me

Cara Mengetahui PK AC, Jangan Sampai Salah Ya!

Jul 11, 2023.By Jarvis
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Cuaca panas banget ya Blibli Friends? Kamu pasti sudah kepikiran untuk beli AC supaya rumah terasa lebih adem dan sejuk. Eits, sebelum itu kamu harus tau dulu soal PK AC. PK atau Paard Kracht adalah satuan daya kuda. Pada AC sendiri, PK merujuk pada besaran tenaga yang dimiliki AC untuk mendinginkan ruangan. Nah besaran PK AC ini harus disesuaikan dengan tempat kamu pakai AC ini.
Baca Juga :

Cara Lengkap Mengetahui PK AC

 Cara Lengkap Mengetahui PK AC
coughranelectrical.com.au
Mengetahui PK AC secara keseluruhan menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan karena bisa membantu kamu memastikan bahwa AC tersebut bekerja dengan baik saat mendinginkan ruangan dan juga memantau serta menjaga konsumsi daya agar tetap stabil dan nggak membengkak di setiap bulannya. Biasanya, cara paling mudah untuk mengetahui PK AC adalah menggunakan sistem rating tick.  Jika semakin tinggi rating Energy Efficiency Rationya, maka semakin besar efisiensi AC. Jadi, pastikan sebelum membeli AC, tentukan luas ruanganmu terlebih dahulu. Pasalnya, jika ruanganmu terlalu luas, tetapi AC kamu memiliki PK yang rendah, maka unit tersebut akan kesulitan mendinginkan ruangan, sedangkan jika ruangan terlalu sempit, tetapi PK AC-nya terlalu tinggi, justru kamu yang akan kedinginan.

Apa itu PK dalam Penggunaan AC?

Apa itu PK dalam Penggunaan AC
sustainableman.org
Bagi yang sering berada di ruangan ber-AC mungkin sudah nggak asing lagi dengan yang namanya PK AC. PK AC artinya satuan daya pendingin pada kompresor AC yang mengacu pada besarnya daya yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan suhu ruangan agar lebih sejuk. Maka, untuk memaksimalkan efisiensi AC, sesuaikan besarnya PK AC dengan kebutuhan ruangan agar konsumsi dayanya nggak berlebihan. Secara umum, terdapat lima ukuran PK AC yang biasa dijadikan acuan perhitungan, di antaranya yaitu AC 1/2 PK, AC 3/4 PK, AC 1 PK, AC 1 1/2 PK, dan AC 2 PK. Satuan tersebut bisa digunakan untuk menghitung perkiraan penggunaan AC dalam jangka waktu satu jam untuk membuat ruangan benar-benar dingin.

Cara Mengetahui PK AC

Cara Mengetahui PK AC
a-1comfortcare.com
Bagaimana mengetahui kapasitas PK AC? Biasanya, satuan besarnya PK AC akan dicantumkan pada kemasan produk, kamu bisa mengecek di bagian deskripsi produk. Namun, jika AC milikmu sudah terpasang, coba saja lihat pada bagian samping bodi AC-nya karena di sana terdapat sebuah stiker yang bertuliskan kode angka PK AC.

Contoh Menghitung Kebutuhan PK AC

Contoh Menghitung Kebutuhan PK AC
penguinx.org
Nah, untuk memudahkan Blibli Friends dalam memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan ruanganmu, maka coba simak dulu contoh cara menghitung PK AC yang benar sebagai berikut. Tentukan ukuran ruangan dengan rumus: panjang (P) x lebar (L) x 537 BTU/h. Misal, ruang tamu berukuran 4 x 4 m2 bisa dihitung dengan 4 x 4 x 537 BTU/h = 8.592 BTU/h. Hasil BTU/h tersebut cocok dengan AC 1 PK dengan besaran 9.000 Btu/h.

Rekomendasi AC Terbaik dari Blibli

LG H05TN4 AC 1/2 PK NEW HERCULES

LG H05TN4 AC 1/2 PK NEW HERCULES
blibli.com
Rekomendasi pertama, yaitu LG H05TN4 AC 1/2 PK NEW HERCULES. AC berukuran 0.5 atau  1/2 PK dari merek LG ini dijual seharga Rp2.475.375. Peralatan Elektronik ini merupakan tipe AC tipe Refrigerant R32  yang energinya lebih ramah lingkungan. Salah satu fitur terbaiknya adalah Turbo Cooling yang bisa memberikan kesejukan jauh lebih cepat dan membuat ruangan nggak mudah lembab. Seri AC LG H05tN4 ini juga punya fitur Auto Swing yang berfungsi untuk memastikan kalau kesejukan dari AC tersebut sudah menjangkau ke segala arah sampai sudut ruangan. Beruntungnya lagi, konsumsi daya AC LG ini juga cukup rendah yakni 370 watt saja dengan kapasitas PK sebesar 5.000 Btu/h.

Daikin FTC20NV14 AC Split [3/4 PK]

Daikin FTC20NV14 AC Split [3/4 PK]
blibli.com
Rekomendasi kedua adalah Daikin FTC20NV14 AC Split [3/4 PK]. AC Split ukuran 3/4 PK atau 0.75 dari merek Daiki ini dilengkapi filter penyaring debu yang membantu membersihkan ruangan dari kotoran dan bakteri yang menyebabkan udara jadi lembab. Dengan begitu, udara di ruanganmu jauh lebih sejuk dan bersih. Seri AC Inverter Daikin yang satu ini, dibekali dengan kapasitas pendinginan sebesar 7.000 BTU/h dengan daya sebesar 550 Watt. Selain itu, tingkat kebisingannya cukup rendah karena hanya mencapai 38/25 dB(A) untuk ruangan bagian dalam, sedangkan di luar ruangan hanya 50 dB(A) saja. AC ini sangat cocok untuk dimiliki karena lebih ramah lingkungan.

Daikin FTC25NV14 Standard AC Split [1 PK/ Unit Only]

Daikin FTC25NV14 Standard AC Split [1 PK/ Unit Only]
blibli.com
Rekomendasi berikutnya masih dalam merek yang sama, yaitu Daikin FTC25NV14 Standard AC Split [1 PK/ Unit Only]. AC Split ini bisa kamu beli seharga Rp4,3 jutaan yang sudah dilapisi dengan Freon R32 untuk meminimalisir dampak negatif dari globalisasi yang mencemari bumi. Cara kerjanya adalah dengan menghembuskan angin yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, konsumsi dayanya hanya 700 Watt, jadi kamu nggak terlalu banyak membayar tagihan listriknya. Kapasitas pendinginannya sebesar 9050 Btu/h, yang lebih cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki luas 18 meter persegi.

Panasonic CS/CU-YN12WKJ AC Split [1.5 PK]

Panasonic CS/CU-YN12WKJ AC Split [1.5 PK]
blibli.com
Di urutan keempat, terdapat rekomendasi dari merek Panasonic dengan seri Panasonic CS/CU-YN12WKJ AC Split [1.5 PK] yang produknya akan segera hadir di Blibli. Jadi, untuk harga penjualannya masih belum bisa dipastikan. Sementara untuk spesifikasinya sendiri, AC Split ini cukup menggiurkan karena sudah menggunakan mode Powerfull yang mampu menyalakan kipas dan kompresor dengan kecepatan sangat tinggi. Dengan begitu, udara bisa menjangkau ke seluruh bagian sudut ruangan saat pertama kali AC dihidupkan hanya dengan sekali menekan satu tombolnya. Sementara itu, untuk tingkat kebisingan indoor hanya mencapai (H / L / Q-Lo) 40/29.

AC Gree 2 PK R32 GWC18MOO5

AC Gree 2 PK R32 GWC18MOO5
blibli.com
Terakhir, ada AC Gree 2 PK R32 GWC18MOO5 yang memiliki ukuran 2 PK dan ditawarkan seharga Rp6,4 jutaan. AC ini sudah dilengkapi teknologi Inverter G-1Hz untuk menjaga suhu ruangan tetap stabil, baik itu saat cuaca sedang panas atau dingin. Menariknya lagi, jika semakin lama AC ini digunakan, maka konsumsi daya listriknya semakin hemat. Efisiensi Energi EER pendinginan yang dimiliki AC dari merek Gree ini juga 15.51 BTU/hW dengan daya pakai 690 Watt. Kelebihan lainnya adalah juga sudah dilengkapi energi fast-cooling dengan kemampuan menghidupkan 1 unit outdoor dengan 2 unit indoor menggunakan 1 remote.
Baca Juga: Spesifikasi AC Daikin 2 PK Malaysia, Ruangan Makin Sejuk! Dengan informasi soal PK AC di atas, kamu jadi tau ‘kan mau beli produk AC yang mana dan besaran PK berapa? Nah kalau sudah menentukan pilihanmu, kamu bisa mengunjungi Blibli sekarang. Soalnya di Blibli ada banyak banget pilihan produk AC dari berbagai brand dan dengan berbagai besaran PK. Dijamin kamu akan menemukan produk AC yang kamu butuhkan dan kamu inginkan. Yuk ke Blibli sekarang! Jangan lupa Cek Promo 12th Anniversary Blibli untuk mendapatkan berbagai promo menarik!