Apakah kamu mulai malas membalas setiap pesan dari teman-temanmu di ponsel? Mulai jenuh memandang layar monitor kantor Senin-Jumat? Ingin menyendiri? Jangan stres. Wajar kalau seorang pria memerlukan waktu berkualitas untuk dirinya sendiri.

Nyatanya, quality time bersama diri sendiri justru membantu kamu menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari dan membuatmu jadi pribadi yang lebih menyenangkan.

Ketika kamu kembali ke pergaulan bersama teman-teman, kamu dapat tampil lebih energik dan bisa menceritakan pengalaman quality time-mu. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan ketika sedang menghabiskan waktu untuk menyendiri?

1. Tersesat di tempat baru

tersesatVia AMA Travel

Seperti yang dilansir melalui Kompas, Dr Margaret J King, direktur Center for Cultural Studies & Analysis, mengatakan bahwa traveling memiliki banyak manfaat. Traveling bisa membantu kamu menemukan dirimu sendiri dan menghilangkan pikiran negatif.

Banyak perubahan psikologis yang terjadi saat seseorang berpindah dari rumah atau kantornya ke “tempat ketiga” yang belum pernah dikunjungi. Dengan mengekplorasi tempat-tempat baru sendirian, kamu mampu melepas stress dan beban pikiran yang menganggu.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang selama ini belum bisa kamu kunjungi bila bersama teman-temanmu. Karena kali ini hanya ada kamu, maka semua tempat dan aktivitas yang ingin dilakukan adalah keputusanmu.

2. Bereksperimen di dapurbereksperimen-di-dapur

Via NEXTLEVELUP

Apa kamu tipe cowok yang kurang akrab dengan dapur? Nggak kenal dengan panci, kompor, dan teman-temannya? Kamu bica mencoba bereksperimen dengan bumbu dan bahan di dapur.

Mempelajari hal baru memang nggak akan selalu mudah, namun akan selalu mendatangkan pengalaman baru bagimu. Apalagi, hasilnya bisa kamu nikmati sendiri.

Kalau kamu sukses (dan masakanmu tidak gosong) artinya kamu sudah mendapatkan satu keahlian baru. Selain itu, dengan berkonsentrasi ketika memasak, kamu dapat melupakan kejenuhan rutinitas di dunia.

3. Menantang nyali

menantang-nyaliVia Tinggly

Terkadang emosi terpendam adalah hal utama yang membuat kita ingin menyendiri. Namun, emosi yang dipendam itu nggak akan hilang begitu saja jika kita hanya berdiam di rumah tanpa meluapkannya.

Ketika kamu memiliki waktu untuk diri sendiri, lakukanlah kegiatan-kegiatan ekstrim yang menantang adrenalin-mu. Kamu bisa mencoba bungee jumping atau ke taman hiburan dan mencoba wahana yang membutuhkan nyali tinggi.

Temukan kembali jiwa petualang dan pemberanimu. Sadarlah bahwa dunia itu lebih dari sekedar karir dan cinta. Di luar dari itu, ada kamu. Kamu yang siap menantang dunia.


BACA JUGA 5 Pantai Bukti Indonesia Negara Paling Mempesona!


4. Kencan dengan bukubukuBuku adalah jendela ilmu. Buku juga membantu kamu membuka imajinasi kreatifmu.

Nggak ada salahnya kamu meluangkan satu hari untuk berkencan dengan buku-buku yang menarik perhatianmu.

Jika perpustakaan bukan tempat yang nyaman untukmu, kamu bisa membawa buku-buku tersebut ke kedai kopi atau taman yang mungkin lebih nyaman.

Dengan membaca buku, kamu bisa melupakan permasalahan dan terjun ke dalam dunia imajinatif di dalam buku tersebut. Selain itu, kamu juga mendapatkan beberapa ilmu baru dan bisa mempelajari sudut pandang si penulis. Hebat bukan?

5. Movie marathon

movie-marathonVia TheCalmZone

Ketika bersama teman-teman dan berada di tengah kesibukan kantor, kita kerap kali melewatkan berbagai film yang sedang populer. Gunakan kesempatan menyendiri ini dengan melakukan movie marathon.

Jika film yang kamu incar sudah tidak ditayangkan lagi di layar lebar, kamu masih bisa menyaksikannya di TV rumah. Tata ruang tamu atau kamarmu menjadi bioskop kecil. Misalnya, dengan memasang home theater, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sama seru dengan menonton langsung d bioskop loh!

6. Seniman dadakan

seniman-dadakanVia Lilavert

Sudah bukan rahasia jika seni bisa menjadi media bagi seseorang untuk mengekspresikan dirinya. Jika kamu merasa tidak berbakat dalam seni, tidak perlu khawatir. Banyak alat-alat dan perlengkapan seni sederhana yang bisa membantu kamu membuat karya seni pribadi.

Kamu bisa bermain warna, garis, bentuk, atau apapun untuk mengekspresikan pikiranmu. Jangan pikirkan hasil akhirnya, karena karya seni ini hanya untuk dinikmati dirimu sendiri.

Ketika kamu menggunakan waktu menyendiri dengan maksimal, banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, mulai dari hilangnya stress dan juga menemukan hobi-hobi baru.

Faktanya, kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan berbagai aktivitas terlepas dari 6 aktivitas di atas.

Banyak perlengkapan untuk berbagai hobi yang bisa kamu temukan di Blibli.com. Semuanya bisa membantu kamu menemukan dan memulai suatu kegemaran baru. Setelah kamu usai menyendiri, pastikan kamu menjadi pribadi yang lebih bahagia ya!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY