Memiliki rambut berlebih pada beberapa area tubuh seringkali dianggap sebagai hal yang ‘nggak banget’ bagi para wanita. Pasalnya, ada banyak orang berpikir bahwa adanya rambut tersebut menandakan bahwa mereka adalah wanita yang jorok dan nggak cantik.

Alhasil, kegiatan mencukur pun telah menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan para wanita untuk menjaga kecantikannya. Nah, tapi tahukah kamu bahwa kegiatan mencukur ini nggak hanya berfungsi untuk kecantikan saja lho. Mencukur beberapa area berikut sebenarnya memiliki manfaat yang bisa membantumu dalam menjaga kesehatan kulitmu.

1. Bye bye bau badanbau-badan

Via Health Is Blessing

Memiliki ketiak yang bersih dan mulus selalu menjadi impian bagi para banyak wanita. Karena itu, kamu juga pasti akan mencukur bulu di ketiakmu secara berkala.

Nggak cuma bersih, ternyata ketiak yang sudah dicukur akan membuat kamu bebas dari bau badan yang biasa menghantui! Pasalnya, hormon yang terkonsentrasi pada folikel rambutlah yang menyebabkan aroma tersebut.

Bulu ketiak dapat membuat suhu tubuh di bagian bawah lengan menjadi lebih tinggi. Selain itu, bulu ketiak juga merupakan sarang dari bakteri (apalagi ketika keringat) yang dapat menyebabkan kamu jadi bau badan.

Bila kamu mencukurnya, suhu tubuhmu akan menjadi lebih rendah sehingga keringat yang dihasilkan pada area tubuh tersebut akan berkurang. Bakteri yang bersarang juga menjadi lebih sedikit. Lebih higienis deh!

2. Selalu awet mudaawet-muda

Via Today

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa para pria seringkali terlihat lebih awet muda daripada para wanita? Ternyata rahasia yang membuat mereka awet muda adalah mencukur wajah mereka lho!

Seorang ahli kosmetik bernama Kate Somerville telah membuktikan bahwa bercukur bisa membuat seseorang lebih awet muda. Menurutnya, bercukur merupakan kegiatan yang dapat membantu wajahmu dalam berganti kulit.

Saat kamu bercukur, kulit mati pada wajahmu juga akan ikut terbawa sehingga kulitmu bisa terus terganti dengan yang baru. Hal ini dapat membuat kulit wajahmu menjadi selalu sehat dan segar.

Wajahmu pun jadi awet muda deh!

Untuk mencukur wajah tentunya kamu membutuhkan alat cukur yang berbeda dari yang biasa digunakan untuk area lainnya. Kamu bisa menggunakan alat cukur yang tepat dari Blibli.com ini. Pastikan agar kamu mencukur wajah pada saat kondisi wajah kering ya!


BACA JUGA Bukan Kosmetik! Ini Rahasia Alami Kecantikan Wanita Jepang yang Sudah Turun-Temurun!


3. Kulit menjadi sehatkulit-sehat

Via Odyssey

Mungkin kamu merasa takut untuk mencukur bulu kaki karena khawatir terhadap mitos yang mengatakan bahwa bulu yang nantinya kembali tumbuh akan berubah menjadi kasar.

Selain itu, kamu juga mungkin menghindari mencukur bulu kaki karena takut dengan iritasi kulit yang dapat dialami ketika kamu salah memilih alat cukur.

Akan tetapi bila kamu mencukurnya dengan teknik serta alat yang tepat,kamu nggak perlu khawatir dengan iritasi (atau menjadi tambah kasar) yang dapat ditimbulkan. Justru kamu bisa menemukan manfaat yang mungkin nggak kamu duga sebelumnya!

Ternyata mencukur bisa membuat kulit kakimu menyerap nutrisi dari lotion atau produk perawatan tubuh apapun dengan lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa meng-exfoliate kakimu dengan lebih mudah. Kulit kakimu pun akan menjadi halus dan sehat!

Yang penting kamu ingat dalam mencukur kaki adalah selalu menggunakan cream pada saat ingin bercukur. Cream pencukur biasanya akan membantumu terhindar dari iritasi kulit. Pastikan juga bahwa kamu mencukur ke arah bawah ya (jangan berlawanan).

4. Terhindar dari jamur maupun kutu

jamur

Via She Knows

Bagian terakhir yang paling penting untuk kamu cukur adalah bulu pada area bikini  . Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, area bikini line merupakan salah satu area yang paling rentan terhadap penyakit bila terpapar pada kotoran.

Keringat, kotoran serta bakteri dapat berkumpul dan menempel pada bulu di area tersebut ketika kamu nggak mencukurnya. Bila kamu nggak membersihkannya dengan benar, area bikini line tersebut dapat menjadi sarang bagi berbagai penyakit seperti jamur dan juga kutu!

Selain itu, banyaknya bulu pada area bikini line juga dapat menyebabkan area tersebut menjadi bau akibat reaksi antara bakteri dengan keringat. Tentunya bau tersebut akan membuatmu nggak nyaman.

Karena itu, usahakanlah untuk selalu mencukur area bikini line tersebut setiap selesai haid. Kamu bisa membersihkan area tersebut dengan lebih mudah bila sudah dicukur. Bakteri pun nggak akan berkembang pada area tersebut sehingga kamu akan terhindar dari jamur dan juga kutu pada area femininmu!

Dengan mencukur keempat area tersebut secara berkala, kamu pasti akan mendapatkan berbagai manfaat yang berguna bagi kesehatan kulitmu. Yang perlu diingat adalah kamu harus selalu berhati-hati ketika sedang bercukur. Pastikan agar kamu nggak melukai dirimu sendiri ya!

Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat cukur yang tajam namun terjamin keamanannya. Safety and comfy first!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY