Merawat kesehatan si kecil harus dimulai dari tempat makan dan minumnya. Jika moms mau mereka sehat, moms harus memberikan waktu ekstra setiap kali membersihkan peralatan makan mereka. Mengapa?

Karena peralatan si kecil yang nggak dicuci dengan tepat, akan meninggalkan sisa noda dan makanan yang rentan menjadi sarang bakteri. Akibatnya ketika moms menggunakan peralatan itu lagi, kuman lebih mudah masuk ke tubuh..

Kali ini Blog Blibli Friends akan membagi bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan peralatan makan si kecil, moms. Yuk, ditelusuri!

1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih

tangan-bersih

Via – rd

Mulailah dengan membersihkan tangan moms sendiri sebelum mulai mencuci peralatan makan si kecil. Cucilah tangan moms dengan sabun yang lembut namun memiliki kandungan antiseptik.

Sehingga, perpindahan kuman dan virus dari tangan moms ke peralatan makan si kecil bisa dicegah. Setelah selesai, lap dengan handuk kering, ya!

2. Lepas semua komponen sebelum dicuci

lepas-semua-komponen

Via – Tesco Baby Club

Langkah selanjutnya adalah melepaskan semua komponen alat makan si kecil untuk memudahkan moms mencucinya. Misalnya untuk botol susu si kecil, moms harus membuka tutupnya, melepaskan karetnya.

Dengan demikian, moms bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit untuk dibersihkan secara mudah. Jangan cuma mengocok air sabun ya!

3. Pilih sabun berbahan aman

sabun-aman

Via – rd

Perlu moms perhatikan bahwa sabun cuci yang moms pilih juga harus bersifat khusus. Carilah sabun pembersihkan yang memang dikhususkan untuk mencuci alat makan bayi.

Biasanya, kandungan dalam sabun tipe ini lebih lembut dibanding sabun cuci piring biasa. Seperti memiliki kandungan moisturizer, anti bakteri, dan tanpa bau wewangian yang menyengat.

4. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol bayi

sikat-khusus

Via – New Kids Center

Jika dibandingkan dengan peralatan makan lainnya, botol susu si kecil memiliki cara sendiri untuk dibersihkan.

Moms sebaiknya langsung membersihkan alat yang satu ini begitu selesai digunakan. Jadi jangan menumpuknya dengan alat makan kotor lain di dapur.

Gunakan sikat botol khusus untuk membersihkan bagian dalam botol susu tersebut. Kemudian gosok mulai dari bagian bibir botol tempat bayi menghisap minuman, hingga ke bagian dalamnya.

5. Bilas dengan air mengalir

bilas-dengan-air-mengalir

Via – livestrong

Jangan pernah sekali-kali membilas peralatan makan dan minum si kecil dengan air yang sudah moms tampung, ya!, Sebaliknya, moms harus menggunakan air mengalir langsung dari keran saat membilasnya.

Gunanya tentu saja untuk menghindari perpindahan bakteri dari peralatan makan lain. Penggunaan air mengalir saat membilas juga membuat pencucian lebih bersih dan higienis.

6. Rendam dalam air panas

rendam-dengan-air-panas

Via – BabyGearLab

Air panas dapat mematikan kuman-kuman dan virus yang masih tersisa setelah proses pencucian. Maka dari itu, untuk mensterilkan botol susu atau peralatan makan si kecil lainnya, moms harus merendam semuanya dalam air panas.

Cukup selama setidaknya 5 menit saja, untuk menghindari perubahan bentuk botol dan peralatan makanan lainnya.

7. Mau yang praktis? Pakai strerilizer saja!

sterilizer

Pilihannya yang satu ini bisa jadi alternatif jika moms merasa 6 poin di atas belum cukup. Agar kebersihan sempurna terjamin, moms bisa menggunakan sterilizerΒ untuk mensterilkan botol atau perlengkapan si kecil.

Sterilizer yang baik dilengkapi dengan teknologi PTC Heater dan double blower, sehingga alat makan di kecil menjadi lebih cepat kering serta memiliki panas yang merata.

UV sterilizer ini juga didukung dengan teknologi bluetooth yang dapat dihubungkan pada gadget sehingga moms dapat memonitor waktu pengoperasian mesin dengan mudah.

Selain itu, bentuknya yang menyerupai kulkas mini memiliki pintu dengan daya kedap, sehingga peralatan yang tersimpan di dalamnya dapat tetap steril hingga saat digunakan.

Ternyata membersihkan peralatan makan si kecil perlu dilakukan secara khusus dan nggak boleh disepelekan ya, moms! Buat moms yang mencari solusi paling aman dan mudah untuk kebersihan alat makan si kecil, moms bisa menemukan sterilizer Haenim di Blibli.com dengan harga terjangkau! Tunggu apa lagi? Yuk, cegah si kecil dari sakit mulai dari peralatan makannya dari sekarang!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY