me

Apa Itu Ice Maker? Kenali Cara Menggunakan dan Rekomendasi Alatnya untuk Takjil Buka Puasa

Apr 20, 2024.By Jarvis
Bagikan

nytimes.com
Cek disini cara menggunakan ice maker untuk takjil buka puasa dengan mudah!

Nggak terasa, bulan puasa Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Blibli Friends pastinya sudah hafal kalau menu untuk takjil buka puasa selalu identik dengan minuman segar dan dingin, seperti es sop buah, es cincau, es kopyor, dan lain sebagainya. Menu takjil tersebut termasuk yang paling mudah dibuat untuk berbuka puasa dan nggak membutuhkan banyak waktu saat pembuatannya.

Mengingat saat menjelang berbuka puasa banyak yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan rumah, Blibli Friends bisa menghemat waktu dengan mesin pembuat es atau biasa disebut ice maker. Nyatanya, mesin ice maker ini memiliki berbagai macam tipe dan nggak cuma bisa digunakan untuk cafe, restoran, atau tempat makan, melainkan juga cocok untuk di rumah kamu.

Baca juga:


Apa itu Ice Maker dan Fungsinya

Sebelum berbicara mengenai ice maker lebih jauh, Blibli Friends perlu mengenali apa itu ice maker dan fungsinya. Ice maker adalah mesin pembuat es batu dan khusus diciptakan cuma untuk memproduksi es. Awalnya, kehadiran ice maker ini ada di restoran cepat saji yang ada di Amerika Serikat. Hingga akhirnya kebutuhan es batu sangat penting, maka banyak yang mengingat mesin ini.

Ice maker mulai dibutuhkan orang-orang dan kehadirannya sangat penting untuk mempermudah para pekerja dalam memproduksi es batu dan untuk membuat minuman dingin kepada pelanggan. Menariknya, cara kerja ice maker sendiri bisa secara otomatis dan sudah tercetak dengan sempurna. Mengingat fungsinya yang sangat membantu, ice maker diciptakan dengan beberapa tipe, nih.

Diantaranya ada mesin Snow Ice Maker, Ice Cube Machine, Flake Ice Maker, dan Tube Ice Machine. Pastinya, hasil es batu dari pembuatan ice maker ini juga lebih tahan lama dan nggak mudah cair dibandingkan es batu yang kamu secara manual.

Langkah Menggunakan Ice Maker

Sesudah mengenali apa itu ice maker dan fungsinya, pastinya Blibli Friends bingung bagaimana bisa mesin secara otomatis memproduksi es batu yang sudah tercetak. Hal itu disebabkan dengan adanya proses air yang mengalir ke evaporator. Sementara itu, mesin ice maker ini bisa digunakan dengan mudah dan anti ribet di rumah, kok.

Penasaran bagaimana cara menggunakan ice maker? Yuk, cek langsung langkah-langkahnya disini:

  1. Pastikan sebelum menggunakan ice maker, Blibli Friends sudah harus mencuci ice bucket atau water tank atau tempat penampungan es batu yang sudah jadi. Cara membersihkannya cukup mencuci water dengan sabun pencuci piring, lalu bilas dengan air hangat atau air bersih yang mengalir.
  2. Bilas dan jangan lupa buang airnya dengan membuka tutup pembuangan yang ada di bagian belakang ice maker.  
  3. Pastikan juga kamu sudah mengeringkannya dan jangan letakkan ice maker dekat dengan dinding. Usahakan beri jarak sekitar 15 cm.
  4. Berikutnya langkah untuk menggunakan ice maker ini bisa langsung membuka bagian penutupnya, lalu keluarkan ice bucketnya. 
  5. Masukkan air matang atau air masak sampai batas maksimal yang sudah ditentukan, untuk batasnya Blibli Friends bisa melihat di bagian dalam mesin ice maker. Biasanya, ice maker dapat menampung air maksimal 2 liter dan minimal 1 liter.
  6. Saat air sudah dituang, kembalikan dan pasang ice bucket ketempat semula, lalu tutup mesin ice maker.
  7. Tekan tombol Power yang tersedia di ice maker dan pilih ukuran es batu yang kamu inginkan.
  8. Tunggu selama 6 menit, maka nantinya es batu keluar sebanyak 9 butir, jika sudah kamu bisa mengambil es batu dengan menggunakan sekop mini yang tersedia.
  9. Biasanya, kalau air didalam ice maker sudah habis, bakal muncul warna atau tanda di bagian ‘Add Water’, lalu ada juga tanda ‘Ice Full’ yang mengartikan kalau ice bucket sudah penuh.

Contoh Menu Minuman atau Takjil Buka Puasa

Nah, setelah mengetahui cara menggunakan ice maker, Blibli Friends bisa langsung mempraktekannya dan membuat minuman untuk persiapan takjil buka puasa nanti. Langsung aja cek menu minuman untuk takjil buka puasa, yaitu es timun serut selasih.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • 3 sendok teh selasih
  • 1 buah kelapa muda
  • 3 buah timun
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan, mulai dari merendam selasih di dalam air hangat secukupnya, keruk daging kelapa muda yang sudah dibelah, dan serut atau parut timun yang sudah dikupas serta dicuci bersih. Sisihkan ketiga bahan tersebut di tempat terpisah.
  2. Siapkan wadah berukuran besar, masukkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi, yaitu parutan timun, daging kelapa muda, dan 2 sendok makan biji selasih.
  3. Tuang sirup rasa melon secukupnya ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 liter air.
  4. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi minuman.
  5. Terakhir, siapkan gelas dan ambil es batu secukupnya, lalu tuang air timun serut selasih yang sudah siap ke dalam gelas bersama es batu. Es Timun Serut Selasih sudah siap diminum untuk menu takjil buka puasa.

Rekomendasi Ice Maker Terbaik

Dari penjelasan sebelumnya, bisa disimpulkan kalau kehadiran ice maker ini sangat membantu siapa aja dan menghemat waktu dalam mempersiapkan minuman dingin. Bagi Blibli Friends yang tertarik untuk memiliki mesin ice maker ini, kamu bisa cek langsung rekomendasi ice maker terbaik disini. Simak keunggulan dan spesifikasinya disini!

Notale Ice Maker NTL-ICE82

Blibli Friends yang ingin menggunakan ice maker untuk pertama kalinya, bisa menggunakan merek Notale ini. Ice maker NTL-ICE82 ini bisa memproduksi es batu secara otomatis dan menghasilkan es tanpa harus menunggu lama. Mengingat penggunaannya cukup mudah dan bentuknya yang nggak besar, Notale Ice Maker NTL-ICE82 ini mampu menghasilkan es batu lebih 9 butir selama 6-8 menit.

Menariknya, es batu yang dihasilkan juga lebih higienis dan bentuknya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan, baik kecil maupun besar. Selain itu, Notale Ice Maker ini dilengkapi touch panel yang responsif dan nggak perlu ditekan secara berkali-kali untuk menggunakannya. Tempat penampungan air yang disediakan juga banyak, yakni maksimal 2 liter.

Keunggulannya, Notale Ice Maker ini nggak menghasilkan suara bising yang mengganggu telinga saat pengoperasiannya, sehingga nyaman digunakan untuk di rumah, loh.


Baca juga: 10 Produk Diskon Elektronik Ramadhan!

Nah, itulah informasi mengenai ice maker dan cara menggunakannya dengan benar. Gimana, tertarik untuk memiliki mesin ice maker ini di rumah kamu? Pastinya kehadiran alat ini sangat membantu kamu dalam menyiapkan menu takjil maupun untuk berjualan, nih.

Dapatkan ice maker andalan kamu selama ada berbagai Promo Gasabar Ramadhan! yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, nih. Tentunya selama promo berlangsung, kebutuhan untuk bulan puasa Ramadhan jadi lebih mudah dipersiapkan hanya di Blibli sekarang juga!

Promo Gasabar Ramadhan