Deretan Perkakas Mudik Pintar untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

Musim mudik sudah di depan mata. Bagi mereka yang merantau, momen ini tentu sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya karena bisa menjadi ajang kumpul bersama keluarga dan handai taulan.

Identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, mudik adalah agenda tahunan yang sangat besar. Ada jutaan orang berpindah dari kota-kota besar ke berbagai kampung halaman di seluruh penjuru negeri. Begitu pentingnya makna mudik bagi masyarakat Indonesia membuatnya menjelma menjadi tradisi nasional yang pantang dilewatkan.

Berdasarkan asal katanya, mudik merupakan serapan dari bahasa Jawa, yakni “mulih dhisik” atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “pulang dulu”. Hal ini bermakna bahwa kegiatan mudik menandakan seseorang meluangkan waktu pulang sejenak ke tempat asalnya untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan sanak famili.

Banyak cara untuk bisa mudik, baik menggunakan transportasi umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Untuk hal terakhir yang disebut, kian menjadi tren seiring dengan semakin mudahnya akses jalan darat yang tersedia, termasuk dengan kian tersambungnya seluruh jaringan Tol Trans Jawa.

Di luar Pulau Jawa pun, berbagai akses jalan nasional semakin bertambah panjang dan memberikan akses yang meluas terhadap mobilitas rakyat Indonesia.

TEMUKAN BERBAGAI BENDA KEBUTUHAN MUDIK DI SINI

Lebih dari itu, memilih berkendara dengan kendaraan pribadi juga terkadang disebabkan oleh mahalnya harga tiket transportasi umum saat musim mudik. Bisa juga ditambah dengan destinasi yang sulit diakses hanya dengan sekali jalan sehingga mau tidak mau ongkos perjalanan pun membengkak.

Sedangkan, ketika berkendara pribadi, ongkos bisa ditekan dan akses perjalanan pun bisa lebih leluasa. Tidak heran jika dari tahun ke tahun semakin banyak orang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Agar agenda mudik dengan kendaraan pribadi berjalan lancar, maka segala hal perlu disiapkan dengan seksama. Pastikan kendaraan yang hendak digunakan berada dalam kondisi prima, begitu juga dengan kesehatan tubuh, upayakan untuk menjaganya dari risiko gangguan kesehatan. Patuhi pula seluruh rambu lalu lintas guna mendukung ketertiban di jalan.

Lebih dari itu, diperlukan pula beberapa perlengkapan lain untuk mendukung kelancaran agenda mudik. Berbagai kebutuhan tersebut bisa kamu temukan lengkap di Blibli.com, pastinya dengan kualitas terbaik dan harga bersaing.

Yuk, simak beberapa rekomendasi produk perlengkapan pintar di bawah ini, yang akan membuat perjalanan mudikmu kian aman dan lancar.

ANEKA PERLENGKAPAN MUDIK PINTAR DAPAT KAMU TEMUKAN LENGKAP DI SINI

1. MultiPro Tool Kit Set Service Mesin

TEKIRO Kunci Sock 21 Pcs
TEKIRO Kunci Sock 21 Pcs

Perkakas otomotif tentu merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan pribadi. Fungsinya tentu saja untuk mengurus berbagai masalah kecil yang mungkin terjadi pada mesin atau bagian lainnya pada kendaraan.

Sayangnya, banyak orang masih kurang telaten dalam mengorganisir perkakas ini sehingga kerap kali kelimpungan mencari saat dibutuhkan. Tool kit ini tidak hanya menyajikan perkakas dengan kotaknya, namun juga menghadirkan pos-pos terstruktur yang mempermudah penyimpanan.

Ada 70 unit perkakas yang seluruhnya memiliki ruang penyimpanannya masing-masing sehingga tidak berceceran dan mudah diakses saat membutuhkannya. Adapun kotanya sendiri dirancang dengan ergonomis layaknya koper sehingga mudah dibawa dan diletakkan dalam kabin kendaraan.

CARI PERKAKAS KENDARAAN PRIBADI? SEMUA TERSEDIA LENGKAP DI BLIBLI.COM

2. Gonzie Speed Cargo Net Roof

Varia Baru Cargo Net Universal Aksesoris Interior Mobil
Varia Baru Cargo Net Universal Aksesoris Interior Mobil

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi orang Indonesia untuk membawa perlengkapan besar saat mudik, entah itu tas pakaian, oleh-oleh, dan kebutuhan lainnya. Juga karena kecenderungan masyarakat kita untuk pergi bersama keluarga, tidak heran jika bawaannya pun membludak

Seringkali, barang bawaan bejibun tersebut tidak cukup muat ditempatkan di dalam bagasi, ataupun bagian kabin belakang mobil. Akhirnya, alternatif yang dilakukan adalah dengan menaruh dan mengikatnya di atap kendaraan.

Nah, untuk mengamankan barang bawaan kamu, sekaligus merapikannya, diperlukan simpul tali yang kuat. Cargo net roof adalah solusinya, berupa jaring pengaman yang dirancang dengan sifat fleksibel dari bahan baku yang mampu menahan bagasi dengan kuat dan efisien di atas kabin mobil.

ANEKA BENDA KEBUTUHAN MUDIK BISA KAMU TEMUKA LENGKAP DI SINI

3. Collapsible Trash Can Tempat Sampah Mobil

Shinpo Tempat Sampah Mobil Kotak
Shinpo Tempat Sampah Mobil Kotak

Kendala umum yang kerap dikeluhkan saat mudik dengan kendaraan pribadi adalah tidak adanya tempat sampah yang memadai di dalam kabin. Jika pun terpaksa harus menyimpannya dulu, kadang kala muncul rasa jijik dan risih terhadapnya.

Membuangnya langsung di jalan bukanlah solusi, melainkan memicu masalah baru berupa pengotoran lingkungan. Untuk itu, sangat penting untuk menyediakan kotak sampah di dalam kabin kendaraan.

Tidak seperti kotak sampah pada umumnya, produk ini didesain fleksibel sehingga massanya bisa disesuaikan dengan berbagai kapasitas ruang kabin. Risleting sebagai penutupnya mencegah sampah berceceran dalam kendaraan yang berjalan.

Material kanvas dan berkarakter kuat dan lentur memudahkan untuk disimpan, yakni dengan hanya melipatnya mengikuti pola yang tersedia. Selain itu, kotak sampah ini juga bisa dicuci dan mudah kering.

BERBAGAI ALAT KEBERSIHAN UNTUK KENDARAAN TERSEDIA LENGKAP DI SINI

4. AERO BED Kasur Mobil

AERO BED Kasur or Matras Mobil
AERO BED Kasur or Matras Mobil


Sejatinya maksimal waktu berkendara yang disarankan adalah 4-5 jam, lebih dari itu kita butuh istirahat agar bisa tetap fokus dan fit. Daripada ngantuk di jalan dan membahayakan diri sendiri, gak ada salahnya untuk istirahat sebentar. Salah satu cara yang paling efektif adalah tidur.

Blibli Friends bisa manfaatin AERO BED kasur mobil untuk beristirahat sejenak di dalam mobil. Selain mudah untuk dibawa, kasur mobil ini juga nyaman untuk digunakan, apalagi untuk kita yang ingin istirahat 15-30 menit.

KELENGKAPAN PRIMA UNTUK KENDARAAN PRIBADI KAMU TERSEDIA LENGKAP DI SINI

5. IndoMedical Set Kotak P3K Mobil

null

Kotak P3K ini dirancang dengan dimensi yang pas untuk diletakkan di dashborad mobil atau di sela-sela kursi depan. Di dalamnya berisi berbagai produk standar untuk perawatan dini ketika mengalami luka atau gangguan kesehatan ringan.

Bentuknya yang ergonomis juga membuat kotak P3K ini cocok dipakai sebagai logistik bantuan dini dalam berbagai kegiatan luar ruang (outdoor). Set produk ini juga cocok ditempatkan sebagai kotak perlindungan pertama di rumah.

KELENGKAPAN PERTOLONGAN DARURAT DALAM BERKENDARA TERSEDIA LENGKAP DI BLIBLI.COM

6. Seiwa F 124 Car Charger Charger Mobil

null

Di era serbadigital seperti sekarang, ketergantungan terhadap berbagai perangkat mobile sulit dihindari. Oleh karena itu, kebutuhan akan gadget yang selalu aktif adalah hal krusial, termasuk ketika mudik.

Lantas, bagaimana jika gadget kita kehabisan daya baterai di tengah perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi? Bagaimana pula jika lupa membawa power bank sebagai “penyelamat darurat”? Solusinya adalah dengan menggunakancar charger.

Seiwa menghadirkan car charger yang terbuat dari bahan berkualitas dan didesain untuk penggunaan yang efisien dan praktis. Alat ini menggunakan input DC 12V/24C dan output DC 5.1~5.6V/550~700 mA sehingga cocok untuk pengisian daya baterai ponsel, tablet, dan game konsol.

Dilengkapi dengan indikator LED yang membantu penggunaan listrik secara efisien. Tersedia pula kabel USB sepanjang 60 sentimeter beserta hook untuk merapikan saat disimpan.

PERKAKAS ELEKTRONIK UNTUK KEBUTUHAN PERJALANAN BISA KAMU TEMUKAM DI SINI

7. Adira Insurance Paket Mudik Mobil

null
Photo by turtlemint.com

Harga beli kendaraan bermotor tidaklah murah, jadi sudah pasti pemiliknya akan sangat menjaganya agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Musibah pun bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Meski sudah menjaganya sedemikian rupa, risiko pencurian, kerusakan, dan berbagai kemungkinan buruk lainnya selalu ada.

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kendaraan pribadi adalah dengan mengunakan asuransi khusus. Setiap pencurian, kerusakan yang dipicu musibah, dan berbagai keluhan yang tidak disengaja akan mendapat ganti rugi yang bersaing.

Lebih dari itu, Adira Insurance juga menambahkan tentang jaminan kecelakaan diri ketika menggunakan kendaraan pribadi. Tentu ini akan menjadi proteksi maksimum yang tepat untuk menjadikan momen perjalanan mudik kamu terasa semakin nyaman.

KELENGKAPAN KEAMANAN BERKENDARA PRIBADI DAPAT KAMU TEMUKAN LENGKAP DI SINI

Terlepas dari seluruh rekomendasi produk inovatif di atas, tetap perlu diperhatikan tentang tiga standar utama dalam keamanan berkendara, yaitu:

– Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jauh-jauh hari sebelum mudik, pastikan kendaraan yang akan kamu kemudikan telah diservis dengan seharusnya. Perhatikan kondisi mesin, cek segala kekurangan yang mungkin tampak. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas rem, tekanan angin pada ban, serta kondisi udara di kabin sehingga perjalanan mudik nanti akan berjalan dengan aman dan nyaman.

– Jaga kesehatan tubuh, jangan sampai tumbang. Aktivitas menyetir membutuhkan konstentrasi yang tinggi sehingga kondisi tubuh yang fit adalah hal mutlak. Terlebih lagi dengan kondisi jalur mudik yang biasanya padat, berisiko membuat tubuh merasa lebih lelah dibandingkan ketika berkendara di hari-hari biasa. Pastikan minum air putih yang cukup agar terus terhidrasi dengan baik selama melakukan perjalanan darat yang panjang.

– Beristirahat sejenak saat mengantuk. Ini adalah hal yang penting diperhatikan saat berkendara, terutama di malam hari. Kantuk seringkali menjadi penyebab kecelakaan karena hilang fokus membuat aktivitas menyetir menjadi terkendala dan mata pun menjadi kurang awas dalam memperhatikan situasi sekitar. Istirahat sejenak, sekitar satu jam, dapat melemaskan otot yang kaku, sekaligus mengembalikan semangat yang kendor. Istirahat cukup juga mampu menjaga daya fokus sehingga berkendara tetap aman dan sigap.

TEMUKAN BERBABAGI KELENGKAPAN MUDIK YANG FUNGSIONAL DI SINI

Jangan lupa untuk selalu cek berbagai kelengkapan mudik seru lainnya hanya di Blibli.com. Ada banyak aksesori kendaraan yang mempermudah kegiatan perjalananmu dengan kendaraan pribadi. Harga dan kualitas barang yang ditawarkan pun dijamin bersaing.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY