me

Easy Run untuk Pelari Pemula, Apa Manfaatnya?

Apr 04, 2023.By Nadine
Bagikan

runtastic.com
Ini dia info lengkap easy run untuk pelari pemula yang bikin sehat!

Easy run cocok untuk pemula, karena merupakan lari dengan intensitas rendah dan durasi yang pendek hingga sedang. Sebenarnya seberapa kecepatan easy run untuk pelari pemula yang pas dan berapa pula jarak yang dianjurkan? Supaya lebih paham lari seperti apa yang masuk kategori easy run, yuk simak infonya di sini. 

Baca juga: Review On Running The Roger dan 3 Tipe Terbaiknya


Hal yang Harus diperhatikan Saat Easy Run

easy run 1
si.com

adidas Response Super 3.0 Running Shoes Sepatu Lari Pria (GW1376)

Rentang Harga: Rp 1.050.000 – Rp 1.059.000

Sudah punya sepatu lari keren seperti adidas Response Super 3.0 Running Shoes Sepatu Lari Pria [GW1376], tapi belum tahu apa yang dimaksud dengan easy run? Untuk memastikan Blibli Friends melakukan easy run yang tepat, ini dia beberapa poin yang harus kamu perhatikan:

  • Durasi

Ada yang melakukan easy run sebagai bagian dari pemanasan atau pendinginan. Kalau ini yang kamu lakukan, dibutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit. Sedangkan kalau kamu melakukan easy run sebagai latihan sendiri, biasanya dibutuhkan waktu selama 30 menit. Lari jarak jauh yang membutuhkan waktu 1 – 3 jam nggak bisa dikategorikan ke dalam easy run, meskipun kecepatannya santai. 

  • Jarak

Rata-ratanya, easy run itu seharusnya berjarak mulai dari 5 – 8 km. Jarak easy run bisa berbeda-beda, tergantung dari gol masing-masing pelari. Biasanya yang dianggap sebagai easy run adalah jarak 5 – 8 km saja. Lebih dari itu, nggak bakal dikategorikan sebagai easy run. 

  • Kecepatan

Beda dengan lari untuk latihan kecepatan atau lari untuk mengurangi berat badan, saat melakukan easy run kita nggak perlu repot mengecek berapa kecepatan kita. Sedangkan dalam lari jarak jauh dan gol lainnya, penting banget buat menjaga intensitas. 

Kamu cukup siapkan baju olahraga lari yang nyaman dan berkualitas, disarankan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Easy run dilakukan berdasarkan perasaan saja. Kita harus merasa santai saat melakukan easy run. Untuk lebih gampangnya, sambil easy run, seharusnya kita masih bisa mengobrol dengan orang lain. Kalau sudah sampai kehabisan nafas dan nggak bisa bicara, itu bukan easy run lagi.

Kita juga nggak bisa lari terlalu lambat. Untuk memudahkannya, kamu bisa pakai smartwatch. Kesalahan yang biasa dilakukan pemula adalah lari terlalu cepat. Sebenarnya kecepatan easy run bisa berbeda dari hari ke hari. Misalnya tergantung dari kegiatan kita di hari itu, kualitas tidur kita, siklus menstruasi, dan masih banyak lagi.

  •  Frekuensi Latihan

Kita bisa melakukan easy run setiap hari, sedangkan lari jarak jauh disarankan hanya sekali saja per minggu. Lari jarak jauh baik untuk progres seorang pelari yang serius, sedangkan easy run cocok untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan dan tetap bugar. 

Manfaat Easy Run

Banyak yang mengira kalau lari itu harus dalam jarak jauh dan durasi yang panjang. Padahal easy run juga banyak manfaatnya. Mau tahu apa saja keunggulan easy run? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Menjadikan Lemak Sebagai Energi

easy run 2
popsugar.com

Tubuh kita jadi lebih efisien dalam menghasilkan energi. Saat berlari dan melakukan kegiatan olah tubuh lainnya, kita akan menggunakan simpanan lemak yang tak terbatas di tubuh kita sebagai bahan bakar. jadi kita nggak menggunakan simpanan glikogen yang jumlahnya terbatas. 

Jadi selain lebih efisien, kita bisa membakar lemak juga pastinya. Bukan hanya lari jarak jauh saja yang bisa membakar lemak. Tentu easy run harus dilakukan secara berkala kalau ingin mendapatkan manfaat membakar lemak ini. Kalau baru dilakukan 1 – 2 kali saja, tentu belum kelihatan hasilnya.  

2. Membantu Pemulihan

easy run 3
runnersblueprint.com

Yang dimaksud pemulihan adalah kalau kita habis melakukan latihan berat sehari sebelumnya. Nggak baik kalau kita terus-menerus melakukan latihan yang berat setiap hari. Ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan pelari baru atau yang ingin cepat-cepat menurunkan berat badan. Tiap hari mereka lari dalam jarak jauh dan dengan kecepatan tinggi pula. 

Setelah latihan dalam intensitas tinggi, sangat disarankan keesokan harinya untuk melakukan easy run saja. Ini bakal membantu kita untuk meningkatkan aliran darah dan membantu drainase limfatik, sehingga tubuh kita jadi pulih kembali. Keesokan harinya kalau mau latihan berat lagi, boleh-boleh saja.

3. Meningkatkan Motivasi

easy run 4
on-running.com

Easy run cocok buat siapa saja yang mau berolahraga dengan intensitas ringan tapi manfaatnya terasa banget. Buat yang nggak suka olahraga yang bikin terlalu capek, easy run juga cocok banget. Selain itu, easy run juga bisa dijadikan untuk meningkatkan motivasi punya gaya hidup yang lebih sehat.

Bagi yang sebelumnya nggak pernah olahraga, kalau langsung melakukan olah tubuh berintensitas tinggi, biasanya justru jadi malas melanjutkannya karena merasa terlalu berat. Sedangkan kalau melakukan olah tubuh yang menyenangkan seperti easy run, orang jadi lebih termotivasi untuk menciptakan gaya hidup sehat.

4. Meningkatkan Volume Latihan

easy run 5
outsideonline.com

Buat pemula yang lagi berusaha untuk bisa lari jarak jauh, easy run adalah cara yang tepat untuk meningkatkan volume latihan. Dengan modifikasi lari intensitas tinggi dan easy run, kita bisa lebih meningkatkan volume lari dengan lebih terukur. 

Kunci latihan yang baik adalah optimasi. Jadi pelari harus bisa mendapat manfaat tapi nggak menambah tingkat stres. Kita bisa lari dengan jarak yang lebih jauh kalau kita mempraktikkan easy run. Jangan lupa siapkan celana lari yang nyaman dan menyerap keringat biar bisa mendukung latihanmu. 

5. Meningkatkan Intensitas Latihan

easy run 6
runnersworld.com

Kalau setiap hari kita mempraktikkan lari dengan kecepatan tinggi atau jarak jauh, bukan nggak mungkin kalau kita bakal cepat lelah dan bosan karena melakukan aktivitas yang sama setiap hari. Akibatnya, intensitas latihan kita bukannya meningkat, tapi malah menurun. Malahan banyak yang akhirnya stop latihan gara-gara ini. 

Beda kalau kita memodifikasi latihan lari berintensitas tinggi dan easy run. Kalau sekarang kita lari santai, maka besok kita bisa punya tenaga yang cukup untuk lari lebih kencang atau lebih jauh. Ini karena tubuh kita nggak terlalu capek karena dipaksa latihan keras terus. 


Baca juga: Lari Estafet: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Penyerahan

Nah, itu dia cara memastikan apakah kamu sudah melakukan easy run dengan tepat atau belum, lengkap dengan manfaat easy run untuk pelari pemula. Makin tertarik untuk mempraktikkan easy run untuk menjaga kesehatan atau menuju gol bisa lari jarak jauh? Pastikan kamu sudah punya perlengkapan lari yang berkualitas.

Dapatkan berbagai perlengkapan lari, mulai dari sepatu, kaos, celana, dan lain sebagainya di Blibli. Pilihan mereknya lengkap, varian perlengkapannya juga komplit. Beli sekarang dan nikmati promo cashback yang menguntungkan!