Selamat Hari Batik Friends! Senang sekali ternyata salah satu Bliblionners ialah runner up Puteri Batik 2014.  Gadis cantik ini bernama Fransiska Oki Riang, tapi akrab disapa Oki. Jelang Hari Batik, Tim BBF seneng banget dapet kesempatan bincang-bincang sama Oki soal batik yang ia cintai!

WhatsApp Image 2016-10-01 at 01.50.09
Ini dia Oki Riang, Bliblioneers yang jadi Putri Batik 2014

Oki membuka obrolan mengenai pemahamannya mengenai batik. Menurutnya, batik bukanlah sebuah produk, melainkan sebuah proses. Proses ini melibatkan ketekunan dan kerja keras yang harus diapresiasi orang Indonesia.

“Menurutku batik ialah sebuah proses, bukan produk ya, proses yang sebenarnya harus diketahui semua orang” tegasnya saat berbincang dengan Tim BBF.

Katanya, batik merupakan identitas Indonesia. Makanya ia ingin agar identitas terus terjaga dan jangan sampai hilang. Salah satu cara untuk memaknai hal ini adalah memahami alasan mengapa batik harus terus dilestarikan. Katanya, ada sebuah kisah dan sejarah batik yang menjadikan batik begitu bermakna. Sejarahnya panjang lho, dari jaman kerajaan dahulu!

“Kenapa batik perlu dilestarikan? Karena di setiap goresannya terdapat, cita, cinta, dan cerita. Ada harapan yang ditujukan untuk orang yang akan dia kasih batik seperti cerita legenda sang ratu yang membuat batik untuk sang raja agar cintanya bersemi kembali” Ucap Oki.

Asal Usul Batik: Romantis Banget!

motif-batik-Solo-truntum-mangkoro
Motif Batik Truntum Solo

Oki  menceritakan salah satu asal usul batik yang dikenal dengan nama Batik Truntum. Alkisah, dahulu kala ada seorang ratu yang tidak memiliki anak. Sedihnya, sang ratu tersebut kemudian ditinggalkan oleh sang raja. Saat ditinggalkan, sang ratu kemudian membuatkan sebuah batik untuk sang raja dengan motif bunga dan segitiga kecil.

Sambil membatik ia terus berdoa kepada Tuhan agar sang raja kembali kepadanya. Akhirnya,setelah batik itu selesai, sang ratu pun memberikannya kepada sang raja. Setelah melihat batik itu raja pun jatuh cinta kembali kepada sang ratu. Kisah itulah yang membuat Batik Truntum bermakna sebagai cinta yang tumbuh kembali.

Terus Pakai Batik untuk Terus Menginspirasi

Oki berpesan kepada  kaum muda agar terus memakai batik untuk menginspirasi kaum muda lainnya. Generasi muda juga harus bisa membedakan ragam batik agar bisa memaknai dukungan yang dilakukan.

“Generasi muda harus bisa membedakan batik asli dengan yang bukan asli. Nah, pakai batik sesering mungkin! Karena dengan memakai batik kita membantu mensejahterakan bangsa kita sendiri,” katanya.

Oki memiliki cara agar generasi muda ingin melestarikan batik, salah satunya. Memberikan edukasi dan mengampanyekan batik kepada kaum muda. Katanya, kreasi batik sekarang beraneka ragam, tinggal pintar-pintarnya kamu mengkreasikannya, pokoknya batik itu ajaib deh!

Nah, ternyata itu makna batik bagi Oki Riang, kalau makna batik menurutmu gimana Friends? Mungkin, kamu harus perbanyak koleksi batikmu lewat Blibli.com! Manfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti cicilan 0%, kualitasnya yang terjamin, juga pengiriman gratis ke seluruh Indonesia.

Text by: Bayunafiani Hasanah


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY