Cara Asyik Membiasakan si Kecil Makan Buah-Buahan

Selain sayur, biasanya buah-buahan adalah jenis makanan yang sering ditolak oleh si Kecil. Padahal kandungan zat gizi dan vitamin pada buah dan sayur sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil, lho! Apalagi saat cuaca tidak menentu seperti sekarang, ditambah ancaman virus yang mengintai di sekitar kita, sistem kekebalan tubuh perlu ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Untuk menumbuhkan rasa suka si Kecil pada makanan sehat, termasuk buah, perlu dibentuk kebiasaan makan sedari dini. Salah satu cara membentuk kebiasaan si Kecil adalah dengan memperkenalkan makanan sehat secara berulang-ulang. Jadi ketika Bubu menghidangkan buah-buahan lalu si Kecil belum mau memakannya, tidak perlu berkecil hati, coba hidangkan lagi esok hari.

Tapi bagaimana agar si Kecil tidak bosan selama masa pengenalan, ya? Nah, berikut ini ada beberapa cara asyik mengolah buah-buahan agar si Kecil senang makan buah.

Buah Potong dengan Bentuk yang Lucu

Sebelum menghidangkan buah untuk si Kecil, coba potong buah-buahan menjadi bentuk yang disukai di Kecil. Bubu bisa menggunakan food cutter atau cetakan makanan untuk membuat bentuk seperti bintang, hati, atau binatang favorit si Kecil. Dengan bentuk sajian yang lebih menarik, si Kecil akan lebih menikmati hidangan buahnya. Bubu juga bisa menjadikan buah sebagai hiasan di atas makanan lain, seperti roti, puding, atau yoghurt. Susun buah-buahan menjadi gambar wajah tersenyum atau bentuk hati, tentu si Kecil akan semakin menyukainya.

Hidangkan Berbagai Jenis Buah dengan Warna yang Berbeda

Melihat warna-warni buah dalam piring makannya bisa meningkatkan rasa penasaran dan ketertarikan si Kecil untuk mengkonsumsinya. Selain warna, Bubu juga bisa menghidangkan buah-buahan dengan tekstur yang berbeda-beda. Pilihan piring makan anak lucu lengkap dengan alat makannya juga bisa membuat waktu makan jadi lebih menyenangkan untuk si Kecil. Jika ia sudah memiliki kesan positif terhadap waktu makan dan makanannya, si Kecil akan lebih mudah dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Jadikan Menu Cemilan di antara Waktu Makan

Apakah Bubu suka memberi si Kecil cemilan atau snack di antara waktu makan? Biasanya cemilan yang diberikan seperti biskuit atau wafer. Nah, buah-buahan juga bisa lho dijadikan alternatif cemilan sehat untuk si Kecil. Bubu bisa menghidangkan buah potong atau mengolah buah menjadi jenis makanan lain. Beberapa jenis cemilan buah yang sangat mudah untuk Bubu buat yaitu puding atau agar-agar buah dan salad buah. Ketika cuaca panas, Bubu juga bisa membuat es loli buah dengan memasukkan jus buah ke dalam cetakan es loli lalu disimpan di dalam lemari es hingga membeku.

Cara di atas bisa Bubu coba untuk membiasakan si Kecil mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan. Jika saat ini si Kecil tidak menyukai tekstur atau rasa buah tertentu, mengolah buah menjadi jenis makanan lain adalah cara yang tepat. Tenang saja, seiring berjalannya waktu si Kecil pasti akan belajar untuk menerima lebih banyak tekstur dan rasa makanan 😊

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY