me

Cara Setting Fan Laptop Asus, Cek Dulu Yuks!

Dec 04, 2022.By Jarvis
Bagikan

reddit.com

Blibli Friends pengguna laptop Asus namun mengalami kendala dalam hal pengaturan kipas di dalamnya? Tentunya hal ini bakalan berpengaruh banget dalam kinerja dari laptop yang kamu gunakan. Nah, gimana sih cara setting fan laptop Asus? Biar nggak salah langkah kamu bisa cek penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Laptop Murah Spek Tinggi Ini Wajib Kamu Beli


Cara Mengatur Kecepatan Kipas Asus

Sebutan lain dari kecepatan kipas Asus adalah Speedfan dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk memonitori kecepatan dari kipas yang ada di dalam Asus. Bagusnya fitur ini mampu menunjukkan beberapa hal yang dibutuhkan seperti bagian inti sampai dengan suhu atau temperatur yang ada pada hardisk.

Fungsi utama yang dimiliki oleh Speedfan ini adalah untuk mengelola prosesor, chipset sampai dengan GPU di dalamnya. Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecepatannya bisa dilihat sebagai berikut:

Jika di Asus milikmu belum terpasang fitur ini maka kamu bisa mengunduh terlebih dahulu dalam bentuk aplikasi. Install semua kebutuhannya sampai benar-benar bisa diakses dengan baik.

Di bagian peti hint kamu nggak perlu memahami semua isi dari kotak yang muncul. Kamu bisa langsung klik bagian “close” yang ada di paling bawah.

  • Berikutnya kamu bisa klik bagian menu “Exotics” yang ada di pilihan bagian atas.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam menu tersebut kamu perlu memilih “Show the Magic”.
  • Di sinilah kamu bakalan diberikan laman yang menunjukkan seberapa cepat kipas yang diputar dalam Asus milikmu.
  • Atur frekuensi dan kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Namun jika ternyata hasilnya sudah normal kamu nggak perlu mengatur apapun di dalamnya.

Gunakan Bantuan HWinfo

laptopmedia.com

Kurang puas dengan bantuan aplikasi sebelumnya? Kamu bisa menggunakan bantuan dari HWinfo. Untuk aplikasi ini fitur yang bakalan kamu dapatkan adalah monitoring terkait motherboard, CPU, hard disk dan komponen penting lain yang ada di dalamnya. Berbeda dengan sebelumnya, untuk aplikasi ini langkah-langkah yang bisa dilakukan cara setting kipas laptop di bios!

  • Lakukan pengunduhan terlebih dahulu terkait aplikasi HWinfo yang bakalan kamu gunakan tersebut. Setelah berhasil lakukan instalasi sampai aplikasinya benar-benar bisa diakses dengan baik.
  • Berikutnya kamu bakalan mendapatkan jendela yang muncul untuk menampilkan peti HWinfo. Kamu nggak perlu memahami apapun yang muncul karena kamu bisa langsung klik bagian “Run” untuk melanjutkan.
  • Tunggu sampai semua prosesnya berjalan dan analisis perangkat yang dilakukan sudah berjalan sampai selesai. Cara ini membutuhkan beberapa waktu tergantung koneksi dan kondisi dari laptop Asus milikmu.
  • Jika sudah selesai kamu bisa langsung pilih menu “monitoring”. Jika kamu kesulitan menemukannya pada tempatnya ada di bagian “Penapisan Status” jika sudah ketemu kamu bisa langsung klik menu tersebut.
  • Berikutnya kamu bakalan dibawa ke laman analisis yang menunjukkan seberapa cepat dan panas suhu yang dimiliki oleh Asus. Di sini kamu bisa langsung melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa untuk memperhatikan nilai yang masuk akal dari kipas Asus milikmu. Namun jika ternyata analisisnya sudah bagus kamu nggak perlu melakukan perubahan yang banyak atau bahkan membiarkannya begitu saja.


Baca juga: 5 Laptop Mantep dengan Potongan Harga Terkacau di Blibli

Blibli Friends tertarik untuk mencari laptop Asus terbaru? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung mendapatkannya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan produk laptop terbaik dengan harga terjangkau hanya untukmu. Cek semua promo dan gratis ongkirnya sekarang juga!