me

Hindari Baterai Rusak, Ini 7 Cara Charge iPhone 13 yang Benar

Mar 18, 2024.By
Bagikan

freepik.com/pvproductions
Cara charge iPhone 13 yang benar supaya awet

Cicilan 0% Gadget

Buat kamu user iPhone, mungkin sudah sering mendengar soal battery health nih. Kesehatan baterai HP ini menentukan berapa lama komponen tersebut bisa menyimpan daya. Nah, supaya daya bisa tersimpan lebih lama, tentu kamu wajib menjaga battery health iPhone kamu. 

Ada beberapa cara yang dikenal ampuh untuk menjaga kondisi battery health HP iPhone supaya nggak cepat turun dengan drastis. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bagaimana cara mengisi daya dengan benar. Di bawah ini ada 7 cara charge iPhone 13 yang benar supaya battery health HP kamu lebih terjaga. Simak yuk!

Baca juga : 


Gunakan Charger yang Asli

Gunakan Charger yang Asli
freepik.com/vahitozalp048

Bagaimana cara charger iPhone 13 yang benar? Sudah jadi rahasia umum kalau ingin HP kamu diisi daya dengan optimal, memakai charger yang asli jadi sebuah hal yang wajib, nggak bisa ditoleransi. Charger asli yang sudah terjamin kompatibel nih, bakal mengisi daya iPhone 13 kamu dengan lebih optimal dan mencegah suhu HP kamu meningkat drastis.

Nah, kalau charger palsu dan nggak punya lisensi resmi, punya banyak resiko negatif yang menghantui iPhone user nih. Mungkin kamu pernah baca berita tentang HP yang meledak? 

Itu adalah salah satu resiko yang bisa terjadi kalau kamu pakai charger yang nggak kompatibel. Ini karena output tegangannya nggak sesuai dengan kemampuan baterai smartphonenya.

Charger asli sudah didesain agar output tegangan listriknya sesuai dengan kemampuan baterai di iPhone 13 kamu. Inilah alasan kenapa charger asli punya harga lebih mahal dibanding yang palsu.

Lepas Pelindung atau Case

Lepas Pelindung atau Case
ghanaiantimes.com.gh

Saat kamu lagi mengisi daya HP iPhone nih, sebaiknya lepas case atau pelindung smartphone kamu. Biasanya HP yang memakai case atau pelindung ini bisa bikin iPhone kamu jadi cepat panas, termasuk saat lagi melakukan pengisian daya nih. 

Kondisi HP yang masih memakai case saat pengisian daya bisa menumpuk suhu panas yang cukup tinggi. Inilah salah satu penyebab battery health iPhone kamu bisa turun dengan cepat. 

Lalu sebenarnya, berapa jam iPhone 13 dicharge? Kalau dalam kondisi normal, iPhone kamu bisa terisi penuh dalam 107 menit. Ketika durasinya lebih lama, mungkin HP kamu dalam kondisi panas. 

Hindari Mengisi Daya saat Suhu Ekstrim

Hindari Mengisi Daya saat Suhu Ekstrim
rawpixels.com

Bagaimana cara menjaga kesehatan baterai iPhone 13? Kalau dilihat dari website resminya, Apple menyebutkan kalau suhu ekstrim jadi salah satu penyebab battery health iPhone turun. Nah, maka dari itu sebaiknya kondisikan iPhone kamu dalam kondisi optimal untuk digunakan, yaitu pada suhu 16 sampai 22 derajat celcius. 

Kalau iPhone kamu berada pada suhu lebih dari 35 derajat celcius, ini bisa jadi efek buruk buat kondisi baterainya. Sebaiknya jangan melakukan pengisian daya kalau iPhone kamu lagi ada di suhu di bawah 16 derajat atau di atas 22 derajat celcius ya. 

Jauhi juga iPhone kamu dari sumber panas atau dingin yang terlalu mencolok. Sumber panas ini bisa dari kondisi cuaca seperti siang hari saat matahari lagi terik banget. Simpan HP kamu dalam tas supaya nggak terkena panas berlebih. 

Lalu sebenarnya, berapa persen baterai iPhone 13 harus diganti? Sebaiknya ganti baterai iPhone kamu ketika battery healthnya sudah menyentuh angka di bawah 80 persen. 

Isi Daya sampai 80 Persen

Isi Daya sampai 80 Persen
pexels.com/julio-lopez-75309646

Siapa nih yang sudah pernah tahu soal tips mengisi daya hanya sampai 80 persen saja? Tips ini benar adanya lho, Blibli Friends. Ini dilakukan khusus ketika iPhone kamu dipakai cukup intensif nih. Pemakaian yang cukup intensif bisa bikin suhu iPhone jadi meningkat pesat. Kalau kamu charge terlalu lama, maka suhunya bakal jadi lebih panas lagi.

Tentu sudah jadi rahasia umum kalau kondisi HP yang panas banget itu nggak baik. Khususnya buat kamu user iPhone 13 dengan sistem operasi versi 13 dan  yang terbaru, bisa memanfaatkan fitur yang bakal menghentikan pengisian daya secara otomatis ketika sudah menyentuh 80 persen dan saat suhu iPhone kamu meningkat drastis.

Selain itu, kalau kamu menghentikan pengisian daya di 80 persen nih, mampu mengatasi dampak negatif dari tegangan listrik yang cukup tinggi. Sebagai informasi, tegangan listrik yang ada di baterai Li-ion bakal meningkat secara bertahap dalam proses pengisian daya sampai menyentuh 100 persen.

Nah, kalau tegangan listrik ini cukup tinggi bakal membebani baterai iPhone kamu. Kondisi pengisian daya di 80 persen dianggap memiliki tegangan listrik yang paling ideal. Apakah Iphone 13 mengisi daya dengan cepat? iPhone 13 sendiri mendukung pengisian daya dengan cepat memakai adaptor 20 W yang dijual terpisah.

Hindari Memakai iPhone saat Mengisi Daya

Hindari Memakai iPhone saat Mengisi Daya
9to5mac.com

Sebaiknya jangan memakai iPhone 13 kamu saat sedang mengisi daya. Ini bisa menyebabkan suhu HP meningkat drastis dan tentu berpengaruh ke battery health iPhone kamu. Jangan main game maupun menjalankan aplikasi yang cukup berat. 

Mungkin kamu bakal menemukan baterai yang terisi lebih lama dari yang biasanya. Nah, inilah salah satu efek samping dari penggunaan iPhone saat lagi mengisi daya. Suhu tinggi ini sifatnya merusak kondisi baterai HP kamu. 

Maka dari itu, sebaiknya diamkan dulu HP kamu kalau memang baru saja dipakai untuk main game dan kondisinya sedang cukup panas. Diamkan di atas lantai yang dingin. Setelah dirasa suhunya udah nggak terlalu panas nih, kamu bisa charge iPhone kamu dan diamkan sampai terisi di angka 80 persen. 

Isi Daya sampai 100 Persen

Isi Daya sampai 100 Persen
freepik.com/pe-jo

Mungkin kamu penasaran, apakah iPhone 13 tidak boleh dicas sampai 100? Selain mengisi daya sampai kondisi di 80 persen, kamu juga bisa kok mengisinya hingga menyentuh 100%. 

Tapi, ada kondisi khusus yang harus kamu perhatikan nih. Boleh aja kamu charge iPhone 13 kamu sampai 100 persen asalkan kondisinya lagi nggak dalam kondisi terpapar suhu panas tinggi.

Mengisi daya 100 persen bisa kamu lakukan hanya ketika kamu bakal berada lama di luar ruangan dan nggak ada waktu untuk mengisi daya ketika baterai sudah habis. Saat mengisinya pun usahakan HP iPhone kamu lagi nggak panas. Kalau kondisinya cukup panas, diamkan dulu sampai suhunya turun baru isi dayanya. 

Isi Daya sampai 50 Persen

Isi Daya sampai 50 Persen
freepik.com/rawpixel-com

Berapa persen baterai iPhone harus di cabut? Kalau kamu yang berencana menyimpan iPhone 13 dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya isi daya hanya sampai 50 persen saja. iPhone nggak bagus juga kalau disimpan dalam kondisi baterai 0 persen, karena bisa mempengaruhi kemampuan HP kamu dalam menyimpan dan mengisi daya.

Buat kamu yang terganggu dengan battery health yang turun dan terlalu sering mengisi daya, mungkin ini waktunya kamu beli iPhone baru. Budget belum cukup? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan Program Blibli Gadget Cicilan 0%. Program ini punya banyak keuntungan, mulai dari cicilan yang ringan dan juga pembebasan biaya angsuran per bulan.


Baca juga : 

Nah, gimana cara ikut program ini? Kamu bisa memakai kartu kredit yang kamu punya dan sudah bekerja sama dengan Blibli untuk ikut program ini. Sudah ada banyak bank yang ada di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Blibli.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengisi daya iPhone 13 kamu supaya bisa lebih optimal dan battery health nggak cepat menurun. Kalau kamu mau cari handphone & tablet lain untuk membantu kesibukan kamu nih, coba deh buka Blibli. Di sana ada banyak banget pilihan gadget kekinian yang bisa kamu checkout lho!

Tag: