me

Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Quran 

Jul 11, 2022.By
Bagikan

whatisquran.com

Anak yang bisa menghafal Al Quran tentu menjadi dambaan setiap orang tau. Namun Blibli Friends tentunya tahu untuk bisa hafal harus didukung dengan kebiasan baik dan peran orang tua di dalamnya. Orang tau harus bisa memilih beberapa cara mengajarkan anak menghafal Al Quran yang tepat biar anak lebih termotivasi untuk melakukannya. 

Baca Juga: Merk Vitamin untuk Anak Usia 12 Tahun ke Atas

____________________________________________________________________________________
 

5 Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Quran 

Bingung harus mulai dari mana untuk mengajarkan anak bisa menghafal Al Quran? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa cara praktis di bawah ini: 

1. Mulailah Dengan Surat Pendek 

(FAJARMADINA) Al-Quran Tulis For Junior (Kids) Cordoba Uk. B5 (17x25cm)

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak menghafal Al Quran nggak perlu langsung dengan bacaan surat yang panjang. Kamu bisa memulainya dengan membaca dan menghafalkan surat pendek dalam Al Quran. Cara ini lebih efektif untuk menanamkan kebiasan bagi anak dalam menghafalkan Al Quran. 

Pilih surat yang paling mudah dan pendek untuk memulai menanamkan kebiasaan ini, jangan lupa untuk memilih waktu yang tepat dalam melakukannya bersama anak-anak. Biasanya banyak orang melakukan hal ini setelah sholat ataupun sebelum tidur saat mereka sudah rileks dan kamu juga memiliki waktu lebih banyak bersama mereka. 

Cara ini cukup baik dibandingkan dengan menyanyikan mereka sebuah lagu sebelum tidur, kamu bisa memulainya dengan membacakan surat pendek. Dengan mendengar maka mereka bisa lebih mudah memahami pelafalan dan mempertajam ingatan mereka terhadap surat pendek tersebut. Sesekali mintalah mereka untuk yang membacakan surat pendeknya. 

Mulai dengan surat pendek yang sama untuk seminggu pertama sebagai pengenalan. Kemudian setelah hafal lanjutkan dengan surat pendek lainnya. Namun jangan lupa sesekali mengecek hafalan mereka terhadap surat yang sudah dihafalkan di minggu sebelumnya. Jika lupa mereka boleh mengecek Al Quran anak sebagai bahan pembanding hafalannya. 

2. Berikan Ujian

Universal Al-Quran Mainan Edukasi Anak

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak menghafal Al Quran adalah memberikan mereka ujian rutin setiap minggunya atau semacam setoran surat pendek yang mereka hafalkan. Berikan mereka sebuah hadiah ketika berhasil menghafalkan surat sesuai jumlah yang kamu minta pada mereka. 

Memang awalnya terkesan seperti menghafal hanya untuk mendapatkan hadiah namun tak masalah karena cara ini bisa memberikan motivasi untuk anak agar terus menambah hafalan mereka. Sehingga nantinya mereka memiliki lebih banyak hafalan surat untuk sholatnya dan bisa lanjut untuk merambah ke bacaan surat yang lebih panjang. 

Kamu bisa memberikan hadiah yang lebih bermanfaat seperti halnya Al Quran anak, alat sholat maupun baju mengaji yang baru untuk mereka lebih aktif dan semangat dalam menambah hafalannya. Ujian yang diberikan bisa dilakukan setelah sholat, kamu bisa menggunakan panduan bacaan surat pendek untuk membenarkan bacaan anak yang sekiranya kurang benar. 

Jika anak melakukan kesalahan atau kurang bisa memenuhi jumlah surat pendek yang dihafalkan kamu bisa memberikan hukuman. Hukuman yang diberikan bisa yang bermanfaat seperti meminta mereka membaca lebih banyak bacaan surat Al Quran atau mengulangi bacaannya sebanyak yang diperlukan. 

3. Memutarkan Audio Tilawah 

Cordoba Al Hafiz Al-Quran Hafalan for Kids interaktif Mainan Edukasi - Yellow

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak dalam menghafal Al Quran adalah dengan memutarkan audio tilawah. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu memutarkan audio tilawah yang enak didengar. Kamu bisa mencari audio dengan suara anak-anak untuk membuat mereka lebih termotivasi ketika melakukannya. 

Banyak juga mencari audio tilawah dengan ilustrasi atau gambar menarik di Youtube untuk membuat mereka lebih bersemangat dalam melakukan hafalannya. Cara ini juga bisa digunakan untukmu yang sekiranya nggak sempat menemani mereka untuk membaca surat sebelum tidur. Sesekali bisa digantikan dengan audio ini sekaligus untuk mengetahui benar nggaknya bacaan. 

Cara ini juga membuat mereka lebih familiar dengan bacaan Al Quran sehingga untuk menghafalkan bacaannya menjadi lebih mudah. Metode membaca dan mendengar ini memang sangat tepat untuk memberikan pembelajaran lebih baik pada anak. Mereka juga nggak mudah bosan karena bisa mendampingi bacaan Al Quran anak yang biasa dilakukan. 

Kamu bisa memutarkan surat Al Quran dengan bacaan yang sama beberapa hari secara berturut-turut. Namun jika sudah hafal jangan lupa untuk berpindah memberikan surat yang baru untuk mengenalkan mereka. Sesekali berikan kembali putaran surat yang sudah dihafal biar mereka nggak mudah lupa. 

4. Gunakan Metode Flash Card 

Kedengarannya memang seru karena kamu perlu menyiapkan beberapa kartu yang bisa dibuat sendiri atau membelinya karena saat ini sudah banyak juga yang menyediakannya. Metode ini cocok banget untuk mengetes kemampuan dan pengetahuan mereka terhadap penggalan surat Al Quran dengan mencari pasangan dari surat rumpangnya. 

Metode ini biasanya digunakan juga untuk mengetes hafalan anak sebagai ujian mereka yang lebih menyenangkan. Tulis atau print dengan ukuran yang besar dari surat Al Quran yang sudah dihafalkan oleh anak. Kemudian potong beberapa bagian untuk diisi anak menggunakan kartu nantinya. Cara ini sekaligus menjadi proses pendekatan dengan anak dan belajar yang unik. 

Mereka akan membaca bacaan surat yang rumpang tersebut kemudian memilih kartu yang tepat untuk melengkapi ayat yang rumpang tersebut. Kamu bebas untuk memilih bagian mana yang akan dipenggal biar anak yang menjawabnya. Jangan lupa untuk memberikan mereka apresiasi terhadap apapun yang dikerjakan baik benar maupun salah nantinya. 

Cara ini cocok banget ketika dirasa metode hafalan biasa terlalu membosankan untuk anak. Kamu bisa membuat mereka semakin terlatih juga dengan pengecohnya menggunakan ayat yang rumpang. Biasanya meskipun sudah hafal mereka bisa saja lupa dengan tulisan arabnya. Jadi sekaligus sebagai pengingat bacaan yang benar. 

5. Biasakan Membaca 

Al Quran Junior Premium King Salman Free Juzamma Ukuran A5 Terjermah perkata Kids Latin Al-Quran Al-Qur'an tajwid Quran Anak

Bagaimana bisa membuat anak bisa menghafal Al Quran kalau mereka saja nggak pernah dibiasakan untuk membaca Al Quran. Untuk memotivasi mereka kamu bisa memberikannya Al Quran anak dengan gambar dan warna yang menarik. Sehingga mereka lebih bersemangat untuk membacanya setiap hari. 

Berikan waktu sekitar 10 menitan untuk mereka membaca Al Quran selepas sholat tentunya juga harus ditemani olehmu. Membiarkan mereka membaca sendiri tentu saja bukanlah pilihan yang tepat. Dengan mendampinginya kamu bisa lebih mudah untuk membenarkan mana yang salah dan tentu saja membuat mereka termotivasi karena orang tuanya juga ikutan. 

Jadilah contoh yang baik sebelum menyuruh anak sesuai dengan kemauanmu. Anak akan sering melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya sehingga mereka tahu bahwa hal tersebut memang baik untuk dilakukan. Cara ini lebih baik dibandingkan hanya marah-marah tanpa memberikan contoh karena anak enggan melakukannya. 

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

____________________________________________________________________________________

Sudah menemukan cara yang tepat untuk mengajari anak menghafal Al Quran? Dukung dengan memberikannya Al Quran anak dengan gambar dan warna yang lebih menarik. Untuk melihat produk tersebut kamu cukup membuka Blibli saja. Ada banyak pilihan produk dengan harga terjangkau di dalamnya. Belanja di Blibli juga banyak untung karena potongan harga dan cashback setiap harinya.  

 

Tag: