me

Daftar Top Skor di Piala Dunia Sepanjang Masa, Ada Siapa Aja?

Nov 23, 2022.By
Bagikan

sportsamaze.com

Digelar sekali 4 tahun, turnamen Piala Dunia selalu dinantikan oleh setiap negara karena mereka akan berlomba-lomba mengirimkan tim terbaiknya untuk membawa pulang trofi kemenangan. Nggak hanya itu, di akhir turnamen bergengsi ini juga memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak.

Jika kamu penggila bola pasti penasaran siapa saja nama pemain yang masuk ke dalam top skor Piala Dunia. Jadi, siapa saja sih daftar top skor Piala Dunia teratas? Apakah idolamu masuk ke dalam salah satu listnya? Langsung simak infonya ini, yuk!

Baca juga: Jadwal Perebutan Piala di Pesta Bola Dunia


Kurang beberapa hari lagi, perhelatan World Cup 2022 kembali diadakan di Qatar dengan total 32 negara yang bersaing menyuguhkan performa apiknya. Meski Brazil dinobatkan sebagai penampil terbaik di ajang Piala Dunia, tapi nyatanya daftar top skor terbanyak dipegang oleh negara lain. Nah, kamu pasti penasaran dengan tops skor piala dunia tahun. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Helmut Rahn

fussballmuseum.de

Siapa sih yang nggak kenal dengan Helmut Rahn? Jika kamu penikmat perhelatan piala sepak bola pasti sudah nggak asing dengan pemain yang satu ini. Nah, tahu nggak kalau daftar pencetak gol terbanyak di pesta bola dunia yang pertama diraih oleh striker asal Jerman ini. Helmut menjadi pemain yang bisa dibilang cukup aktif bermain di laga perebutan piala FIFA mulai tahun 1954 sampai dengan 1958.

Julukannya pada saat itu adalah Der Boss karena Helmut berhasil mencetak gol kemenangan untuk Jerman di final World Cup 1954. Dalam 10 pertandingan untuk Jerman Barat, ia berhasil mencetak 10 gol. Ini artinya, rata-rata Helmut selalu mencetak 1 gol di setiap pertandingan. Cukup banyak, bukan?

Gabriel Batistuta

voi.id

Kemudian daftar top skor Piala Dunia selanjutnya ada pemain bola terkenal dari Argentina yakni Gabriel Batistuta. Pemain yang Akrab disapa dengan panggilan Gabigoal membuat sejarahnya dengan mencetak 10 gol dari 12 pertandingan di Piala Dunia. Sehingga, kalau dirata-ratakan, setiap pertandingan mencetak 0.83 gol.

Dimana, keempat gol pertama diperoleh saat Piala Dunia 1994, 5 gol pada Piala Dunia 1998, serta 1 gol pada Piala Dunia 2002. Bisa dibilang, Gabriel adalah salah satu striker terhebat dalam sejarah Argentina yang patut untuk dipertimbangkan.

Gari Lineker

goal.com

Daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam World Cup berikutnya, ada nama Gary Lineker yang pastinya sudah nggak asing lagi di telingamu. Gary Lineker sendiri merupakan mantan bintang club ternama Barcelona. Pemain bola asal Inggris ini sekarang lebih disibukkan dengan menjadi presenter sepak bola di stasiun televisi.

Gary dikenal sebagai satu-satunya perwakilan Inggris yang berhasil menyabet gelar ini di Piala Dunia. Pemain yang melakukan debut sejak tahun 1984 ini berhasil mencetak 10 gol untuk Three Lions hanya dalam 2 turnamen saja dengan 12 pertandingan. Ia memenangkan sepatu emas World Cup di tahun 1986-an.

Thomas Muller

skysport.com

Thomas Muller adalah pesepak bola ternama asal Jerman yang berhasil mencetak gol terbanyak di perebutan piala bola. Ikut bertanding dalam pertandingan tahun 2010 dan 2014, Muller berhasil mengemas 10 gol dari 13 laga yang dimainkannya, hingga membawanya keluar sebagai top skor.

Muller hanya terpaut 6 gol saja dari pencetak gol paling banyak sepanjang masa. Namun, prestasi yang diperoleh Muller ini tetap harus diacungi jempol karena ketika hendak bertanding di pesta bola dunia, dia masih baru gabung dengan timnas Jerman sekitar 3 bulanan. Pemain ini membuktikan bahwa kerja dan latihan keras akan membawa kemenangan pada sebuah laga.

Teofilo Cubillas

transfermarkt.com

Siapa sih top skor bola dunia selanjutnya? Dari negara Peru, kamu akan menemukan nama Teofilo Cubillas sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di sepanjang gelaran ajang ini. Pemain yang dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik Peru ini berhasil mencetak 6 gol di piala bola dunia 1970 di Meksiko, hingga akhirnya mengantarkan negaranya lolos ke perempatan final.

Delapan tahun kemudian, tepatnya di pesta bola dunia 1978 Argentina, ia kembali berhasil mencetak 4 gol. Jadi, jika di total Teofilo berhasil mencetak 10 gol dengan rata-rata gol terbaik di setiap pertandingan sebesar 0.77 gol.

Sandor Kocsis

transfermarkt.com

Pernah mendengar nama Sandor Kocsis? Pasti pernah dong, apalagi pemain ini bisa dibilang cukup terkenal. Sandor Kocsis adalah pemain bola asal Hungaria yang bernaung di bawah klub Ferencvaros TC, Budapest Honved, Barcelona, serta Hungarian sebagai striker.

Kocsis tampil terdepan pada ajang pesta bola dunia FIFA 1954 dengan memainkan lima pertandingan, tapi berhasil mencetak 11 gol. Cukup mengejutkan! Tapi memang inilah kelebihannya yang bisa dengan mudah membobol gawang lawan.

Jadi, kalau dirata-ratakan, ia mendapat 2 gol lebih dalam sekali game pertandingan, serta mencetak tiga sampai empat kali dalam dua pertandingan berbeda tahunnya. Hingga sekarang, Kocsis tetap menjadi generasi emas Hungaria yang mengalahkan berbagai tim sepak bola dari mancanegara.

Jurgen Klinsmann

eurosport.com

Nah, kalau nama yang berikutnya ini juga masih sama-sama mencetak 11 gol di ajang tersebut, yaitu Jurgne Klinsmann. Hanya saja, perbedaan dari keduanya yakni Jurgen dan Sandor punya masa bersinar yang berbeda. Mengawali karier sebagai pemain sepak bola profesional sejak tahun 1990-an, mungkin beberapa dari kalian pernah mendengarkan nama ini bukan?

Jurgen dikenal punya bakat yang hebat dalam hal melakukan serangan kepada lawannya. Sehingga, nggak heran kalau ia berhasil mencetak 11 gol dalam 17 pertandingan di pesta bola dunia 1990, 1994, dan 1998. Kemudian, di tahun 2006, ia beralih profesi menjadi pelatih timnas Jerman yang hendak bertanding di perebutan piala 2006.

Pele

starsandstripesfc.com

Daftar pemain bola dengan gol terbanyak di pesta olahraga bola di dunia berikutnya adalah Pele yang telah dianggap sebagai pemain terhebat di sepanjang masa. Tokoh pemain bola asal Brasil ini mampu mencetak 12 gol pada 4 edisi perhelatan bola tersebut. Hal inilah yang membuat Pele dikenal dunia, meskipun ia nggak pernah meraih penghargaan Sepatu Emas.

Sebab, ia memiliki rekor sebagai pemain paling muda yang berhasil mencetak gol di pertandingan tersebut. Saat pertandingan final antara Brasil melawan Wales di tahun 1958, Pele mampu memasukkan bola ke gawang lawan pada usia 17 tahun 249 hari.

Di samping itu, Pele juga menorehkan prestasi sebagai salah satu pencetak gol tertinggi dunia sepanjang masa dengan total 767 Gol dalam 831 pertandingan. Sementara Cristiano Ronaldo, walaupun ia dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak di dunia, sayangnya ia nggak masuk dalam daftar top skor karena masih minim gol.

Just Fontaine

transfermarkt.com

Daftar top skor selanjutnya dari timnas Prancis bernama Just Fontaine memang sangat luar biasa. Pesepak bola profesional yang terkenal gigih, pantang menyerah, dan super produktif ini mampu mencetak 13 gol hanya dalam 6 pertandingan di tahun 1958, Swedia.

Fontaine juga pernah mencetak 30 gol dalam 21 laga dengan club Les Blues. Sangat disayangkan, ia hanya bisa ikut bermain sekali saja di pesta olahraga bola di dunia karena pada tahun 1962 Fontaine mengalami cedera parah yang mengharuskannya pensiun dini. Padahal, saat itu usianya masih 28 tahun dan berpeluang menorehkan prestasi pencetak gol lebih banyak lagi.

Gerd Muller

uefa.com

Satu lagi pemain asal Jerman Barat yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di pesta bola dunia
adalah Gerhard Mulller atau akrab disapa Gerd Muller. Ia merupakan pemain bola keturunan Jerman yang cukup diingat penggemarnya di seluruh dunia dengan aksi-aksi tendangannya dari jarak daerah
six yard box.

Pemain bola legendaris ini mampu mencetak 14 gol dalam jumlah 13 pertandingan saja, yakni di pesta bola dunia 1970 dan 1974. Muller yang membangkitkan kejayaan Jerman pada pesta bola dunia selama dua periode berturut-turut ini patut diapresiasikan peranannya. Ia telah berpulang pada tahun 2021 yang lalu.

Ronaldo Luiz Nazario

transfermarkt.com

Selanjutnya pemain yang juga masuk ke dalam daftar tops skor pesta olahraga bola di dunia adalah Ronaldo Luiz Nazario. Ronaldo Luiz Nazario adalah pesepak bola asal Brasil dengan kepala plontos dan berkulit kecoklatan. Pemain dengan julukan The Phenomenon ini punya kelihaian sangat tinggi dalam merobek jala lawan untuk menghasilkan gol pertandingan.

Bahkan, ia dikenal secara global sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa dari timnas Brasil. Ronaldo mengawali karier di perhelatan piala sepak bola tahun 1994 dengan mencetak 4 gol. Selanjutnya, ia juga mengikuti perhelatan bola seduania di tahun 1998, 2002, dan 2006. Jadi, totalnya Ronaldo telah mencetak 15 gol dalam 19 pertandingan yang diikutinya bersama timnas Brasil. Luar biasa sekali, bukan?

Miroslav Klose

transfermarkt.com

Terakhir, daftar top skor Piala Dunia yang berada di posisi tertinggi adalah bomber asal Jerman bernama Miroslav Klose. Sebelum mengikuti ajang Piala Dunia, ia sudah dikenal sering bermain sebagai striker di club besar, mulai dari Bayern Munich, Lazio, dan lainnya.

Apa saja sih sebenarnya prestasi yang sudah ditorehkan oleh seorang Miroslav? Kamu harus tahu kalau Miroslav berhasil mencetak gol di gelaran Piala Dunia sebanyak 16 kali atau lebih banyak 1 gol daripada Ronaldo. Keren sekali, ‘kan?

Gol ini didapatkan selama mengikuti 24 pertandingan, yakni pada edisi  2002, 2006, 2010, serta 2014. Saat ini, Miroslav masih aktif di dunia sepak bola, hanya saja sebagai staf pelatih timnas negaranya, Jerman.


Baca juga: Yuk, Kenali Sederet Daftar Negara Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa!

Itu dia daftar top skor Piala Dunia di sepanjang masa yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Nah, kalau mau streaming yang nyaman, sebenarnya gampang sih. Kamu langsung saja pergi ke akun Blibli, lalu checkout voucher Video.com. Kenapa sih belinya harus ke Blibli?

Seperti yang diketahui, Blibli adalah toko online terlengkap yang sudah dijamin aman dan terpercaya. Selain prosesnya yang cepat, harga yang ditawarkan Blibli juga sangat ramah bujet dan pasti ada banyak promo.

Menariknya lagi, ada banyak voucher yang ditawarkan oleh Blibli sehingga membuat pembelianmu bisa lebih hemat. Mau belanja atau beli apa-apa dengan mudah dan cepat? Blibli solusinya. Yuk, beli voucher Vidio di Blibli sekarang juga dan nikmati permainan bola tim kesayanganmu. Selamat mencoba

Tag: