Destinasi Wisata di Dekat Mekkah untuk Kamu Pergi Wisata Setelah Umroh

Destinasi Wisata Mekkah – Umroh seringkali dikenal sebagai “haji kecil” untuk umat Muslim melakukan kunjungan ke Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, di luar musim haji. Kata “umroh” sendiri berasal dari bahasa Arab, yang berarti mengunjungi tempat penting dalam agama Islam. Maknanya kurang lebih untuk meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW di kala menyebarkan agama Islam.

Selain itu, ada pula yang menyebut bahwa umroh dilakukan sebagai ajang untuk belajar untuk menghadapi proses haji yang sesungguhnya. Umroh bersifat sunah dan dijalankan jika memang ada rezeki dan waktu. Selama umroh, beberapa ritualnya serupa dengan yang dilakukan ketika menjalankan ibadah haji, seperti mengenakan ihram, melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah, dan berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwa.

Mekkah sebagai pusat ajaran agam Islam, tentu menjadi tujuan utama dalam menjalankan ibadah umroh, yang memakan waktu rata-rata selama seminggu penuh. Kota yang berada pada ketinggian 277 meter di atas permukaan laut itu, rata-rata dikunjungi oleh 1,23 miliar orang per tahunnya, atau 23 persen dari populasi dunia.

Meskipun sebagian besar sektor pariwisata di Mekkah masih berupa ziarah agama, ada peningkatan cukup signifikan pada kunjungan rekreasi. Mekkah menawarkan segala yang dibutuhkan oleh wisatawan, mulai dari hotel bintang lima hingga deretan restoran terbaik yang menawarkan lezatnya berbagai jenis kuliner global.

Berikut adalah daftar destinasi wisata alternatif di kota Mekkah, yang bisa dilakukan setelah melakukan ibadah umroh.

BELI PAKET UMROH DI BLIBLI, BERHADIAH SEPEDA MOTOR

1. Abraj Al Bait

Destinasi wisata Mekkah yang pertama adalah Abraj Al Bait. Bangunan ini juga dikenal sebagai Fairmont Makkah Clock Royal Tower, alias menara jam yang dikelola bersama oleh Kerajaan Arab Saudi dan jaringan hotel Fairmont. Lokasinya sangat strategis, tepat di seberang Masjidil Haram, dan berisikan hotel bintang lima, beragam restoran, apartemen, dan perkantoran.

Dikenal sebagai salah satu struktur bangunan tertinggi di dunia, Abraj Al Bait memiliki 120 lantai dan 1542 kamar hotel dan apartemen. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantap di sembilan restoran mewah yang tersebar di berbagai lantai.

Untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya, pengunjung dipermudah dengan kehadiran 56 lift berteknologi canggih, yang mampu mengangkut dalam waktu cepat. Lebih dari itu, seluruh interior bangunan ini juga telah diakui dunia sebagai perpaduan apik antara desain akomodasi modern dan tradisi keramahtamahan Arab yang hangat.

2. Jabal al-Noor

Tempat ini populer di kalangan umat Islam sebagai “Gunung Cahaya” atau “Bukit Pencerahan.” Di salah satu sudut jaringan bukit ini terdapat sebuah gua kecil yang penting dalam sejarah penyebaran Islam.

Gua Hira namanya yang dulu diyakini sebagai tempat Rasulullah SAW pertama kali mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril. Ukuran gua ini cukup kecil dan terlihat mustahil bagi orang awam untuk meringkul lama di dalamnya.

Di sinilah uniknya Gua Hira, betapa gua yang sangat kecil memiliki peranan besar dalam menjadikan Rasulullah SAW sebagai utusan Allah dalam menyempurnakan ajaran Islam di muka Bumi. Disarankan berkunjung di pagi hari ketika belum begitu padat sehingga dapat lebih khusyuk meneladani teladan Nabi Muhammad SAW.

DAPATKAN PAKET UMROH MENARIK DAN BERHADIAH DI SINI

3. Masjid e Taneem

Berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota Mekkah. Masjid ini dilengkapi dengan beragam fasilitas canggih untuk mengakomodasi kebutuhan para jamaah haji dan umroh, seperti area wudhu yang lebar, puluhan kamar mandi bersih, serta ruang ganti pakaian yang terjaga keamanannya.

Di luar musim haji, masjid yang mengadopsi arsitektur Arab modern ini menawarkan suasana tenang yang berbeda dengan berbagai masjid besar lainnya di Arab Saudi. Bahkan, masjid ini memiliki fasilitas penginapan terpisah antara pria dan wanita, yang masing-masing memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang patut diacungi jempol.

Promo Gajian Big Payday

4. Kawah Al Wahba

Kawah unik ini berlokasi di timur laut Kota Mekkah. Dikelilingi oleh gurun, kawan ini memiliki diameter hampir 1 mil (setara 1,6 kilometer) dan ketinggian tebing 850 kaki, atau sekitar 259 meter yang membentang hingga ke dasar lubang.

Saat musim hujan, dasar kawah akan terisi penuh membentuk serupa danau. Namun, ketika musim panas datang, kawah ini akan menjadi serupa ladang garam akibat penguapam oleh sinar Matahari yang terik.

Kawasan ini pernah menjadi saksi sejumlah besar aktivitas vulkanik di Semenanjung Arab. Hal itu juga jadi bukti nyata yang dapat terlihat pada dataran berpasir di sekitarnya yang sebagian besar terdiri dari abu vulkanik.

Jangan lupa menjelajah sisi kawah atas, di mana pengunjung akan menemukan deretan pohon palem yang meneduhkan. Berkemah diizinkan di sekitar kawah, tetapi pengunjung harus menyewa pemandu berlisensi jika ingin menghabiskan malam di tenda-tenda tradisional Arab.

5. Makkah Mall

Ini adalah pusat perbelanjaan yang menawarkan suasana mewah untuk kegiatan belanja, makan, dan hibuan keluarga yang semarak. Oleh penduduk setempat, Makkah Mall dianggap sebagai satu-satunya pusat gaya hidup terlengkap di Kota Mekkah. Di dalamnya juga terdapat beragam toko yang menjual aneka kebutuhan pengunjung asing.

Mall ini juga bisa menjadi alternatif tujuan bersantai setelah selesai menunaikan seluruh rangkaian ibadah umroh. Ada beberapa toko Asia Tenggara di sini yang bisa menjadi sedikit pengobat rindu terhadap suasana tanah air.

MENANGKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MEMBELI PAKET UMROH DI BLIBLI.COM

6. Makka Auction

Sesuai dengan namanya, ini adalah pusat lelang terbesar di Mekkah dan konon juga di Arab Saudi. Berlokasi di Hilton Tower Hotel, tidak jauh dari Masjidil Haram, pengunjung dapat menemukan berbagai perhiasan menakjubkan, cincin kuno, aneka benda bersejarah, dan banyak benda unik lainnya dari berbagai belahan dunia.

Semua benda-benda unik itu akan dilelang secara berkala setiap harinya dan bebas diikuti oleh berbagai kalangan. Mereka yang berani menawar harga tertinggi adalah yang berhak mendapat benda lelang. Semuanya menyertakan sertifikat resmi yang bisa menjadi nilai jual tinggi di masa depan.

7. Al Kiswa Factory

Via islamic-arts.org

Kiswa adalah sebutan bagi kain yang menutupi Ka’bah di tengah Masjidil Haram. Menariknya, wisatawan dapat mengunjungi langsung pabriknya yang berlokasi di Old Makkah Jeddah Road tidak jauh dari pusat kota. Di sini, pengunjung akan diperlihatkan rangkaian penuh pembuatan Kiswa, mulai dari mewarnai, menenun, mendesain, mencetak, menyulam, hingga sesi jahit.

Akan ada pemandu berbahasa Inggris dan beberapa bahasa dunia lainnya yang menjelaskan kepada wisatawan seluk beluk tentang Kiswa. Pabrik ini terbuka untuk umum hanya pada hari Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 pagi hingga 12 siang.

TEMUKAN BERBAGAI PAKET UMROH TERBAIK DI SINI

Nah, untuk berbagai paket umroh dengan tawaran harga dan tur menarik, kamu bisa langsung cek di Blibli.com. Dijamin amanah dan berkualitas.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY