Kalau ngobrolin pengelolaan penghasilan, pertanyaan yang sering terlontar adalah berapa besar sih porsi yang ideal untuk masing-masing kategori seperti rumah tangga, transportasi, menabung dan yang paling penting, belanja.

Punya anggaran yang baik adalah kunci supaya penghasilan yang kita terima dapat kita nikmati dengan maksimal, baik untuk hari ini maupun nanti ketika ada kebutuhan mendesak atau hari tua. Nggak mau kan hanya karena tidak punya anggaran jadinya terlilit utang?

Kalau penghasilan kamu rutin alias gajian dengan tanggal dan jumlah yang sama, chart berikut bisa dijadikan patokan mengenai presentase masing-masing kategori dalam anggaran

panduan-mengatur-anggaran-blibli

Gimana dong nasib freelancer?

Freelancer juga harus atur keuangan, dong!
Freelancer juga harus atur keuangan, dong!

Kalau kamu bekerja sendiri atau freelancer, bagi pengeluaran kamu kedalam kategori-kategori diatas lalu buat rekening penampung penghasilan. Dari rekening penampung tersebut, kamu kemudian menggaji diri sendiri dengan jumlah tetap setiap bulannya supaya pengeluaran tetap terkontrol. Ini untuk menghindari sakit kepala jika kerjaan sedang sepi atau karena kamu terlalu boros ketika penghasilan naik.

Walaupun masing-masing kategori pengeluaran memiliki presentase, jika kamu tidak menghabiskan jatah di salah satu kategori, kamu bisa alokasikan kelebihan tersebut dalam kategori lainnya. Tips yang paling mudah adalah disiplin pada kategori cicilan utang dan menabung. Selama kedua kategori ini terkontrol dengan baik, sisanya bisa kamu gunakan sesuai keinginan kamu.

Agar lebih mudah, gunakan system amplop atau gunakan rekening terpisah untuk kategori tertentu. Misalnya memisahkan rekening tabungan dan rekening bayar utang agar rekening tabungan tidak tergerus. Atau, gunakan rekening tersendiri untuk jatah belanja dan berjanji pada diri sendiri bahwa saldo dalam rekening tersebut menjadi batas maksimal anggaran belanja kamu. Dengan cara ini, belanja jadi lebih tenang karena porsi yang lain ada posnya tersendiri.

Anti bokek di awal, tengah, dan akhir bulan!

Gimana? Sudah siap berbelanja? Belanja tidak selamanya identik dengan perilaku konsumtif yang bisa merusak. Kalau kamu memang belanja sesuai kebutuhan atau investasi, bisa jadi malah menguntungkan, bukan?

Belanja sebagai investasi bisa kamu terapkan langsung di program My Big Wish Blibli.com. Ya, dengan melakukan pembelanjaan minimal 500 ribu rupiah, kamu bisa dapet kesempatan untuk memenangkan kesempatan Gratis Keliling Indonesia sepanjang tahun, Gratis Menginap di Hotel Berbintang sepanjang tahun, atau gratis belanja di Blibli.com sepanjang tahun. Selain itu, ada juga beragam produk yang bisa kamu menangkan untuk menunjang gaya hidupmu!

Walaupun program My Big Wish Blibli.com sudah usai, kamu masih tetap bisa berbelanja di Blibli.com dan kumpulkan poinnya Friends! Karena, dari poin yang kamu kumpulkan kamu bisa dapatkan voucher belanja dengan berbagai nominal. Yuk, belanja sekarang.

*Artikel ini merupakan hasil kerjasama Blog Blibli Friends dengan QM Financial.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY