Menggunakan router wireless di rumah memang nyaman, apalagi jika banyak perangkat yang membutuhkan koneksi Internet tanpa kabel. Namun jaringan Wi-Fi tersebut juga rentan ditumpangi pengguna lain. Dalam kasus yang ekstrem, peretas atau hacker juga dapat mengakses data perangkat yang sedang terhubung ke jaringan tersebut.

Untuk itu, kamu perlu memastikan keamanan router wireless yang ada di rumah. Kamu hanya perlu menggunakan perangkat yang memiliki peramban alias browser, antara laptop, tablet atau smartphone.

1. Masuk ke admin panel routerwebbrowser-1

Untuk melakukan pengecekan tahap awal, kamu harus masuk ke admin panel router.

Yang umum dilakukan adalah ketik 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 di bar alamat peramban. Jika ini tidak berhasil, untuk melakukan pengecekan alamat IP admin panel router secara manual bisa dengan cara klik tombol start di pojok kiri bawah layar, di kolom search kemudian ketik CMD lalu ketik ipconfig.

Setelah itu, akan muncul tampilan informasi koneksi jaringan. Di baris terakhir β€œDefault Gateway” adalah alamat IP dari admin panel router. Kemudian, ketik alamat IP tersebut di bar alamat peramban untuk akses ke admin panel router.

2. Periksa MAC Address

Setelah masuk ke admin panel router, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke WiFi router.

Setiap perangkat yang terhubung ke WiFi, informasi MAC Address perangkat tersebut pasti akan muncul di admin panel router. Tampilan admin panel setiap brand router dipastikan akan berbeda-beda. Tapi, pada umumnya urutan informasi MAC Address ini bisa terlihat di bagian Wireless Configuration, Wireless Status, atau di DHCP client.

dhcp-client-list-1

Di sinilah kamu bisa melihat perangkat apa saja yang terhubung ke WiFi dan melakukan identifikasi. Anda bisa hitung jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi router. Seperti misalnya, total hanya ada 4 perangkat yang terhubung ke WiFi tapi di tampilan tersebut tercatat ada 5 perangkat, artinya ada kemungkinan penyusup yang mencuri koneksi jaringan internet Anda.


BACA JUGA Andromax M3Z dan M3Y, MiFi Berkapasitas Baterai Besar


3. Kendalikan akses ke jaringan

Untuk menghentikan aksi pencurian WiFi ini, Anda wajib memperketat akses wireless router. Skenarionya pun bisa berbeda-beda.

Jika wireless router belum dipasang password, segeralah pasang password di wireless router Anda. Dan, jika wireless router sudah di password namun masih menggunakan password bawaan pabrik, Anda pun sangat kami sarankan wajib untuk mengubah password tersebut.

Caranya, di admin panel wireless router ini masuklah ke bagian pengaturan keamanan. Pada umumnya mengubah atau menambahkan password bisa juga ditemukan di bagian PSK atau Pre Shared Key.

wireless-security-1

Mengubah password di wireless router secara otomatis akan langsung memutuskan hubungan semua perangkat yang terhubung ke wireless router. Jadi, perangkat Anda di rumah harus dihubungkan kembali ke wireless router dengan password baru agar bisa kembali terhubung ke internet.

wifi-name-1

Agar lebih aman, cara penggantian password ini cukup kami sarankan bisa dilakukan secara periodik. Anda pun boleh melakukan penggantian nama hotspot router wireless yang umumnya bisa diakses melalui menu di bagian Service Set Identifier (SSID).

asus-rt-ac88u-ac-3100-1

Selain bisa mengantisipasi pencurian WiFi, tips yang kami berikan ini juga bisa menghindari Anda dari beragam tindak kejahatan cyber lain yang memanfaatkan koneksi jaringan internet Anda seperti misalnya pencurian data, penyebaran virus atau bahkan melakukan tindakan ilegal lain. Selamat mencoba!

Sebelum mencoba,kamu harus memiliki wireless dulu ya Friends, atau bagi kamu yang mau ganti wireless lama kamu dengan yang baru bisa cek disini. Blibli.com memberikan kamu cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia yang wajib kamu manfaatkan.

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY