Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Dijamin Ampuh

Oct 21, 2021.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Annyeong chingudeul! Buat kamu yang tiap hari kerjaannya nonton bahasa Korea, pasti tahu artinya kan? Beberapa dekade terakhir, popularitas bahasa Korea memang meningkat pesat. Peminatnya pun makin tinggi, bahkan di banyak negara mulai bermunculan jurusan bahasa Korea di sekolah dan perguruan tinggi.

Mahir berbahasa Korea nggak cuma mempermudah kamu untuk memahami percakapan para idol tanpa harus nunggu subtitle muncul. Di sisi lain, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan lebih untuk sekolah atau bahkan bekerja di Korea. Yuk, intip beberapa cara belajar bahasa Korea untuk pemula berikut ini!

Baca juga : Cara Asyik Belajar Bahasa untuk Anak

__________________________________________________________________________________________________________________________

  • Belajar Membaca dan Menulis Hangeul

tulisan hangul Korea
Image source: learnwithluminous.com

Nggak bisa dipungkiri kalau Jepang, China, dan Korea punya banyak kesamaan budaya termasuk juga bahasa. Tapi tahu nggak sih, di antara 3 negara ini cuma Korea yang nggak pakai huruf kanji. Buru-buru sujud syukur deh, karena ini artinya kamu bisa mempelajari bahasa Korea dengan lebih mudah.

Hangeul ini ternyata juga berasal dari aksara Mandarin kuno yang kemudian disederhanakan oleh Raja Sejong di tahun 1443. Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat Korea belajar membaca dan menulis. Sebab di masa itu, aksara Mandarin juga termasuk sulit dipelajari dan hanya kaum intelektual saja yang bisa membacanya.

Dibanding aksara Mandarin kuno, Hangeul sebenarnya lebih mirip dengan hiragana dan katakana dalam bahasa Jepang. Meski memang ada beberapa perbedaan signifikan karena Hangeul mirip dengan huruf romawi yang terdiri dari vokal dan konsonan.

  • Pelajari Kosa Kata dalam Bahasa Korea

kosa kata korea
Image source: 90daykorean.com

Penggila drama Korea atau lagu-lagu Kpop dijamin nggak bakal kesulitan sih, menambah perbendaharaan kata baru. Tapi buat kamu yang kurang menggemari keduanya, menghafalkan kosa kata baru mungkin akan cukup menantang. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat kartu kata-kata.

Kamu cukup gunting kertas karton seukuran KTP, lalu tuliskan kata-kata dalam bahasa Indonesia di sisi depan dan kata dalam bahasa Korea di sisi belakang. Untuk belajar, kamu bisa menjajarkan belasan atau puluhan kartu lalu menebak arti katanya dalam bahasa Korea. Kalau lupa, tinggal balik kartunya dan intip jawabannya.

Trik ini banyak dipakai untuk mengajari anak-anak menghafalkan kosa kata baru dan biasanya cukup efektif karena prosesnya cukup menyenangkan dibanding jika harus menghafalkan dari kamus atau buku yang tebal.

  • Perbanyak Listening

Percaya nggak percaya, membiasakan diri mendengarkan langsung orang Korea berbicara dan bercakap-cakap bisa jadi cara belajar bahasa Korea untuk pemula yang terbaik. Melalui proses ini, kamu jadi tahu nih, pengucapan yang tepat, intonasi yang sebaiknya digunakan, sekaligus melatih kepekaan pendengaranmu.

Kalau kamu suka dengan drama dan lagu Korea, bisa banget memanfaatkan keduanya untuk belajar bahasa Korea. Tapi kalau kamu kurang suka, coba deh tonton berbagai reality show Korea yang menghibur dan informatif.

Kamu bisa pilih, mau reality show tentang budaya, kuliner, mendesain rumah, berkebun, sampai parenting semuanya ada. Beda banget dengan di negara lain, reality show Korea terkenal bebas drama dan nggak fake, jadi dijamin kamu bakal lebih menikmati untuk menontonnya.

  • Hafalkan dan Praktekkan Kalimat-kalimat Dasar

Selain annyeonghaseyo, ada banyak frasa dan kalimat dasar dalam bahasa Korea yang mudah dihafalkan, misalnya kamsahamnida atau terimakasih. Cobalah menghafalkan beberapa kalimat dasar dan praktekkan setiap kali kamu bertemu dengan orang lain, terutamanya teman yang juga suka dengan budaya dan bahasa Korea.

Setelah itu, kamu bisa meningkatkan level dengan mempelajari kalimat yang bisa digunakan di tempat umum, misal untuk menanyakan arah, membeli sesuatu, atau meminta maaf karena tidak sengaja menabrak orang.

Kamu juga perlu memahami perbedaan serta penggunaan bahasa Korea formal dan informal, ya. Sebab penggunaan keduanya nggak bisa saling menggantikan. Misalkan kamu bekerja di sebuah perusahaan, maka yang harus digunakan adalah bahasa Korea formal.

  • Unduh Aplikasi Bahasa Korea

aplikasi bahasa korea
Image source: lifefluent.com

Buat kamu yang sering susah meluangkan waktu belajar bahasa Korea dengan intensif menggunakan buku, coba deh cara satu ini! Kamu tinggal mengunduh aplikasi berbahasa Korea yang ditujukan untuk anak-anak.

Aplikasi semacam ini memiliki instruksi yang mudah dipahami dengan kata-kata dan kalimat sederhana. Jadi kamu nggak bakal kesulitan untuk menggunakannya.Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba misalnya game atau aplikasi menggambar dan mewarna.

Kalau kamu sudah mulai mahir dengan aplikasi berbahasa Korea untuk anak-anak, boleh deh coba unduh aplikasi untuk orang dewasa. Sekalian menantang diri nih, apa level kamu udah sampai situ?

  • Traveling ke Korea

Ini mungkin termasuk salah satu cara belajar bahasa Korea yang paling menyenangkan. Gimana nggak, kamu bisa menikmati keindahan negeri Ginseng sambil belajar bahasanya secara langsung. Tapi nggak bisa dipungkiri, dibutuhkan biaya yang nggak sedikit untuk bisa pergi ke Korea. Kalau kamu nggak punya budget yang cukup, coba deh cari beasiswa untuk sekolah.

Kalau kuliah selama 3 atau 4 tahun menurutmu terlalu ekstrem, cobalah dengan short course yang biasanya berkisar antara 1 hingga 3 bulan aja. Saat mengikuti program semacam ini, mau nggak mau kamu akan terpacu untuk terus berbicara menggunakan bahasa Korea. Dan percayalah, cara ini efektif banget untuk meningkatkan kemampuan berbahasamu.

Nggak ada salahnya juga coba-coba ikut program berhadiah atau giveaway yang banyak diadakan. Siapa tahu kamu beruntung dan bisa berangkat ke Korea tanpa harus keluar uang sepeser pun!

  • Belajar dengan Konsisten

Bamboo Cyberschool - Kelas Korea Online Topik 1 Level 1 Privat Kursus

Untuk mempercepat mahir berbahasa asing termasuk bahasa Korea, kamu harus belajar dengan konsisten. Seminggu sekali nggak cukup, setidaknya kamu harus menyisihkan waktu satu hingga dua jam tiap harinya untuk belajar. Mulai dari menghafal, membaca, sampai mempraktekkan berbicara harus dilakukan setiap hari.

Semakin banyak kamu belajar, maka akan makin cepat juga kamu menguasai bahasa Korea. Apalagi kalau kamu punya teman yang sudah jago bahasa Korea atau bahkan mungkin teman orang Korea asli, pastikan memperbanyak komunikasi dengan mereka.

Kalau kamu sudah cukup mahir, nggak ada salahnya beli buku Korea asli untuk memperlancar membaca dan memahami kalimat sulit di dalam bahasa Korea.

  • Ikut Kursus Bahasa Korea

Last but not least, ikut kursus bahasa Korea adalah jalan pamungkas buat kamu yang kurang motivasi, mageran, dan nggak konsisten dalam menghafal. Dengan ikut kursus, kamu akan dipaksa mematuhi jadwal yang ada, ikut tes dan ujian, serta berkomunikasi dengan guru dan teman kursus.

__________________________________________________________________________________________________________________________

Baca juga: Kuasai Bahasa Asing Dengan Kelas Online

Saat ini udah banyak banget kursus bahasa Korea yang menawarkan paket dan biaya berbeda sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menemukan paket kursus bahasa Korea terbaik di Blibli untuk meningkatkan skill-mu dengan cepat! Jangan lupa juga belanja buku-buku bahasa Korea di Blibli biar makin lancar ngobrolnya dan bisa mewujudkan impianmu ke negeri Ginseng.

TEMUKAN KURSUS BAHASA KOREA TERBAIK DI SINI

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel