Momen Ramadhan adalah saat yang tepat untuk #BagiBagiKebahagiaan, terutama untuk saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Sekarang beramal semakin praktis, terutama karena ada banyak platform online dimana kamu bisa langsung menyumbangkan ke organisasi swadaya masyarakat yang terpercaya. Misalnya saja, ada Kebaikan Ramadhan Blibli.com yang bisa menampung donasi, sedekah, dan zakat Ramadhan yang sudah kamu siapkan. Blog Blibli Friends udah siapin Kalkulator Zakat juga nih buat kamu yang mau hitung berapa zakat profesi dan zakat maal kamu! Jangan lupa dicoba yaa.

 

Tapi sebenarnya, apakah kamu sudah tahu perbedaan dari donasi, sedekah, dan zakat Ramadhan? Kalau belum, hari ini Blibli Friends akan memaparkan penjelasan lengkap dari Presiden Global Zakat Foundation Aksi Cepat Tanggap Syuhelmaidi Syukur tentang serba-serbinya. Yuk langsung aja disimak!

#BAGIBAGIKEBAHAGIAAN DENGAN PROGRAM DONASI RAMADHAN DI BLIBLI.COM

1. Apa itu zakat Ramadhan?

zakat ramadhan
Via – Seruni

Menurut pengertian Islam, zakat merupakan amal ibadah sekaligus amal kebijakan (sosial) untuk membantu sesama umat Muslim yang sedang berjuang. Zakat ini wajib ditunaikan pada saat tertentu (haul) dan dalam jumlah harta (nishab) dengan kadar (tarif) yang sudah ditetapkan oleh syariat Islam.

Zakat sendiri terbagi menjadi dua, yaitu zakat profesi dan zakat maal. Zakat profesi biasa juga disebut sebagai zakat atas penghasil karena profesi tertentu seorang berdasarkan prinsip keadilan dan asas manfaat. Untuk perhitungannya, misalnya penghasilan per bulan Rp10jt (melebihi nishob), sehingga wajib zakat. Dengan tarif Zakat 2,5% maka zakat per bulan adalah Rp.250.000,-

Sementara itu, zakat maal adalah zakat atas harta (maal) seorang muslim yang sudah memenuhi haul (waktu) dan nishab (jumlah) dengan kadar (tarif) yang ditetapkan sesuai dengan jenis harta yang dimiliki seorang Muzakki. Jika pendapatan bulanan setara dengan harga 85 gram emas, maka harus membayarkan zakat sebesar 2,5% dari total penghasilan bersih. Zakat ini harus ditunaikan setiap setelah menerima penghasilan, atau digabungkan selama setahun.

Ada beberapa kategori yang boleh disebut sebagai penerima zakat, berdasarkan Al Qur’an surat At-Taubah (9): 60, yaitu:
Fakir: mereka yang hanya bisa memenuhi separuh kurang atau kurang kebutuhan hidupnya
Miskin: mereka yang hanya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya
Amil zakat: pengelola zakat
Mu’allaf: mereka yg sedang dibujuk hatinya untuk menerima kebenaran Islam
Riqob: biaya yang dikeluarkan untuk memerdekakan budak/hamba sahaya
Gharimin: mereka yang terlilit hutang dan punya kesanggupan untuk membayarnya.
Fii Sabilillah: segala bentuk perjuangan di jalan Allah, khususnya jihad fii sabilillah.
Ibnu sabil: musafir yg kehabisan bekal dalam perjalanan untuk tujuan kebaikan.

SALURKAN ZAKATMU DENGAN KEBAIKAN RAMADHAN BLIBLI.COM

2. Apa itu Infaq Ramadhan?

zakat ramadhan
Via – kalensari-widasari.desa.id

Infaq adalah sedekah yang sifatnya sukarela yang dikeluarkan untuk tujuan tertentu yang disepakati. Bentuknya bisa berupa pemberian yang disepakati atau menyerahkan sepenuhnya kepada pengelola (amil) sesuai program yang sudah disepakati. Program yang dijalankan adalah ta’awanu ‘alal birri wat taqwa (kerjasama dalam kebaikan dan taqwa).

3. Apa itu sedekah Ramadhan?

zakat ramadhan
Via – Cahayaislam

Menurut Presiden Global Zakat Foundation Syuhelmaidi Syukur, sedekah adalah pengertian umum atas semua amal kebaikan dalam Islam, baik berupa amal kebaikan dalam bentuk harta berwujud (zakat, infaq, solidaritas kemanusiaan, kafalah yatim, wakaf), maupun berupa amal kebaikan yang tak berwujud (senyum, ilmu/keahlian, kerelawanan). Sedekah mencakup pahala kebaikan yang kamu lakukan kepada sesama. Bukan hanya dalam bentuk fisik, kamu bisa menabung pahala dengan bersedekah misalnya dengan menjadi relawan di organisasi non-profit, atau sekadar mengajarkan ilmu baru untuk anak-anak kecil.


Nah, sekarang udah tahu kan beberapa perbedaan istilah seperti infaq, zakat, dan sedekah? Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih menyiapkan diri untuk #Bagibagikebahagiaan di bulan suci Ramadhan yang akan datang. Untuk membantu kamu, Blibli.com juga mengadakan Kebaikan Ramadhan dengan pilihan donasi untuk membantu orang-orang yang berkekurangan. Buruan cek sekarang untuk memudahkanmu berbagi selama bulan Ramadhan!

CEK DI SINI PILIHAN DONASI DENGAN BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY