me

10 Camilan untuk Menambah Berat Badan Buat Kamu yang Susah Gemuk!

Feb 19, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/spukkato
Konsumsi cemilan yang menambah berat badan ini dengan bijak biar bisa gemuk secara sehat!

Pasti beberapa dari kamu banyak yang struggle untuk menaikkan berat badan. Kamu nggak cukup hanya makan berat tiga kali sehari. Kamu harus memastikan jumlah kalori yang masuk itu besar. Caranya adalah dengan menambah camilan tambahan yang bisa bikin tambah berat badan. 

Jika kamu ingin menambah berat badan, penting untuk memilih camilan yang kaya akan kalori, protein, dan lemak sehat. Berikut adalah beberapa contoh camilan yang dapat membantu kamu menggemukkan badan:

Baca juga :   


Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
freepik.com/author/8photo

Almond, kacang tanah, kacang mete, atau campuran kacang-kacangan yang kaya akan lemak sehat dan protein bisa menjadi cemilan yang bisa bantu naikkan berat badan. Almond adalah sumber lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, almond juga mengandung protein, serat, vitamin E, dan mineral seperti magnesium. 

Kacang tanah adalah sumber protein nabati yang kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, kacang tanah juga mengandung serat, vitamin E, vitamin B kompleks, dan mineral seperti magnesium, fosfor, dan zat besi. Makan kacang tanah mentah, panggang, atau tambahkan dalam sajian seperti gado-gado, salad, atau tumis sayuran.

Selai kacang atau almond butter

Selai kacang atau almond butter
freepik.com/author/jcomp

Selai kacang umumnya mengandung lemak sehat dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, atau kacang mete. Lemak sehat ini penting untuk memberikan energi yang cukup dan membantu menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Selai kacang memiliki kandungan kalori yang tinggi, terutama karena lemak dan protein yang dikandungnya. Ini membuatnya menjadi sumber energi yang baik dan dapat membantu kamu mencapai asupan kalori harian yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

Keju

Keju
freepik.com/author/grafvision

Keju adalah sumber protein dan lemak yang baik. Keju kaya akan lemak dan protein, dua nutrisi penting yang dibutuhkan dalam penambahan berat badan dan pembentukan otot. Lemak yang terdapat dalam keju bisa memberikan sumber energi yang baik, sedangkan protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot.

Selain itu, keju memiliki kandungan kalori yang relatif tinggi, terutama jika dibandingkan dengan camilan lain seperti buah-buahan atau sayuran. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan kalori mereka untuk menambah berat badan.

Smoothie tinggi kalori

Smoothie tinggi kalori
freepik.com/author/freepik

Smoothie tinggi kalori adalah pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menambah berat badan atau memperoleh energi tambahan secara cepat dan mudah. Gunakan buah-buahan yang tinggi kalori seperti pisang, mangga, alpukat, atau kurma sebagai basis smoothie. Buah-buahan ini nggak hanya memberikan rasa manis alami, tetapi juga kaya akan gula alami yang membantu meningkatkan kalori smoothiemu.

Protein adalah nutrisi penting dalam pembentukan otot dan pemulihan otot setelah latihan. Tambahkan yogurt Greek, susu kedelai, atau protein powder ke dalam smoothie kamu untuk meningkatkan asupan protein. 

Untuk memberikan rasa manis alami dan tambahan kalori, tambahkan madu atau sirup maple ke dalam smoothie. Selain itu, madu juga mengandung nutrisi penting dan memiliki sifat antioksidan. Tambahkan sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, atau biji-bijian seperti chia seeds atau flaxseeds ke dalam smoothie.

Roti lapis

Roti lapis
freepik.com/author/jcomp

Roti sebagai dasar sandwich mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Karbohidrat ini penting untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuhmu sehingga kamu dapat menjaga tingkat energi yang optimal.

Sandwich sering kali mengandung bahan-bahan dengan kandungan kalori yang tinggi, seperti roti, daging, keju, mayones, dan saus. Ini membuat sandwich menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan asupan kalori harianmu.

Jika kamu menggunakan bahan seperti alpukat, selai kacang, atau mayones dalam sandwichmu, kamu akan mendapatkan tambahan lemak sehat. Lemak sehat ini penting untuk kesehatan jantung dan dapat memberikan kalori ekstra yang diperlukan untuk penambahan berat badan.

Cokelat

Cokelat
freepik.com/author/freepik

Cokelat, terutama cokelat hitam atau susu, mengandung kalori yang relatif tinggi. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menambah asupan kalori harianmu. Cokelat mengandung lemak dan karbohidrat yang dapat menyediakan energi tambahan bagi tubuhmu. Lemak dalam cokelat, terutama jika kamu memilih cokelat yang mengandung kacang-kacangan atau mentega kakao.

Cokelat sering kali dikaitkan dengan meningkatkan mood dan memberikan perasaan nyaman. Ini dapat membantu kamu mengatasi stres atau kelelahan yang seringkali dapat mengganggu nafsu makan. Cokelat adalah camilan yang mudah dimakan dan dipersiapkan. Kamu bisa membawa cokelat sebagai camilan di mana pun kamu pergi, sehingga membantu kamu untuk tetap menjaga asupan kalorimu.

Donat

Donat
freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Donat cenderung tinggi kalori dan mengandung banyak lemak dan gula. Ketika kamu mengonsumsinya sebagai cemilan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini karena tubuh akan menyimpan kelebihan kalori sebagai cadangan lemak, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika nggak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup.

Selain itu, donat umumnya rendah serat dan protein, sehingga nggak memberi rasa kenyang yang tahan lama. Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa lapar lebih cepat dan cenderung makan lebih banyak, yang juga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Roti gandum utuh

Roti gandum utuh
freepik.com/author/aviavlad

Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang baik dan kaya serat. Saat dikombinasikan dengan selai berperisa, kamu mendapatkan tambahan kalori dari lemak sehat dan protein. Pilih roti gandum utuh yang kaya biji-bijian dan rendah gula tambahan. Selain itu, pastikan selai berperisa yang kamu pilih mengandung tambahan gula yang berlebihan.

Kombinasi antara karbohidrat, lemak, dan protein dalam roti gandum dengan selai kacang memberikan cemilan yang seimbang dari segi nutrisi. Hal ini membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mencegah kamu merasa lapar dengan cepat setelah mengonsumsinya.

Kentang Goreng

Kentang Goreng
freepik.com/author/jcomp

Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah sumber utama energi untuk tubuh, dan konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan asupan kalori harianmu. Jika kentang digoreng dalam minyak atau lemak tambahan, mereka akan menyerap lemak tersebut. Lemak adalah sumber kalori yang padat, sehingga menambahkan kandungan kalori dalam makanan.

Kentang goreng adalah camilan yang relatif tinggi kalori, terutama jika dimakan dalam porsi yang besar. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menambah asupan kalori harianmu, yang penting dalam upaya penambahan berat badan.

Avocado Toast

Avocado Toast
freepik.com/author/freepik

Avokad merupakan sumber lemak sehat, serat, dan kalori yang baik. Kamu dapat membuat camilan dengan mencampurkan potongan alpukat matang dengan roti gandum utuh panggang. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan lada atau taburan biji wijen untuk rasa tambahan. 

Kombinasi ini memberikan kalori tambahan dari lemak sehat avokad dan karbohidrat dari roti gandum, serta serat yang membantu menjaga pencernaan sehat.


Baca juga :   

Pastikan untuk mengonsumsi camilan ini dalam porsi yang sesuai dan seimbang dengan pola makan sehari-hari kamu untuk mendukung penambahan berat badan yang sehat. Beli bermacam snack makanan ringan seperti cemilan keju hingga cemilan coklat di Blibli!

Tag: