me

Anti Ribet, Ini Cara Connect Apple Watch ke Android

Feb 08, 2023.By
Bagikan

androidauthority.com

Smartwatch sukses menarik minat para penggila gadget. Jika di awal kemunculannya dulu jam tangan pintar mengandalkan sistem operasi Android aja, sekarang kamu juga bisa menemukan saingannya yaitu Apple watch. Jam tangan dari Apple udah pasti bisa disambungkan dengan iPhone-mu untuk bisa menerima panggilan telepon atau fitur canggih lainnya.

Nah, tapi kira-kira bisa nggak ya, arloji Apple dihubungkan dengan ponsel Android? Jawabannya adalah bisa, Blibli Friends. Kendati dua perangkat ini berasal dari platform berbeda dan saling bersaing, sebenarnya mereka bisa dihubungkan dengan dan tanpa bantuan aplikasi. Di bawah ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Rekomendasi Emulator Android Terbaik, Cocok Buat Main Game!


Gunakan Aplikasi Wear OS

sketchappsources.com

 

Sebelum masuk ke cara menghubungkan jam tangan pintar Apple dengan ponsel Android, kamu musti tahu dulu Blibli Friends bahwa sebenarnya kedua perangkat ini nggak berkaitan. Maksudnya, Apple watch hanya bisa berfungsi maksimal jika dihubungkan dengan iPhone dan bukannya Android. Jika dipaksakan, bukan nggak mungkin ada beberapa fitur yang nggak berjalan normal.

Kalau kamu tetap ingin menghubungkan Apple watch dengan Android, maka cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaat aplikasi di Play Store yang bernama Wear OS. Aplikasi ini dirancang untuk menghubungkan atau pairing antara smartwatch merek apapun dengan ponsel pintar Android. 

Cara pakainya gampang. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Setelah aplikasi siap, nyalakan sambungan bluetooth baik di ponsel maupun jam tangan Apple. Kemudian hubungkan keduanya atau pair. Dalam waktu singkat jam tangan Apple dengan ponsel Android akan segera terhubung. 

Apple Watch SE (generasi ke-2)

Pasang Aplikasi Aerlink: Wear Connect

apkpure.com

 

Serupa dengan aplikasi sebelumnya, ada juga yang namanya Aerlink Wear Connect yang berfungsi untuk menyambungkan dua perangkat yang berbeda termasuk Apple watch dengan ponsel Android. Bedanya adalah jika Wear OS tadi berbasis Android, maka Aerlink berbasis iOS. Cara mengunduhnya juga gampang, Anda tinggal ke AppStore dan cari aplikasinya.

Cara kerja Aerlink kurang lebih sama dengan Wear OS. Dengan memasang aplikasi ini, Anda bisa menggunakan Apple watch untuk mengangkat telepon hingga melihat-lihat galeri ponsel Android dengan mudah. Tapi kembali lagi, mengingat dua perangkat ini sebenarnya nggak berjodoh maka bisa jadi ada beberapa fitur yang nggak bisa kamu manfaatkan dengan optimal.

Salah satu kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan yang lain adalah antarmukanya lebih nyaman dan mudah buat pengguna. Meskipun ini kali pertama kamu menggunakannya, Aerlink nggak memberi kamu kesan sulit yang bikin enggan buat mencobanya. Aplikasi ini termasuk dalam kategori gratis, jadi bisa dipasang kapanpun kamu mau tanpa keluar uang sama sekali.

Apple Watch SE (generasi ke-1)

Pasang BLE Utility dari iOS

ios.gadgethacks.com

Masih di bawah naungan iOS, ada satu aplikasi lagi yang bisa kamu gunakan untuk memasangkan Apple watch dengan Android yaitu BLE Utility. Sama seperti Aerlink, BLE Unitility sifatnya juga tidak berbayar alias gratis jadi kamu bisa langsung mengunduhnya ketika ingin menghubungkan jam tangan pintar Apple dengan ponsel Android kesayangan.

BLE Utility memungkinkan kamu untuk mensimulasikan perangkat Apple dan menghubungkannya dengan device lain bahkan selain Apple. Tapi kembali lagi ke informasi awal. Jika jam tangan Apple disambungkan dengan perangkat lain dari pabrik berbeda maka kamu hanya bisa menggunakan fitur dasar aja. Hal ini juga berlaku saat kamu mencoba menghubungkan Apple watch dengan Android.

Kelebihan dari BLE Utility ini adalah tampilan dan penggunaannya yang super simpel. Dibandingkan dengan Aerlink BLE emang agak ketinggalan sebab fitur yang bisa kamu gunakan lebih terbatas. Namun di sisi lain, hal ini justru membuat BLE Utility lebih mudah dioperasikan terutama buat kamu yang nggak banyak menggunakan fitur ini dan itu baik di ponsel maupun jam tangan pintar.

Apple Watch Series 8 GPS

Coba Gunakan Bluetooth

pocket-lint.com

Cara paling gampang lainnya yang bisa kamu jajaki untuk mengoneksikan Apple Watch dengan ponsel Android adalah dengan menggunakan bluetooth aja. Emang bisa tanpa bantuan aplikasi tertentu? Beberapa sumber mengatakan ini bisa dilakukan kendati tingkat keberhasilannya lebih rendah dibandingkan metode sebelumnya.

Selain masalah tingkat keberhasilan, fitur yang bisa disambungkan ke ponsel Android juga lebih sedikit karena hanya mencakup fitur basic aja. Literally basic seperti melihat chat atau menerima panggilan. Buat kamu yang cuman iseng mengoneksikan Apple watch ke Android, cara ini layak banget buat dicoba karena nggak akan memberikan dampak apapun bahkan jika ternyata gagal.

Tapi, kalau kamu punya alasan urgen menghubungkan dua perangkat yang beda pabrikan ini maka menggunakan bluetooth tanpa bantuan aplikasi mungkin jadi opsi terakhir. Namun yang pasti, dengan tidak mengunduh aplikasi apapun memori penyimpanan pada ponsel jadi nggak kepake sehingga bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lainnya. Semacam blessing in dusguise nggak, tuh?

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah penggunaan bluetooth ini selalu terbatas pada jarak antar dua perangkat. Apalagi kamu nggak menggunakan aplikasi apapun untuk mendukung koneksi dua device ini sehingga pastikan untuk mendekatkan ponsel dan jam tangan pintar ketika ingin dihubungkan. Agak ribet memang, tapi tetep worth trying.

Manfaatkan Bantuan iPhone Lain

macworld.com

 

Cara terakhir yang boleh dicoba untuk menghubungkan Apple watch dengan Android adalah dengan menggunakan iPhone lain sebagai “perantara”. Eh, gimana maksudnya? Iya, jadi kamu membutuhkan iPhone untuk membuat seakan-akan smartwatch Apple yang kamu punya terkoneksi dengan iPhone, padahal sebenarnya enggak. Menarik, kan? Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pindahkan SIM card Android kamu dan masukkan ke iPhone
  • Unduh aplikasi iWatch di iPhone terlebih dahulu sebelum masuk ke langkah berikutnya
  • Selanjutnya lakukan pairing menggunakan SIM card Android kamu beserta ID Apple yang biasa digunakan
  • Jika sudah pairing dan masuk ke sistem iWatch, keluar dari akun ID Apple dan masukkan kembali SIM card ke ponsel Android
  • Voila! iWatch bisa digunakan dan terhubung dengan perangkat Android

Mungkin beberapa dari kamu menganggap ini cara curang karena bisa dibilang mengakali sistem iWatch dari Apple Watch yang dikenakan. Memang sih, tapi karena kamu menggunakan iPhone dan SIM card-mu sendiri maka nggak ada yang dirugikan di sini sehingga sah-sah aja untuk dilakukan. Dan lagi, kamu hanya bisa menggunakan fitur tertentu aja di sini, bukan fitur lengkap bawaan Apple.

Apple Watch Ultra GPS + Cellular with Alpine Loop


Baca juga: Kenapa Apple Watch Tidak Bisa Pairing? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Walaupun nggak sempurna dan memberikan akses terbatas ke fitur yang ada di perangkat, namun cara mengoneksikan Apple Watch dengan Android di atas patut dicoba. Udah bosen dengan Apple Watch versi lawas? Buruan deh upgrade ke versi terbaru yang ada di Blibli. Gratis ongkir sampai diskon besar menanti jadi langsung cuss sekarang juga!

Tag: