersebut adalah: Daniel Mananta (Founder DAMN! I Love Indonesia), Renitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), Stephanie Yoe (Venture Partner of Fenox VC & Business Development JAPFA Group), serta Leonard Theosabrata (Founder Indoestri, Co-founder The Goods Dept dan Brightspot Market). Wah, melihat tingginya tingkat karir dari keempat dewan juri ini, rasanya pasti mereka membagikan banyak ilmu yang berguna untuk setiap kontestan!

CEK DI SINI SALAH SATU KREASI ETNIK DARI FINALIS THE BIG START INDONESIA SEASON 2

3. Challenge setiap minggu untuk semakin mengembangkan skill bisnis

the big start

Sebagai creativepreneur, para kontestan masih fokus dalam mengembangkan produk-produknya. Mereka harus terus menerus belajar dan berlatih menajamkan skill sebagai pebisnis, terutama karena kebanyakan dari mereka tidak mempunyai latar belakang sekolah bisnis.

Oleh karena itu, di The Big Start Indonesia Season 2, Top 20 creativepreneur harus menjalani karantina yang ketat, dimana mereka harus mencoba memecahkan berbagai challenge dari para juri.

Ada banyak tantangan yang harus mereka lakukan, mulai dari latihan melihat peluang, merapikan pembukuan, sampai teknik presentasi yang bisa meyakinkan investor. Dari minggu ke minggu, jumlah kontestan berkurang satu per satu karena hanya empat grand finalis yang siap maju ke babak final!

Serunya, kamu bisa tonton sendiri flashback The Big Start Indonesia Season 2 lewat Youtube, lho! Setiap challenge dari juri didokumentasikan dengan web series, sehingga kamu bisa melihat sendiri keseruannya, sekaligus belajar bisnis sedikit demi sedikit, guys!

DAPETIN PRODUK UTTARA, JUARA THE BIG START INDONESIA SEASON 2

4. Uttara Leisure Gear keluar sebagai juara!

the big start
Via – @uttara_ind

Dari 20.000 peserta yang mendaftar, akhirnya Uttara Leisure Gear berhasil menyingkirkan para pesaingnya dan mendapatkan gelar juara pertama dalam The Big Start Indonesia Season 2. Di babak final, Uttara bersaing dengan Ammossi yang memproduksi gelang etnik, Indhe dengan produk tas khas Indonesia, dan Oyoh, snack jengkol dengan rasa-rasa yang unik seperti pedas dan barbeque.

Setelah menjalani seleksi yang ketat, karantina yang kompetitif, dan masukan dari dewan juri, ternyata Kris sebagai founder Uttara berhasil membuktikan bahwa ia siap meluncurkan bisnisnya agar semakin booming lagi!

YUK MILIKI PRODUK HAMMOCK WARNA WARNI UTTARA


Wah, setelah flashback The Big Start Indonesia Season 2, rasanya nggak sabar deh untuk segera menyambut season 3! Ini saatnya para creativepreneur di Indonesia untuk unjuk gigi dan mendapatkan bimbingan dari dewan juri yang udah jago di bidangnya. Dengan begitu, ilmu bisnis ini akan mendorong para creativepreneur Indonesia untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan ide yang lebih cemerlang lagi!

Kamu tertarik untuk ikutan? Pingin dapet pelatihan intensif dan karantina seru sama sesama creativepreneur dari seluruh Indonesia? Kabar baik, karena pendaftaran The Big Start Indonesia Season 3 sudah dibuka!

NONTON YUK KESERUAN KONTESTAN THE BIG START INDONESIA SEASON 2 DI MASA KARANTINA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY